1 Mengapa Sector Pertanian Penting Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia

1 Mengapa Sector Pertanian Penting Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Seperti apakah
peran pertanian dalam perekonomian indonesia selama ini? Sebelumnya sudah anda ketahui bahwa pertanian merupakan suatu cara memanfaatkan sumber daya alam yang dilakukan manusia guna menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri juga sumber energi. Kemudian, anda juga mungkin mengetahui bahwa pemanfaatan sumber daya alam (pertanian) dipahami sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam, termasuk pemeliharaan hewan ternak. Selain itu cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme juga bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan tahu dan tempe.

Apa Sebenarnya yang Dimaksud Definisi Pertanian dan Bisnisnya?

Definisi pertanian dalam arti sempit hanya mencakup pertanian sebagai budidaya penghasil tanaman pangan seperti padi, jagung dll. Dan apabila ditinjau lebih jauh kegiatan pertanian dapat menghasilkan tanaman maupun hewan ternak demi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Sedangkan untuk definisi pertanian yang dalam arti umum tidak hanya mencakup pembudidayaan tanaman saja melainkan membudidaya dibidang perternakan seperti merawat dan membudidayakan hewan ternak yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat banyak contohnya: sapi, bebek, angsa. Juga pemanfaatan hewan yang bisa membantu tugas para petani kegiatan ini merupakan suatu cakupan dalam bidang pertanian.

Berbagai jenis usaha pertanian (agrobisnis) pada dasarnya merupakan kegiatan ekonomi biasa sehingga memerlukan dasar pengetahuan yang sama akan manajemen bisnis dan pengelolaan tempat usaha, pemilihan benih, metode budidaya, pengumpulan hasil, distribusi produk, pengolahan dan pengemasan produk, hingga pemasarannya.

Jika seorang petani melihat semua ini dengan pertimbangan efisiensi untuk mencapai keuntungan maksimal maka ia melakukan proses pertanian intensif (intensive farming). Pelaku pertanian yang dipandang dengan cara ini dikenal sebagai agribisnis / agrobisnis. Kebijakan yang mengarahkan usaha pertanian pada cara pandang demikian dikenal dalam masyrakat sebagai intensifikasi. Sebab pertanian industrial selalu menerapkan pertanian intensif.

Pemanfaatan Sektor Pertanian Andalan Masyarakat Pedesaan

pertanian andalan perekonomian desa

Pertanian merupakan mata pencaharian terbesar penduduk didunia termasuk di Negara kita Republic of indonesia. Dalam sejarah Indonesia pun tidak terlepas dari aspek pertanian yang menghasilkan bahan baku seperti padi, jagung, sagu, dll. Juga perkebunan (menghasilkan buah-buahan) terutama pada masa kolonial penjajahan (Belanda) kegiatan pertanian dan perkebunan menjadi penentu tingkat sosial dan perekonomian perseorangan.

Meskipun kegiatan pertanian hanya menyumbang rata-rata 4% dari PDB (Produk Domestik Bruto) suatu negara, namun kegiatan pertanian ini menjadi penyedia lapangan pekerjaan terbesar bagi setiap negara. Menurut data BPS tahun 2002, bidang pertanian di Negara kita menyediakan lapangan kerja sekitar 44,3% bagi penduduk.

Sektor pertanian ini sangat besar pengaruhnya dalam mengurangi jumlah pengangguran di negara kita sehingga kegiatan pertanian ini tidak dapat diabaikan dan berpengaruh positif terhadap tumbuh kembangnya setiap negara.

Baca :   Masalah Dualisme Dalam Ekonomi Pembangunan Docx

Sejauh Mana Peran Pertanian dalam Perekonomian Indonesia

peran pertanian dalam perekonomian negara indonesia

Republic of indonesia merupakan negara yang tanahnya subur, kaya akan sumber daya alam, hingga berpotensi tinggi dalam mengembangkan usaha pertanian. Dan sudah selayaknya jika kita mengolah setiap limpahan sumber daya yang ada semaksimal mungkin dengan cara memanfaatkan sektor pertanian. Dengan turut meningkatkan sektor pertanian baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membangkitkan pula sektor-sektor lainya dalam memajukan perekonomian indonesia.

Wajib anda pahami mengapa sektor pertanian ini perlu dikembangkan dan dimajukan dinegara Indonesia. Inilah beberapa faktor alasannya:

Indonesia Mempunyai Potensi Sumber Daya Alam yang Sangat Besar

Indonesia merupakan wilayah yang terdiri atas beribu-ribu pulau yang amat subur memiliki letak astronomis 6° LU – 11°LS dan 94°BT – 141°BT yang menandakan wilayah Republic of indonesia merupakan wilayah yang sangat subur dan beriklim tropis. Dengan potensi wilayah yang demikian sangat baik kaitannya dalam pengembangan sektor pertanian. Hal ini merupakan keuntungan bahwa faktor iklim yang sangat mempengaruhi faktor terbentuk dan tumbuh suburnya setiap tanaman.

Untuk iklim di negara kita yang cukup dalam memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, ini mempengaruhi tumbuh suburnya setiap tanaman dengan mudah. Hal ini membuat wilayah Indonesia mendapat julukan sebagai ”Kolam Susu” dimana setiap tangkai maupun bibit yang ditanam diwilayah Indonesia selalu tumbuh dengan subur dan menghasilkan uang.

Inilah yang harusnya kita perhatikan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Walaupun sektor pertanian cenderung diremehkan dan berpengaruh kecil terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). Disinilah kekayaan yang berlimpah yang dianugerahi oleh alam kepada negara kita. Maka sektor pertanian perlu dikembangkan demi peningkatan pendapatan perekonomian negara, juga mampu berdaya saing dengan negara-negara lain sebagai pengekspor bahan baku alam hasil pertanian.

Baca :   Peran Kyouikumama Dalam Pembangunan Ekonomi Pasca Perang Dunia Ii

Pemasaran Produk Pertanian Terhadap Pendapatan Nasional Cukup Menjanjikan

Dapat dikatakan tidak banyak orang yang tahu dan paham bahwa sektor pertanian mempunyai keuntungan yang cukup besar pada PDB negara. Selain itu juga banyak yang beranggapan bahwa sektor pertanian hanya sektor sampingan yang tidak perlu terlalu diperhatikan. Walaupun hanya memberi 17,iii% bagi PDB tiap tahunnya tapi sektor ini menjadi barang komoditi yang paling dicari oleh masyarakat karena menjadi kebutuhan primer dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Pangan adalah kebutuhan setiap hari yang tidak boleh habis stoknya karena akan berdampak fatal pada pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dampak terburuknya adalh kelaparan. Oleh sebab itu sektor pertanian harus diperhatikan lebih baik karena menjadi faktor primer dalam pemenuhan kebutuhan, dan sudah seharusnya sebagai negara yang terletak diwilayah tropis Indonesia harus dapat memanfaatkan keadaan alam yang ada dengan meningkatkan hasil produksi dari sektor pertanian.

Peran Sektor Pertanian Dalam Pemenuhan Pangan

Para petani menjadi pemasok setiap kebutuhan pangan dari tiap-tiap anggota keluarga dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok setiap hari. Apabila tidak ada petani manusia pasti tidak bsia memenuhi kebutuhannya. Lebih buruknya bahkan harus mengimpor barang pangan dari luar negeri.

Beberapa negara besar seperti Saudi arabia yang sering mengimpor hasil tani kedalam negaranya, kurang memanfaatkan peran dari petaninya bukan dikarenakan faktor ketidaksediaan modal melainkan faktor ketidak mampuan pada segi tanah dan iklim mereka.

Peran Sektor Pertanian Dalam Mengurangi Pengangguran

Di Republic of indonesia peran petani tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan masyarakat khususnya penduduk pedesaan. Peranan pertanian sudah menjadi hal yang umum sebagai roda penggerak perekonomian di pedesaan. Mengingat potensi alam Indonesia yang sangat mendukung maka jika pemerintah lebih serius sektor ini akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar sehingga pengangguran akan berkurang secara signifikan.

Baca :   Elastisitas Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Seharusnya Peranan Pertanian Dalam Perekonomian Republic of indonesia Lebih Ditingkatkan

peranan pertanian harus lebih ditingkatkan

Dapat kita lihat bahwa sektor pertanian ini dapat menjadi penggerak ekonomi serta manfaatnya untuk semua kalangan di Indonesia. Kita tidak boleh hanya memandang sebelah mata terhadap petani yang ada di Indonesia, sebab jika tidak ada mereka maka bahan panganpun akan sulit kita dapatkan.

Jika kita ditinjau dari segi letak geografis wilayah Indonesia berada pada posisi dua samudra, yaitu : Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Juga terletak diantara dua benua, yaitu : Benua Asia dan Benua Australia. Ini menandakan bahwa letak wilayah negara Indonesia berada di sebuah jalur internasional, yaitu sebuah jalur yang strategis dalam menjalankan berbagai sektor yang seharusnya mampu menjadi daya ikat bagi negara luar terutama untuk bidang pemasaran barang produksi dalam negeri salah satunya produksi hasil pertanian.

Peran pertanian dalam perekonomian republic of indonesia mampu memberikan sebuah jalan terbaik bagi pemerintah untuk mengatasi pengangguran. Dimana kita ketahui saat ini bahwa pengangguran dan perekonomian yang menjadi masalah krusial negara Indonesia. Oleh karena itu Kita sebagai warga negara Indonesia sangat wajib untuk memanfaatkan tanah yang subur semaksimal mungkin dalam segala bidang.

Tidak seperti negara lain yang terfokus pada industri karena tidak mempunyai sumber daya yaang memadai, indonesia memiliki semuanya. Tapi mengapa kebijakan pemerintah cenderung ikut-ikutan ingin menjadi negara industri?


Web Design | SEO | Digital Marketing

Jl Dieng Iv no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534

(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

1 Mengapa Sector Pertanian Penting Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Source: https://thidiweb.com/peran-pertanian-dalam-perekonomian-indonesia/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …