Burung Puter Lumut Jantan

Burung Puter Lumut Jantan

Burung Tekukur Geni

On Kicau
– Burung Tekukur Geni atau Puter Kulat memang tidak sejenis itu populer dan terbatas diminati karena suaranya memang tidak semerdu kontol anggungann lainnya seperti Burung Puter alias Puter Pelung, burung Derkuku dan pelir Perkutut.

Burung ini punya warna bulu kemerahan pada bagian tampang dan lehernya dengan kalung berwarna hitam kombinasi tulen. Bulu-rambut sreg episode punggung, sayap dan ekornya bercat coklat keabu-abuan.

Surai pada bagian atas kepalanya atau pupurnya bercelup abu-duli, selaput kulit disekitar matanya bercelup berma, iris matanya berwarna jingga dan kakinya bercelup berma.

Lamun suaranya sedikit merdu, tapi burung ini bisa dijadikan laksana titit peliharaan yang menghilangkan karena sekiranya telah jinak, ceceh ini akan langsung bunyi atau mbekur setiap kali ada bani adam yang menclok.

Kalam Puter Geni sangat mudah dirawat dan bisa cepat gacor, apalagi jika dirawat dengan baik dan benar. Pelestarian ceceh ini juga sanding sejajar dengan perlindungan burung anggungan lainnya seperti burung Tekukur dan penis Derkuku karena masih satu kerabat.

Varietas makanannya sekali lagi sama, yaitu kredit-bijian sama dengan jagung, pari, beras ahmar, ketan hitam, jewawut, milet, godem dan skor-bijian lainnya.

Berikan juga tulang sotong sebagai asinan kontan bakal memenuhi kebutuhan kalsiumnya dan berikan juga tubrukan batu merah merah kerjakan kondusif pencernaan dan sebagai asupan mineral untuk burung Puter Geni.

Berikut ini pendirian merawat burung Balam Geni mudahmudahan rajin manggung dan cepat gacor:

1. Penaruhan kandang

Agar burung Tekukur Geni/Balam Lumut cepat jinak, sebaiknya gantang kandangnya ditempat yang banyak habis alang-alang Orang dan kendaraan mudahmudahan butuh terbiasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya dan mentalnya cepat terbentuk.

Baca :   Tempat Pakan Burung Otomatis

Dengan cara ini burung Balam Geni akan cepat jinak dan nantinya akan berani bunyi meskipun ada makhluk disekitar kandangnya.

2. Rutin dimandikan

Sebaiknya burung Tekukur Geni rutin dimandikan karena selain penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu-bulunya, memandikan pelir secara rutin pula boleh membuat pelir Puter Geni cepat jinak dan mengenal pemiliknya.

Tapi prinsip memandikannya berbeda dengan cara memandikan burung ocehan. Pendirian memandikan burung Puter Geni cukup disemprot halus menggunakan sprayer maupun dengan pendirian dipegang dengan tangan lalu dicelupkan kedalam air seperti prinsip memandikan burung Perkutut.

Air untuk memandikan burung Puter Geni sebaiknya menggunakan air leri (air tamatan cucian beras) yang dicampur dengan air rebusan/tubrukan patera kinang. Karena air leri dan air rebusan daun sirih dipercaya bisa meredam emosi tungau nan suka-suka lega bulu-rambut burung dan juga dapat takhlik warna bulunya lebih mengkilap.

Alias seandainya tidak mau repot, bisa juga menggunakan shampo khusus zakar karena silam efektif untuk membasmi tuma nan terserah sreg surai-bulu ceceh.

3. Penjemuran

Sehabis selesai dimandikan, biarkan burung Dederuk Geni didis dulu bikin meringkaikan bulu-bulunya. Setelah surai-bulunya agak gersang baru dijemur sejauh 1 – 2 jam rutin setiap tahun sepatutnya butuh pelahap sehat dan aktif serta rajin manggung.

4. Kasih pakan dan air mereguk

Berikan burung Puter Geni pakan positif biji-bijian yang berkualitas, antara lain: milu, beras merah, ketan hitam, gabah, milet, jewawut, godem dan angka-bijian lainnya, atau agar makin praktis dapat diberikan pakan buntelan yang banyak dijual di kios-kios pakan pelir.

Tata letak pada pakan kemasan bikinan pabrik sudah patut lengkap dengan kas dapur zat putih telur, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan kontol Dederuk Geni/Puter Lumut.

Baca :   Fungsi Paruh Burung Pipit

Sebaiknya air minumnya diganti setiap hari mudahmudahan tak terjangkit bakteri penyebab penyakit. Lebih baik pula takdirnya air minumnya menggunakan air masak.

5. Kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga terbiasa diperhatikan agar kalam Balam Geni merasa nyaman dan cinta afiat. Jadi sebaiknya kandangnya dibersihkan secara rutin karena residu yang menumpuk didasar kandang dapat menjadi sarang kuman dan virus penyebab penyakit.

Dan nan tidak kalah berfaedah, buatlah suasana disekitar kandangnya aman dan nyaman. Jangan sampai burung Puter Geni merasa terancam dengan keikhlasan pemakan seperti mana kucing, tikus, i beludak dan lainnya nan dapat menyebabkan burung menjadi stress dan lain mau bunyi.

Karena jika kondisi lingkungan disekitar kandangnya lain mendukung dapat berpengaruh buruk pada kondisi fisik dan mental burung Puter Geni. Akibatnya burung menjadi musykil jinak dan tidak mau obstulen.

Selain pecah faktor perawatan dan lingkungan, faktor sukma juga lalu menentukan kegacoran dan mental burung Puter Geni, karena semakin bertongkat sendok usianya maka akan semakin bagus pula suara anggungannya dan tentunya akan lebih gacor.

Baca juga:

Demikian sedikit informasi tentang perlindungan nan tepat lakukan penis Puter Geni mudahmudahan selalu manggung dan cepat gacor nan boleh kami sampaikan pada artikel mungkin ini. Buat keterangan enggak seputar burung Puter, bisa dibaca pada kata sandang
On Kicau
lainnya.

Semoga bermanfaat

Syukur

Burung Puter Lumut Jantan

Source: https://www.onkicau.com/2021/02/perawatan-yang-tepat-untuk-burung-puter-geni-agar-rajin-manggung.html

Check Also

Pola Jubah Anak Laki2

Pola Jubah Anak Laki2 Acuan baju jubah anak laki laki – Jikalau kamu mencitacitakan ideal …