Kelezatan daging dan telur burung pikau memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Inilah yang membuat bisnis kuliner butuh tersebut cukup berkembang dan laris. Untuk mendapatkan daging dan telur unggas ini, para musafir lalapan umumnya membelinya langsung di pasar atau di peternak, dengan harga tergantung semenjak jenis dan usianya.

Kalam puyuh yaitu riuk satu produk unggas yang semakin populer di Watan. Selain bisa dimakan dagingnya, titit pikau kembali diambil telurnya. Telur burung puyuh sendiri ialah salah satu bahan pangan kedua setelah telur ayam jantan yang sering dikonsumsi. Cap burung pikau lainnya terwalak lega cara pelestarian nan tidak sulit dengan tingkat produksi telur yang tinggi, serta punya daya resistan awak yang hierarki terhadap penyakit.[1]

Burung puyuh di peternakan (sumber: romadecade.org)

Dilansir dari Indonesia.go.id, soal diversifikasi, terdapat beberapa spesies burung pikau, dan setidaknya terserah empat jenis nan tersebar di dunia, yakni puyuh jepang, pikau gangguan, pikau gonggong jawa, dan bobwhite. Khusus di Indonesia, lazimnya berjenis gonggong jawa dengan corak variasi garis dan totol. Cuma, banyak pula peternak pelir puyuh di Indonesia nan menggunakan kontol pikau jepang. Karena farik dengan diversifikasi puyuh lainnya, butuh puyuh jepang mampu menghasilkan sekitar 300 telur saban tahun dengan bobot telur sekitar 10 gram per butirnya.

Masih berusul pustaka yang sama, pada dasarnya, titit puyuh gado biji-bijian, namun sekali lagi sering ditemui burung puyuh memakan insekta dan sasaran lain nan berukuran kecil. Burung puyuh kian banyak hayat di satah tanah, berkemampuan kerjakan lari, dan pusing dengan kecepatan tinggi meskipun dengan jarak tempuh nan pendek. Tunggal burung puyuh jepang, dikatakan mampu terbang dengan jarak nan lebih jauh dibanding spesies pikau lainnya.

Baca :   Cara Membuat Naga Dari Kertas Origami

Cara Beternak Burung Puyuh

  • Pilih variasi puyuh yang cak hendak Sira ternakkan, apakah pedaging atau petelur. Jikalau Anda ingin budidaya puyuh petelur, Ia memerlukan DOQ jantan dan betina. Tentatif itu, takdirnya Anda ingin ternak puyuh pedaging, Anda bisa memilih salah satu di antaranya.
  • Kalau Beliau ingin keduanya, Anda membutuhkan DOQ jantan dan betina. Anda bisa memanen hasil telurnya dan menjualnya. Setelah penis puyuh mengalami penurunan produksi telur atau sudah tidak bisa bertelur, Engkau bisa menjadikannya ibarat puyuh pedaging.
  • Pilihlah bibit burung puyuh yang ukurannya kostum/setolok dengan bobot paling kecil delapan gram dan mengalir lincah. Selain itu, pastikan DOQ tidak cacat atau sakit dan memiliki mata yang semarak maupun tidak berair.
  • Kandang yang baik untuk ternak puyuh merupakan bakir di konstruksi yang bentuknya ki bertambah dengan ukuran 25 m x 4 m x 2,5 m. Di dalam konstruksi, buat kandang baterai dengan ukuran 120 cm x 60 cm x 180 cm dengan kapasitas 100 ekor puyuh. Setiap kandang harus dilengkapi lampu, kabel, dan saklar.
  • Ibarat uang sogok cak agar burung pikau Ia bertambah sehat dan enggak mudah terserang kelainan, sebelum DOQ dimasukkan, suntikan kandang dengan cairan desinfektan. Selain itu, usahakan Kamu selalu menerangkan kandangnya, paling dua kali sehari.
  • Cara menerimakan pakan puyuh hampir sebagaimana ketika Anda beternak ayam. Frekuensi belas kasih pakan didasarkan pada usia sari. Pada usia starter atau bunga, pakan diberikan sebanyak dua hingga tiga barangkali sehari, sementara untuk burung puyuh dewasa, dapat diberi makan sebanyak satu setakat dua barangkali sehari.
  • Berikan pakan bibit/pelet yang mengandung zat putih telur menengah hingga tinggi dengan dosis sekitar 20% hingga 25%. Ini berniat moga burung puyuh mendapatkan nutrisi yang sempurna dan bisa berhasil dengan cepat.
  • Selain itu, Dia dapat memberikan pakan alami, seperti dedak, bungkil, ikan rucah, tepung ikan, dan irisan sayur. Meski DOQ patuh lincah dan tidak mudah sakit, Anda kembali wajib memberikan vitamin dan antibiotik yang lazimnya dicampur dengan makanan ataupun air minumnya.
  • Saat burung puyuh memasuki peralihan fase, seperti berpangkal grower ke layer, seyogiannya Anda mengganti macam pakannya secara bertahap. Pilihlah pakan yang mengandung lebih banyak protein cak bagi meningkatkan daya produksi telur sekaligus menambah susah badan puyuh.
  • Jika Anda menemukan burung puyuh yang ngilu atau terserang virus, kiranya dikeluarkan dari kandang dan diisolasi kerjakan diberikan penyembuhan khusus. Ini supaya keburukan tidak rembet ke DOQ lainnya.
Baca :   Makanan Burung Pleci Dakun
Ilustrasi: Burung Puyuh (credit: poultryparade)
Ilustrasi: Kalam Puyuh (credit: poultryparade)

Harga Butuh Puyuh

Varian Butuh Puyuh Harga
Bibit Burung Puyuh Blaster 1 – 5 Tahun Rp3.200 per ekor
Bibit Burung Puyuh Peksi 1 – 5 Hari Rp3.300 per ekor
Bibit Burung Puyuh Autumn 1 – 5 Hari Rp3.500 tiap-tiap ekor
Burung Puyuh Petelur Betina Bunga Rp7.000 – Rp8.500 per ekor
Burung Puyuh Potong Afkiran Rp10.000 (1 – 9 ekor)
Titit Pikau Pejantan Dewasa Rp15.000 per ekor
Burung Puyuh Petelur Betina Dewasa Rp16.500 – Rp25.000 per ekor

Harga kalam puyuh di atas kami rangkum dari bermacam ragam sumber, termasuk bilang situs membahu online internal negeri. Teristiadat Sira bangun bahwa harga unggas ini tak mengikat dan dapat berubah sewaktu-periode. Ibarat perbandingan, waktu sebelumnya, bibit burung pikau dijual dengan harga mulai Rp1.000 per ekor cak bagi varian tempatan dan Rp3.300 cak bagi versi autumn.

[Update: Panca]

[1]
Maknun, Lukluil, Sri Kismiati, Isna Mangisah. 2015. Performans Produksi Pelir Puyuh (Coturnix Coturnix japonica) dengan Perlakuan Tepung Limbah Penetasan Telur Puyuh. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, Vol. 25(3): 53-58.