Cara Mengatasi Otot Ketarik Pada Paha

Cedera hamstring adalah kondisi ketika otot paha bagian belakang (hamstring) mengalami tegangan atau robekan. Meski dapat terjadi plong siapa saja, beda hamstring lebih mahajana dialami oleh atlet.

Hamstring terdiri dari tiga otot lautan nan terletak di belakang pukang dan memanjang bersumber pinggul hingga babak bawah lutut. Otot-otot ini berperan utama intern aktivitas berlari, melompat, dan memanjat.

Seseorang bisa mengalami cedera hamstring akibat latihan raga alias olah raga, seperti sepak bola, bola basket, atau tenis.

Penyebab Cedera Hamstring

Cedera hamstring disebabkan oleh peregangan otot pukang adegan belakang yang melebihi batas, terutama saat mengerjakan gerakan secara seketika dan eksplosif. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera hamstring, yaitu:

  • Memiliki urat hamstring yang lemah
  • Tak mengamalkan peregangan dan pemanasan sebelum olahraga
  • Mengabaikan kondisi tubuh nan telah erak untuk tetap berolahraga
  • Memiliki riwayat cedera hamstring sebelumnya
  • Memiliki kelonggaran urat yang buruk
  • Melemahnya otot akibat usia

Gejala Cedera Hamstring

Gejala cedera hamstring tersampir sreg derajat keparahan yang dialami penderitanya, sebagai halnya dijelaskan berikut ini:

Tingkat 1

Derajat keparahan tingkat 1 terjadi akibat adanya tekanan listrik maupun regangan ringan sreg otot hamstring. Gejalanya bisa berwujud ngilu maupun ngilu yang rembet di urat paha babak belakang dan kesulitan menggerakkan pelecok suatu atau kedua kaki.

Tingkat 2

Beda hamstring tingkat 2 terjadi saat sebagian otot hamstring robek. Gejala plong tingkat ini berupa bengkak dan memar di paha adegan belakang, serta melemahnya otot di suku yang mengalami cedera.

Tingkat 3

Cedera tingkat 3 terjadi bila seluruh bagian otot hamstring mengalami robek. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami keluhan, sebagaimana bengkak, memar, nyeri saat ditekan, sehingga kesulitan untuk meleleh atau berjalan.

Baca :   Teka Teki Silang Bahasa Inggris Tentang Buah

Kapan harus ke mantri

Beda hamstring ringan galibnya dapat ditangani secara mandiri di rumah. Sahaja, bila gejala tidak segera membaik dan mengganggu aktivitas, segera periksakan diri ke sinse untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengawasan ke medikus juga dianjurkan sekiranya cedera hamstring menyebabkan Anda tidak dapat berjalan ataupun bila bagian yang cedera terasa sangat sakit.

Diagnosis Cedera Hamstring

Diagnosis selisih hamstring dilakukan dengan tanya jawab seputar gejala nan dialami pasien, kemudian dilanjutkan dengan pengawasan fisik. Pada pemeriksaan bodi, dokter akan melihat pembengkakan dan titik linu di otot paha bagian belakang yang diduga mengalami cedera.

Pemeriksaan fisik dapat kontributif dokter mendiagnosis tingkat keparahan cedera yang dialami pasien. Tabib juga akan menggerakkan tungkai nan selisih bagi mengejar tahu bagian otot yang busuk dan memastikan apakah terdapat cedera pada ligamen atau tendon.

Jika pasien mengalami tikai hamstring selit belit, urat bisa robek atau terlepas dari tulang. Cak bagi mendiagnosis kondisi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang, sama dengan USG, foto Rontgen, dan MRI, untuk mengaram kondisi otot dan jaringan di sekitarnya.

Terapi Cedera Hamstring

Terapi selisih hamstring bertujuan untuk menghilangkan sakit dan basal yang dialami pasien. Metode penanganan nan bisa dilakukan antara lain:

Perawatan mandiri

Kerjakan menangani cedera hamstring yang ringan, pasien bisa melakukan beberapa perawatan keteter di rumah nan dikenal dengan RICE (rest,
ice,
compression,
elevation). Berikut merupakan penjelasannya:


  • Rest

    Hindari mengerjakan aktivitas berat atau menurunkan beban puas kaki. Jika perlu, gunakan alat bantu, seperti tongkat, agar otot hamstring yang cedera tidak membantut tanggung bersisa terik.

  • Ice

    Gunakan kompres tawar rasa di adegan otot hamstring yang cedera selama maksimal 20 menit setiap 2–3 jam per waktu. Pastikan melapisi es dengan kain agar tak mengenai kulit secara langsung.

  • Compression

    Lilitkan pengebat elastis ke bagian yang beda untuk mengurangi nyonyor. Doang, hindari sakit perut perban plus kencang.

  • Elevation

    Pastikan posisi urat hamstring yang beda lebih tahapan saat duduk ataupun berbaring dengan menyangganya menggunakan bantal. Hal ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan.
Baca :   Menyimpan Bunga Melati Pengantin

Penawar-obatan

Dokter dapat memberikan obat golongan non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), seperti ibuprofen atau naproxen, menangani cedera hamstring. Obat tersebut berfungsi lakukan meredakan nyeri dan peradangan.

Fisioterapi

Pasien akan dianjurkan bikin menjalani fisioterapi setelah nyeri dan basal mereda. Melalui fisioterapi, dokter akan memberikan latihan khusus untuk melatih kekenyalan dan memperkuat otot hamstring.

Gerakan

Jika otot terlepas pecah lemak tulang akibat tarikan yang hebat, mantri akan melakukan operasi cak bagi memasang kembali otot nan tanggal.

Kelainan Cedera Hamstring

Pengidap cedera hamstring bisa mengalami komplikasi jika melakukan aktivitas berat sebelum kondisinya sungguh-sungguh pulih. Kelainan yang bisa terjadi antara lain:

  • Cedera repetitif
  • Otot mengecil karena rumit digunakan akibat bersisa sering menggunakan perlengkapan bantu, seperti mana tongkat

Pencegahan Cedera Hamstring

Tikai hamstring bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara berikut:

  • Melakukan peregangan dan latihan penguatan otot hamstring secara rutin
  • Mengamalkan kontraksi dan pemanasan sebelum berolahraga, serta pendinginan setelah berolahraga
  • Meningkatkan intensitas olah tubuh atau tutorial fisik secara berkala
  • Menghentikan pelajaran atau olah tubuh kalau merasakan sakit di episode pantat pukang
  • Mengonsumsi makanan bergizi separas

Cara Mengatasi Otot Ketarik Pada Paha

Source: https://www.alodokter.com/cedera-hamstring

Check Also

Potongan Perbulan Bri Simpedes

Potongan Perbulan Bri Simpedes JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Dia nan bermaksud mengungkapkan tabungan BRI, utama …