Cara Membuat Naga Dari Kertas Origami


Unduh PDF


Unduh PDF

Origami merupakan suatu bentuk seni maju yang telah menjadi tradisi Jepang sepanjang beratus-ratus. Ada banyak metode memanipulasi yang dapat digunakan untuk mewujudkan naga dan masing-masing metode memiliki gaya dan cita rasa seninya seorang. Membuat ular besar berpunca daluang lipat umumnya adalah seni memanipulasi tingkat medium atau tinggi, tetapi jika Anda bau kencur sekadar mulai mempelajari origami, Ia dapat membuat naga sederhana di tingkat pemula. Dengan mengikuti beberapa persiapan di bawah ini, Anda dapat membuat ular besar nan bagus terbit kertas lipat.

  1. 1

    Cobalah membuat naga ini kalau Sira pelipat origami tingkat menengah.
    Kamu harus memahami cara membuat bentuk asal burung dan bentuk burung bersayap sebelum mencoba metode ini.

  2. 2

    Mulailah dengan daluang origami berbentuk persegi.
    Format daluang origami yang disarankan merupakan 7×7 cm, sahaja Anda pula boleh menggunakan daluang origami persegi dengan ukuran yang berbeda. Seandainya Anda seorang pemula, terserah baiknya jika Anda memulai dengan kertas yang ukurannya lebih besar (20×20 cm), karena akan bertambah memudahkan Anda bakal melipatnya.
    [1]

    • Jika Anda hanya memiliki kertas yang berukuran jeluang surat sahih, jadikan plano tersebut berbentuk persegi dengan mengawinkan kacamata kiri atas kertas ke sisi kanannya, sehingga kertas dilipat secara diagonal. Kemudian nah sudut kanan atas kertas dan lipatlah ke sisi kiri, sehingga berjumpa dengan sudut kidal lipatan yang dibuat sebelumnya. Sisa kertas yang lain turut terlipat gemuk di sumber akar dan berbentuk persegi panjang; lipatlah kertas nan sesak tersebut dan pertegas lipatannya. Bukalah lipatan tersebut dan guntinglah (atau robeklah takdirnya lipatan yang terlatih membekas dengan sangat baik) kertas terlalu yang berbentuk persegi tingkatan tersebut. Sekarang daluang Anda sudah berbentuk persegi.
  3. 3

    Lipatlah kertas secara diagonal, mengufuk, dan vertikal bagi menciptakan menjadikan alumnus-bekas kelipat yang berbentuk medalion.
    Anda harus membuat setiap lipatannya satu per satu, dengan mengungkapkan lipatan yang yunior Sira kerjakan sebelum takhlik kelipat selanjutnya. Lakukan dengan teliti dan pastikan Anda menjantur dengan tepat, pastikan lepasan-bekas lipatan memadai privat dan sudutnya tajam.

  4. 4

    Lakukan teknik lipatan tindih (squash fold) untuk melipat jeluang menjadi bentuk radiks persegi.
    Pertemukan ki perspektif atas kertas dengan sudut bawahnya, berbarengan mempertemukan tesmak kanan dan kidal kertas dengan ki perspektif bawah. Lakukan hal ini dengan mewujudkan lipitan di antara lapisan pangkal dan atas daluang, alias melakukan teknik keliman tindih. Waktu ini kertas terlihat seperti mana berlian yang berbentuk persegi.

    • Jika daluang Anda berwarna hanya pada salah satu sisinya, sisi nan berwarna akan rani di penggalan asing pada tahap ini. Saat membuat bentuk dasar persegi, mulailah dengan sisi kertas yang berwarna berada di sumber akar (menghadap permukaan kenap).
  5. 5

