Salah satu tolak ukur dari keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara bisa dilihat dari adanya tingkat pengangguran, kemiskinan, maupun kesenjangannya. Saat masih banyak kehidupan ekonomi yang berada di bawah garis kemiskinan dan tingginya tingkat pengangguran, maka pembangunan ekonomi di negara tersebut bisa dikatakan tidak berhasil.

Pembangunan ekonomi sendiri didefinisikan sebagai proses berkelanjutan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang berdampak pada berbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun Iptek. Kendati demikian, untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang berkesinambungan akan sangat bergantung terhadap faktor-faktor pendukung seperti sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia, teknologi, modal, infrastruktur, keadaan politik dan sosial budaya.

  • Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam dan dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. SDA sangat berperan penting untuk suatu negara sebagai permulaan untuk produk yang dapat dihasilkan.

(Baca juga: Pembangunan Ekonomi : Definisi hingga Faktor yang Memengaruhi)

Akibat letak geografis Indonesia, SDA yang diperoleh pun melimpah, seperti fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyuplai terbesar kebutuhan minyak sawit dunia hingga penyedia tembakau kualitas terbaik dan juga penyedia batu bara terbesar di dunia.

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia adalah individu atau kelompok yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai nugget yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

SDM merupakan faktor kunci pembangunan ekonomi. Sebagai contoh, membandingkan Republic of indonesia dan Jepang, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia akan tetapi kondisi perekonomian Jepang lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini karena Jepang mampu memaksimalkan SDM yang mereka miliki sehingga bisa berkembang lebih cepat dibandingkan Indonesia.

  • Teknologi
Baca :   Penjelasan Prodi Ekonomi Pembangunan Pdf

Negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang dapat mengalami pembangunan ekonomi yang cepat karena ditunjang dengan teknologi yang lebih maju.Teknologi yang terkini membuat semua pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan juga efisien, karena produk yang dihasilkan lebih cepat sehingga membuat produk yang dihasilkan semakin banyak. Semakin banyak hasil yang diproduksi maka akan semakin banyak pula pendapatan bagi negara, sehingga pembangunan ekonomi pun dapat berkembang dengan adanya kemajuan teknologi.

  • Modal

Modal adalah investasi yang dilakukan oleh pemilik perusahaan atau pemilik usaha, baik secara individu maupun kolektif. Modal memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan bagaimana pembangunan ekonomi akan berlangsung dan setiap negara memiliki jenis permodalan yang berbeda.

Di negara berkembang biasanya mengandalkan modal yang berasal dari investasi masyarakat yang cenderung lebih rendah, sehingga mempengaruhi tingkat produktivitasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan pendapatan bagi para pekerja yang sangat rendah, sehingga masyarakat menjadi enggan untuk menabung dan membuat investasi pun kembali menjadi rendah.

Siklus ini akan berputar hingga disebut lingkaran setan kemiskinan. Perlu adanya keberanian dari pemerintah untuk mencoba menaikan investasi sehingga keluar dari lingkaran setan kemiskinan, dengan cara melakukan pinjaman modal ke negara lain sehingga investasi dapat meningkat.

  • Infrastruktur

Infrastruktur yang merata membuat proses perkonomian menjadi lebih mudah. Infrastruktur yang lengkap membuat proses perekonomian menjadi lebih lancar dan efisien. Infrastruktur yang memadai membuat proses pembangunan ekonomi dapat terlaksana dengan baik.

  • Keadaan Politik

Keadaan politik akan berpengaruh terhadap jalannya modal, karena ketika negara memiliki keadaan politik yang stabil membuat pemerintah akan menerima lebih banyak tambahan modal dari para investor yang hendak menginvestasikan modalnya di negara tersebut.

Baca :   Contoh Ppt Seminar Proposal Ekonomi Pembangunan

Namun, ketika keadaan politik sedang kacau maka membuat investor menjadi enggan untuk menanamkan modalnya di negara tersebut, sehingga bisa disimpulkan keadaan politik mempengaruhi keberlangsungan pembangunan ekonomi suatu bangsa secara langsung.

  • Sosial Budaya

Kondisi masyarakat suatu negara sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan yang ada di negara tersebut. Masyarakat yang memiliki tingkat keamanan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakatnya akan menciptakan sebuat stabilitas, sehingga investor memiliki kepercayaan untuk menanamkan modalnya di negara tersebut. Berbeda ketika terjadi konflik yang justru akan membuat para investor menjadi takut untuk menanamkan modalnya.

Please follow and like us: