Bunga Nasional Negara Singapura

Bunga Nasional Negara Singapura

Setiap negara memiliki identitas tersendiri nan mengecualikan dengan negara lainnya. Salah satu hal yang menjadi identitas tersebut ialah anak uang nasional. Mayoritas negara di manjapada diketahui memiliki bunga kewarganegaraan. Bunga nasional yang dipilih tentunya mempunyai makna maupun karakteristik yang relevan dengan negaranya.

Di wilayah ASEAN, kesepuluh negara kembali memiliki bunga nasionalnya saban. Makna dari patuh bunga menarik bakal dipahami. Mari, kita lihat perbuatan bunga nasional negara-negara ASEAN.

1. Indonesia

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
melati, Rafflesia arnoldii, dan anggrek bulan (pixabay.com/endro lewa | unsplash.com/Colin + Meg | unsplash.com/Kai Oberhäuser)

Negara kita tercinta tidak hanya punya satu bunga misal anak uang nasional, melainkan tiga bunga. Dilansir laman
Indonesia.go.id, bersendikan Kepres No.4 Tahun 1993, anakan kewarganegaraan kita adalah anggrek bulan sebagai Puspa Pesona, bunga padma raksasa bak Puspa Sukar, dan melati putih umpama Puspa Nasion.

Bunga melati putih (Jasminum sambac) dipilih karena warna putihnya melambangkan kehormatan dan erat kaitannya kerumahtanggaan sejumlah tradisi di Indonesia. Habis, anggrek bulan ataupun
Phalaenopsis amabilis
punya warna polos yang cakap dipandang mata sehingga dijadikan Puspa Pesona.

Tentatif itu, bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan flora endemik Indonesia maupun cuma dapat ditemukan di negara kita. Bunga ini tergolong langka dan habis sulit lakukan menumbuhkannya di luar habitat aslinya. Maka itu sebab itu, dunia tumbuhan nan menjadi identitas Area Bengkulu ini dipilih bak Puspa Langka.

2. Malaysia

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Bunga raya alias anak uang raya merupakan bunga nasional Malaysia. (unsplash.com/Robert Woeger )

Negara tetangga kita, Malaysia menjadikan bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) sebagai bunga nasional negaranya sejak Juli 1960. Kejadian ini berlandaskan abadiah Bendahara Menteri Malaysia saat itu, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj, seperti dilansir
Malay Mail.

Di Malaysia, bunga sepatu dikenal dengan Kembang sepatu. Nama “Bunga sepatu” menggambarkan perayaan persatuan rakyat Malaysia nan multikultural. Dandan bunga yang cerah dan mencolok dianggap melambangkan keberanian dan kehidupan rakyat. Selain itu, panca pelupuk bunga merepresentasi Rukun Negara, panca prinsip persatuan Malaysia.

3. Singapura

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
potret cantiknya anggrek Vanda Miss Joaquim asal Singapura (pixabay.com/WP Chun)

Baca :   Biji Alpukat Obat Diabetes

Anggrek Vanda Miss Joaquim ialah anak uang nasional Singapura sejak tahun 1981. Rente ini terbilang eksklusif karena yaitu jenis anggrek hibrida. Hal ini menjadikan Singapura sebagai suatu-satunya negara yang menjadikan tanaman hibrida perumpamaan anakan nasional.

Dilansir
National Parks of Singapore, Vanda Miss Joaquim adalah hasil persimpangan pecah anggrek
Vanda hookeriana
dan
Vanda teres. Logo “Vanda Miss Joaquim” berasal dari logo Miss Agnes Joaquim, seorang hortikulturis yang pertama mana tahu menyilangkan dan membiakkan jenis anggrek hibrida ini.

Alasan dipilihnya Vanda Miss Joaquim sebagai anak uang nasional karena kecerahan warna serta keluasan pikiran dan ketangguhan bunga mencerminkan atma dan karakter mahajana Singapura. Selain itu, anggrek hibrida merepresentasi kemesraan antar komunitas etnis di Singapura.

4. Brunei Darussalam

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
potret simpor, bunga kewarganegaraan Brunei Darussalam (kebunraya.id)

Bunga simpor atau yang bernama Latin
Dillenia suffruticosa
ialah bunga kewarganegaraan Brunei Darussalam. Dilansir
Brunei Tourism, bunga simpor dianggap sebagai lambang berasal kemajuan dan perkembangan negara dengan ibu ii kabupaten Bandar Kilauan Begawan tersebut. Selain menjadi bunga nasional, bunga simpor juga menjadi ilustrasi pada sisi depan uang satu dolar Brunei.

Bunga simpor memiliki lima kelopak luhur berwarna kuning dan buah nan rempak menjadi bintang ketika masak. Anak uang ini bisa dijumpai di wilayah Asia Tenggara. Di Brunei, simpor dapat dijumpai di daerah tepian batang air terutama sungai Temburong.

5. Thailand

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Ratchaphruek atau golden shower tree sangat lekat dengan semangat publik Thailand. (pixabay.com/41330)

Pada musim 2001, ratchaphruek atau internal bahasa ilmiah
Cassia fistula
L. dideklarasikan sebagai bunga dan tanaman kewarganegaraan Thailand. Dilansir
Road Trippers Asia, warna kuningnya merupakan simbol kebersamaan, cangap, kebesaran, serta keharmonian dan warna agama Buddha, agama mayoritas di Thailand. Selain itu, warna kuning berkaitan dengan warna waktu senin, musim kelahiran mendiang raja Thailand yang dihormati, kaisar Bhumibol Adulyadei.

Ratchaphruek dapat dijumpai dengan mudah di wilayah imperium Thailand. Ratchaphruek signifikan
royal tree, sementara itu bunga kuningnya disebut dengan
dok khun. Dunia tumbuhan ini dikenal juga dengan
golden shower tree
karena bunganya akan menjuntai ke radiks saat mekar, tampak seperti mana titisan air hujan.

Baca :   Cara Mewarnai Rumput Dengan Crayon


Baca Juga: 5 Guna Bunga Telang, Bunga Biru nan Sering Ada di Pekarangan

6. Kamboja

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Rumdoul menjadi bunga kebangsaan Kamboja sejak perian 2005. (commons.wikimedia/Tep Sovichet )

Rumdoul (Sphaerocoryne affinis; bersinonim dengan
Mitrella mesnyi
) menjadi anakan kebangsaan Kamboja sejak tahun 2005, berdasarkan Dekrit Raja Sihamoni. Dilansir laman
GVI, perempuan Khmer majuh disandingkan dengan bunga rumdoul nan punya wangi-wangian memikat dan penampilannya yang anggun intern kepercayaan tradisional Kamboja.

Di Kamboja, bunga rumdoul dapat dijumpai di mana-mana. Tumbuhan ini memiliki banyak kegunaan, seperti mana kayunya bikin bahan gedung dan bunganya untuk penyembuhan tradisional. Selain itu, karena aromanya yang wangi, bunga rumdoul gelojoh dijadikan aromaterapi dan patra atsiri.

7. Vietnam

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Teratai menjadi fon kemurnian serta komitmen dan optimisme tahun depan umum Vietnam. (unsplash.com/Jay Castor)

Teratai memiliki kedekatan internal kehidupan mahajana Vietnam. Bagi masyarakat setempat, teratai adalah simbol kesejatian serta komitmen dan optimisme untuk menyongsong waktu depan, seperti dilansir laman
Itour Vietnam. Maka dari itu karena itu, runjung dijadikan bak bunga nasional negara tersebut.

Di Vietnam, bunga teratai menjadi incaran berguna n domestik budaya Vietnam. Semua episode semenjak teratai dapat dimanfaatkan untuk kuliner atau pengobatan tradisional di sana. Salah satu nan tenar yaitu teh runjung. Teh tersebut dapat dibuat dengan beberapa cara, di antaranya daun teh hijau dimasukkan ke kerumahtanggaan bunga padma selama sepanjang malam alias merendam rayon sari padma bersama patera teh.

8. Laos

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Anak uang kamboja dikenal pun dengan sebutan dok champa dalam bahasa Laos. (pixabay.com/Kanechka)

Anak uang kamboja (Plumeria rubra) dipilih menjadi bunga nasional Laos. Di negara tersebut, kamboja kian dikenal dengan sebutan
halangan champa. Dilansir
Go laja tours,
dok
berarti ‘rente’,
champa
berarti ‘kamboja’.

Lakukan awam Laos,
lingkaran champa
merepresentasi ketulusan dan kesenangan dalam usia. Oleh sebab itu, bunga kamboja sering ditanam di sekeliling tempat keimanan. Selain itu, anakan kamboja pun menjadi babak dari ritual keagamaan di Lengkuas, seperti seremoni Baci. Flora ini juga dianggap sebagai lambang keberuntungan sehingga sering dijadikan label tempat di Laja.

Baca :   Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Dengan Daun Sirsak

9. Myanmar

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Bunga padauk identik dengan Festival Tahun Hijau dan Festival Air Thingyan di Myanmar. (commons.wikimedia/Ping an Chang)

Menurut
Portal Nasional Negara Myanmar, Myanmar menjadikan padauk maupun yang bernama Latin
Pterocarpus indicus
perumpamaan anakan nasionalnya. Di Indonesia, bunga ini dikenal andai angsana. Padauk dianggap umpama simbol kekuatan dan ketahanan. Pohonnya menyimbolkan kekuatan, sedangkan anak uang kuningnya yang harum melambangkan majuh, romansa, dan tahun muda.

Padauk mulai bermekaran pada bulan April dan menjadi tanda hujan angin mula-mula di bulan tersebut. Mekarnya anakan ini ternyata bertepatan dengan Festival Tahun Bau kencur Myanmar dan pun Festival Air Thingyan—karenanya padauk disebut juga dengan bunga Thingyan. Selama perayaan tersebut, kita boleh menjumpai padauk di mana-mana, baik yang bermekaran di pohon atau menjadi hiasan di semua gelanggang masyarakat di Myanmar.

10. Filipina

Pesona 10 Bunga Nasional dari Negara-Negara ASEAN, Indonesia Punya 3!
Melati asli atau sampaguita menjadi bunga nasional Filipina. (pixabay.com/endro lewa)

Selain Indonesia, Filipina menjadi negara yang juga memilih melati asli (Jasminum sambac) sebagai bunga nasional. Warna tahir melati dianggap sebagai tanda baca dari kesucian, maksud, dan kepatuhan, seperti dilansir
National Museum of The Philippines.

Di Filipina,
Jasminum sambac
dikenal juga dengan segel
sampaguita. Bunga ini selayaknya berasal dari India dan mulai ditanam di Filipina pada abad ke-17. Bibitnya diimpor langsung semenjak kewedanan Himalaya. Bunga mulai sejak Famili Oleaceae ini habis menjadi bagian dari budaya Filipina. Di ajang
The Miss Globe 2021, sampaguita menjadi inspirasi dari kostum kontestan radiks Filipina—yang juga menyabet gelar di ajang tersebut, Maureen Montagne.

Sekarang sira sudah tahu, kan, segala semata-mata rente kewarganegaraan berbunga negara-negara ASEAN? Kira-kira, anak uang mana, nih, yang menjadi favoritmu?


Baca Juga: 7 Khasiat Anak uang Hibiscus untuk Kesehatan Rambut, Apa Sekadar?

IDN Times Community merupakan wahana yang meluangkan platform untuk menggambar. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya barang bawaan jawab terbit juru tulis.

Bunga Nasional Negara Singapura

Source: https://www.idntimes.com/science/discovery/gilang-rama-w/bunga-nasional-negara-asean-c1c2

Check Also

Potongan Perbulan Bri Simpedes

Potongan Perbulan Bri Simpedes JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Dia nan bermaksud mengungkapkan tabungan BRI, utama …