    Buatlah lipatan bentuk dasar burung.
    Lipatlah kedua sisi lapisan atas sehingga kedua sudutnya bertemu di bagian tengah, kemudian lipatlah ke bawah kerangka segitiga nan terserah di atas. Bukalah ketiga lipatan nan mentah Engkau cak bagi. Cak bagi teknik
    petal fold
    dengan mengambil sudut dasar jeluang lega lapisan atas dan membawanya ke atas, sambil mempertegas lipatan yang terbentuk pada sisi-sisinya sehingga lapisan atas kertas berubah menjadi bentuk berlian. Baliklah daluang dan untuk hal yang sama pada arah yang sekarang berada di atas: lipatlah kedua sisinya sehingga kedua sisi bertemu di tengah dan lipatlah ke pangkal bentuk segitiga yang ada di atas, bukalah ketiga kelipat ini, rampas ki perspektif bawah daluang pada lapisan atas dan bawalah ke atas, kemudian pertegas lipatan-lipatan yang terbentuk pada sisi-sisinya sehingga sepuhan atas kertas berubah menjadi bentuk berlian. Lipatan ini merupakan lembaga bawah burung.

    • N domestik proses membuat lipatan bentuk dasar burung, kertas akan terbantah seperti rangka anakan yang sedang mekar ketika Anda mengangkat ki perspektif kertas lapisan atas ke jihat atas.
  6. 6

    Buatlah lipatan pada putaran kertas yang sisi kanan dan kirinya tidak merintih (terpisah).
    Tariklah sudut pada saban sisi, kemudian bagi teknik lipitan tindih sehingga terbentuk lipatan yang bersusun. Ini akan membuat kepala dan ekor ular besar. Sekarang plano memiliki sudut-sudut nan sangat lancip, dengan kacamata di jihat kiri akan menjadi kepala naga, sudut di jihat tengah akan menjadi sayapnya, dan sudut nan terserah di arah kanan akan menjadi ekor dragon.

    • Cak bagi membuat pembesar naga, padalah lipatan di sisi arah kidal secara perlahan dan tariklah sudut atasnya ke asal, di antara lapisan depan dan belakang kertas. Tariklah ujungnya sehingga membentuk sudut yang nyana mengarah ke sumber akar (sehingga superior ular besar akan mengarah ke atas secara diagonal) dan pertegas tisikan Anda.
    • Cak bagi membuat ekor ular besar, padalah lipatan di sisi jihat kanan secara perlahan dan tariklah sudut atasnya ke pangkal, di antara sepuhan depan dan belakang kertas. Buatlah lipitan saat sudut plano mengarah ke kanan secara mendatar agar nantinya ekor naga intern posisi verbatim ke samping kanan.
  7. 7

    Putarlah posisi kertas sehingga kepala naga menghadap ke atas.
    Putarlah posisi kertas sebanyak 180 derajat. Pastikan noktah bentuk berlian nan lain dilipat merentang ke atas seyogiannya Dia dapat menambahkan detail dan meneruskan ke langkah selanjutnya. Waktu ini kepala naga mengarah ke sisi kidal.

  8. 8

    Tambahkan detail-detail pada kepala naga.
    Anda boleh menambahkan rahang dan sumbu badak dan/atau memperkecil penggalan lehernya kerjakan menambahkan detail-detail pada majikan, sehingga risikonya akan terlihat lebih mirip seperti naga.

    • Untuk menambahkan rahang, lipatlah ujung atasan dragon ke bawah, sehingga ujungnya menyentuh sudut bawah kertas pada sisi kiri, kemudian bukalah lipatan tersebut. Peganglah leher naga dengan pelecok satu tangan dan doronglah kepala dragon ke arah gala dengan tangan yang lain. Gala naga akan terlipat ke kerumahtanggaan sehingga kepalanya membuat lipatan kecil di ujung gala, nan membentuk rahang naga.
    • Lakukan menambahkan tanduk, lipatlah ujung ketua naga ke sisi bawah rahang. Buka juga lipatan tersebut. Bukalah pemimpin naga (merentangkan lapisan depan dan belakang kertas pada bagian kepala dragon), kemudian lipatlah cacat ujungnya ke sisi belakang kepala. Dengan demikian akan terbentuk tanduk di atas kepala dragon.
    • Buat memperkecil leher naga, lipatlah kedua sisinya (sisi nan memusat Anda dan sisi nan membidik meres meja). Nah sedikit bagian pada tepi bawah leher dan lipatlah bagian tersebut ke dalam saduran kertas. Lipatlah seputar dua bagian juga (sehingga bagian kecil yang dilipat jumlahnya tiga pada setiap jihat) untuk memperkecil lebar gala ular besar, dan membuatnya lebih ceking.
  9. 9

    Tambahkan detail-detail lega ekor naga.
    Lipatlah moga ekor naga terlihat lebih kurus dan/maupun lebih bertulang. Semua itu cak semau Beliau. Gunakan kreativitas Sira!

    • Cak bagi menambahkan duri-duri puas ekor, bukalah saduran ekor dan lipatlah ujung ekor ke atas sesuai arah yang Anda inginkan. Kemudian lipatlah sebagian segara fragmen ekor ke dalam, sehingga menyisakan sedikit adegan boncel yang mencuat di ujung ekor. Anda dapat melakukannya di dempang ujung atau di fragmen perdua ekor. Anda pula bisa membuat beberapa lipatan duri pada ekornya. Tutup juga saduran ekor.
    • Untuk memperkecil gempal ekor, bukalah saduran ekor dan lipatlah siring bawah ekor ke dalam salutan. Sekali juga, hal ini boleh dilakukan di beberapa bagian sreg ekor, lakukan mewujudkan ekor yang kurus dan terlihat fleksibel.
  10. 10

    Tambahkan detail-detail plong sayap.
    Dimulai dengan sayap kiri (dengan posisi bos ular besar menghadap ke sebelah kiri), pertemukan sudut atas lapisan depan sayap ke tesmak bawah antara pembesar dan ekor. Bukalah lipatan tersebut. Bukalah kelipat sayap jihat kiri, kemudian lipatlah seluruh sayap ke dasar dan selipkan ke bagian dalam obrasan yang sesak (lipatan yang dibuka sebelum menyihir sayap ke sumber akar) sehingga kelipat tersebut membentangi sayap. Setelah itu, lipatlah lipatan yang menutupi sayap tadi ke jihat kiri dan bukalah lipatan sayap dengan menarik ki perspektif bawahnya kembali ke atas. Lipatlah sudut kanan dan kiri sayap ke arah bawah, dan bukalah lipatan tersebut. Tekanlah lipatan di sisi kanan sayap (sisi kertas yang bercelup) ke arah privat moga sayapnya menggembung ke bawah. Buatlah tisikan sekali lagi pada sebelah kiri dengan mengarahkan tesmak kiri sayap ke sisi plano yang bercelup. Tahanlah jihat kanan sayap saat Kamu melakukannya, untuk mencegah jihat kanannya menggembung ke atas. Ulangi langkah-anju ini lega sayap sebelah kanan.

  11. 11

    Rentangkan kedua sayap dengan meruntun dada dan ekor naga.
    Tariklah dada dan ekor hantu bumi secara perlahan untuk menggerakkan sayap seolah-olah ular besar sedang terbang.

Baca :   Cara Banding Akun Grab Yang Putus Mitra
  1. 1

    Cobalah bikin membuat ular besar ini jika Anda seorang pemula.
    Naga terlambat ini sangat sepakat bakal makhluk-insan yang masih mempelajari origami. Dengan membuat naga ini, Anda akan mempelajari cara melakukan teknik lipatan layang-layang (kite fold) dan teknik lipatan terbalik ke n domestik (inside reverse fold).[2]

  2. 2

    Mulailah dengan kertas origami berbentuk persegi.
    Ukuran kertas origami yang disarankan merupakan 7×7 cm, namun Kamu lagi boleh memperalat kertas origami persegi dengan matra nan berbeda. Takdirnya Anda koteng pemula, terserah baiknya jika Anda memulai dengan kertas yang ukurannya lebih besar (20×20 cm), karena akan lebih memudahkan Dia kerjakan melipatnya.

    • Sekiranya Engkau hanya n kepunyaan kertas yang seukuran plano surat biasa, jadikan kertas tersebut berbentuk persegi dengan mendudukkan kacamata kiri atas plano ke sisi kanannya, sehingga plano dilipat secara diagonal. Kemudian ambillah sudut kanan atas kertas dan lipatlah ke sisi kiri, sehingga bersua dengan ki perspektif kiri tisikan yang dibuat sebelumnya. Sisa kertas yang tak ikut terlipat berada di bawah dan berbentuk persegi panjang; lipatlah kertas nan berlebih tersebut dan pertegas lipatannya. Bukalah lipatan tersebut dan guntinglah (ataupun robeklah kalau Sira mempertegas lipatannya dengan suntuk abadi) kertas sesak yang berbentuk persegi panjang tersebut. Saat ini plano Anda telah berbentuk persegi.[3]
  3. 3

    Ubahlah posisi jeluang sehingga lipatannya menjadi vertikal.
    Lipatlah jeluang menjadi dua menurut lipitan sebelumnya, kemudian bukalah kembali obrasan tersebut. Ambillah kedua sudut nan berada di kanan dan kiri plano dan buatlah lipatan sehingga kedua sudut bertemu pada garis obrasan tengah. Ini disebut teknik lipatan layang-layang.

  4. 4

    Buka kembali lipatan tersebut, dan kemudian ulangi membentuk lipatan layang-layang dari tesmak atas kertas.
    Pertemukan kembali sudut kanan dan kiri daluang pada garis diagonal di tengah kertas, bisa jadi ini mulailah terbit sudut atas. Kini, biarkan sisi-sisi ini konstan terlipat.

  5. 5

    Balikkan jeluang Anda dan pertemukan kembali ki perspektif kanan dan kidal di tengah kertas.
    Buat berusul sudut asal kertas. Buatlah kelipat lurah (valley fold) dengan membaurkan tesmak-sudut yang dihasilkan oleh lipitan layang-layang ke garis diagonal di tengah kertas. Kemudian ambillah sudut-sudut luar saduran kertas yang berada minimum atas dan pertemukan dengan garis diagonal di tengah kertas. Lakukan mulai pecah sudut bawah plano.

    • Sekarang akan terserah bentuk-bentuk lipatan pada setiap sisi daluang yang sekarang mutakadim berbentuk berlian.
  6. 6

    Bukalah kelipat kertas dan ulangi lipatan-obrasan ini terbit sudut atas.
    Buatlah kembali keliman layang-layang seperti yang pertama dengan sisi aslinya menghadap ke atas dan balikkan jeluang Ia. Pertemukan pun sudut-sudutnya dengan garis diagonal yang ada di paruh kertas, dimulai mulai sejak sudut atas, kemudian buka lipatan tersebut.

  7. 7

    Buatlah lipatan diagonal yang enggak.
    Buatlah satu juga obrasan diagonal lega babak yang belum terdapat bekas lipatan diagonal, sehingga mewujudkan segitiga besar, dan urai juga lipatan tersebut.

  8. 8

    Buatlah lembaga berlian berlipit-lipit dengan mempertegas jebolan kelipat pada kacamata-sudut kertas dan mendekatkan kedua ki perspektif tersebut.
    Pertegas garis kancah tisikan, yang dihasilkan dari tisikan diagonal tadi, pada kedua sudut kertas sehingga terbentuk garis kelipat yang menonjol ke sisi Anda (bukan menonjol ke permukaan kenap). Kemudian dekatkan kedua sudut tersebut, refleks mempertegas eks-keluaran lipatan layang-layang yang Anda lakukan sebelumnya. Lipatlah garis-garis bekas lipatan layang-layang sebelumnya sehingga garis lipatan layang-layang nan pertama menonjol ke satah meja, garis lipatan layang-layang kedua menonjol ke arah Anda, dan garis lipatan layang-layang nan ketiga menonjol ke permukaan bidang datar. Kedua sudut yang Anda jawat akan mencuat ke atas (tidak timbrung terlipat).

    • Sekarang kertas berbentuk seperti berlian dengan dua bagian kelipat nan mencuat di bagian tengah bentuk berlian, di jihat kanan dan kiri.
  9. 9

    Lipatlah kedua bagian yang tidak ikut terlipat ke arah sudut atas daluang.
    Lipatlah kedua bagian yang mencuat ke arah tesmak atas kertas. Sekarang kertas berbentuk seperti mata anak asuh kurat, ataupun layang-layang dengan titik yang mencuat di atasnya.

  10. 10

    Silih posisi daluang menjadi mengufuk dan balikkan.
    Putarlah posisi naga origami agar sudut-sudut lancipnya subur di sebelah kidal dan kanan. Kedua bagian yang baru Anda bekuk harus mengarah ke sebelah kanan. Kemudian balikkan dragon origami, sambil tetap menjaga jihat posisi nan selevel.

  11. 11

    Pertemukan ki perspektif bawah jeluang dengan tesmak atasnya sehingga membuat garis lipatan di perdua.
    Lipatlah plano (yang sekarang mutakadim berbentuk berlian) menjadi dua secara memulur, sehingga membentuk garis lipatan di perdua, dengan menyandingkan sudut dasar dengan sudut atas daluang. Sekarang kertas mutakadim berbentuk segitiga yang pendek dan sintal.

  12. 12

    Lipatlah sisi kiri ke internal kedua lapisan kertas (lapisan atas dan sepuhan pangkal) sehingga sudut kidal bernas di atas.
    Lakukan teknik keliman terbalik ke privat (inside reverse fold) kerjakan melipat sisi kiri ke internal kedua saduran daluang sehingga kacamata kiri berkecukupan di atas. Sira harus sedikit membuka/mengantarai lapisan atas dan radiks kertas untuk melipat masuk sisi kiri ke dalam kedua lapisan tersebut.

    • Sekarang, pada jihat kiri segitiga terletak bagian yang mencuat ke atas sementara sisi tengah dan kanan segitiga tunak dalam posisi mengufuk.
  13. 13

    Buatlah komandan naga dengan melakukan teknik obrasan terbalik ke intern pada arah kiri kertas.
    Buatlah kepala ular besar dengan memosisikan sudutnya mengarah ke bawah melangkahi kedua lapisan daluang nan menciptakan menjadikan gala. Pejabat naga harus sedikit lebih pendek tinimbang panjangnya leher. Sekarang hasil lipatan Anda telah berbentuk sama dengan majikan dengan moncong yang strata pada ujungnya.

  14. 14

    Lipatlah sudut kiri kertas secara diagonal ke sebelah kanan dan kemudian lipatlah lagi secara diagonal ke sebelah kidal untuk membuat mulut naga.
    Lipatlah ki perspektif kiri plano (sangka-sangka sepotong panjang bos naga) ke sisi kanan. Lipatlah secara horizontal agar titik sudutnya mengarah tepat ke arah kanan. Kemudian lipatlah tesmak tersebut (yang masa ini telah menjurus ke kanan) secara diagonal ke jihat kiri untuk membuat mandibula naga.

    • Sekarang telah ada lipatan pendek plong kepala nan menggantung ke bawah, membentuk tampilan rahang.
  15. 15

    Lipatlah sayap-sayapnya.
    Lipatlah babak sayap (yang berada di tengah bentuk ular besar) ke bawah, dengan mempertemukan tesmak kanan atas sayap ke selokan bawahnya. Untuk hal yang sederajat secara berlawanan lega sebelah yang suatu lagi, kerjakan menciptakan menjadikan sayap.

    • Kini naga Anda tertumbuk pandangan seperti hewan yang semenjana berenang, karena terlihat n kepunyaan sirip.
  16. 16

    Rentangkan kedua sayap yang ada di jihat ular besar.
    Bukalah sayapnya agar dragon tertentang seperti sedang pusing. Dragon Anda sudah selesai dibuat.

Baca :   Jual Anak Ayam Pelung

  • Jangan raba-rubu dan bersabarlah. Terkadang melakukan teknik lipatan tertentu akan terasa sulit, sahaja takdirnya Anda sabar, pada akhirnya Sira akan mengerti caranya. Jika Anda mulai frustrasi, cobalah rehat sejenak.
  • Buatlah lipatan dengan tegas agar rapi dan bekas lipatannya terbantah.
  • Usahakan untuk tidak mendodet kertas saat melipat.
  • Jangan bersepah dan jangan setakat Anda mengacaukannya.

Kata sandang wikiHow Terkait

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 78.855 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Anda?

Cara Membuat Naga Dari Kertas Origami

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Naga-dari-Kertas-Lipat-(Origami)

Check Also

Model Gamis Lengan Rempel

Model Gamis Lengan Rempel Kalau kita wicara bulan puasa dan lebaran sangkil-kira jenis gaun apa …