Cara Mengobati Cloudy Eye Pada Ikan

Sua lagi sobat setia CNC. Bagaimana kabarnya masa ini?, tentunya semua dalam keadaan baik-baik saja ya. Silakan selalu menjaga kesehatan dan mematuhi segala apa protokol kesehatan yang disarankan pemerintah bagi kemujaraban kita bersama.

Mengobati dan Mengatasi Mata Ikan Berkabut (Cloudy Eye) Pada Ikan Arwana

Kali ini kita akan sedikit membicarakan tentang penyakit Iwak Arwana kesayangan kita, yaitu penyakit indra penglihatan ikan berkabut alias yang biasa disebut Cloudy Eye. Penyakit ini ditandai dengan munculnya epidermis putih di netra ikan. Mula-mula invalid, adv amat segera menutupi keseluruhan alat penglihatan ikan, menyerupai ain katarak pada manusia. Jangan panik ya imbangan-teman, karena kita harus mencari penyebab ikan terserang penyakit ini dan pendirian pengobatannya.

Mengobati dan Mengatasi Mata Ikan Berkabut (Cloudy Eye) Pada Ikan Arwana

Beberapa penyebab iwak terserang penyakit Cloudy Eye / mata berkabut antara lain:

  • Kwalitas air nan tak baik. Inilah penyebab berbagai jenis kebobrokan ikan, teragendakan penyakit mata berkabut (Cloudy Eye) ini. Sering sekali kita mengabaikan kwalitas air, karena melihat air nan dipakai cukup jernih dan ikan kelihatan baik-baik sekadar. Namun serupa itu iwak terserang kelainan, kita segera panik mencari penyebab dan pengobatannya.
  • Selit belit mengerjakan pergantian air. Sekali kembali air yang tertentang masih jernih di akuarium bukan berarti kwalitas air masih baik. Cerih-sisa makanan dan endap-endap lauk bisa menyebabkan kandungan amonia, nitrit, nitrat dalam air menjadi panjang dan mengganggu kwalitas air.
  • Infeksi mikroorganisme puas mata iwak. Ini lagi berkaitan dengan kwalitas air. Kwalitas air yang buruk dapat menyebabkan mikroorganisme berkembang dengan cepat.
  • Pertukaran suhu air. Suhu air yang terlalu tawar rasa sering menyebabkan lauk terserang keburukan ain berkabut / cloudy eye. Ini sekali lagi berkaitan dengan mikroorganisme nan berkembang lebih cepat di air yang suhunya relatif dingin.
  • Dan masih terserah beberapa penyebab lainnya seperti infeksi sekunder pada indra penglihatan iwak, rantus dari tankmate ikan lainnya, dan penyebab-penyebab tak.
Baca :   Lukisan Burung Hitam Putih

Mengobati dan Mengatasi Mata Ikan Berkabut (Cloudy Eye) Pada Ikan Arwana

Lalu langkah-anju apa nan harus kita lakukan sepatutnya lauk sembuh pecah ki aib ini? Berikut di bawah ini kita akan menjelaskan satu demi satu persiapan nan harus kita bagi. Semua langkah nan dilakukan ini kita asumsikan lauk sendiri di akuarium / soliter. Jika terdapat tankmate / comtank, mungkin ikan harus dipisahkan justru adv amat antara ikan yang terserang problem dengan iwak nan sehat.

  • Pertama-tama kita siapkan dulu heater (pemanas air akuarium) dan garam ikan. Kita obatin dengan prinsip yang paling aman dulu sebelum kita melangkah memberikan obat-obatan kimia kepada lauk (mengapa demikian?, karena salah terapi biasanya menyebabkan masalah bukan terhadap ikan).
  • Kuras segera air di palung ikan, lakukan perlintasan air dan kurangi tagihan air setelah dikuras. Sadar, air lain bisa dikuras sampai habis ya rival-kutub, sisakan air sekitar 50%. Kalau sebelumnya tinggi air di akuarium selingkung 50 cm, sehabis diganti air usahakan tangga air di bawah 50 cm. Ancang ini kita lakukan agar heater / pemanas air bekerja kian maksimal di volume air nan lebih terbatas. Suatu pula, air pengganti harus adalah air berkualitas ya teman-teman. Jika boleh, gunakan air galon mineral atau air lainnya yang berkualitas.
  • Takdirnya sudah, pasang heater ke kerumahtanggaan akuarium dan setel suhu heater di sekeliling 32-34 derajat Celcius (terampai piutang air ya). Masukkan juga garam ikan ke intern akuarium (jika dosis garam ikan biasanya 1 sendok makan untuk 30 liter air dalam kondisi lauk biasa, karena ikan sakit kali kita harus lebihkan garamnya dengan dosis 1 spatula bersantap untuk 15 liter air).
  • Seandainya lain diperlukan, makin baik lampu akuarium enggak perlu dinyalakan. Kok? Kerjakan mencegah sebaiknya iwak tidak stress dan mengurangi pertumbuhan jasad renik penyebab penyakit.
  • Perhatikan perkembangan mata ikan privat beberapa musim. Jika mata iwak semakin membaik, bermakna penyembuhan dasar kita mutakadim berhasil. Ganti dan kuras lagi air selingkung 3 – 5 musim setelah peralihan air yang pertama (sekali juga ini tergantung volume air ya. Jika volume air invalid, mungkin kita harus mengganti air bertambah sering, demikian lagi sebaliknya). Ulangi pula proses pertama dan berikan lagi garam ikan secukupnya serta heater tetap kita setel disuhu yang sesuai.
  • Jika mata ikan sudah sembuh total selepas melalui beberapa kali proses pergantian air, boleh jadi heater telah lain diperlukan pula dan garam ikan kita berikan ala kadarnya saja. Cuma tetap harus diingat, gantilah air akuarium dengan air berkualitas. Karena boleh dibilang sumber apa penyakit iwak yaitu kualitas air yang memburuk dan air pengganti yang minus bagus.
Baca :   Gambar Hewan Dari Kertas Origami

Mengobati dan Mengatasi Mata Ikan Berkabut (Cloudy Eye) Pada Ikan Arwana

Namun segala yang harus kita lakukan seandainya pengobatan dasar yang sudah kita lakukan di atas tak menyebabkan ain iwak membaik? Kalau sudah begini, kita harus memberikan pemohon partikular untuk penyakit cloude eye / mata berkabut pada ikan. Berikut langkah-awalan yang harus kita lakukan dalam memberikan pembeli kepada ikan:

  • Tukar air di akuarium sekeliling 50% dengan air bersih dan berkualitas. Heater ki ajek kita pasang dan setel di guru berkisar 32 – 34 derajat Celcius (terampai volume air)
  • Langkah lebih lanjut tentunya kita harus mengejar obat unik bagi penyembuhan netra berkabut pada ikan (sejumlah obat yang awam dipakai antara lain Pomate, Methylene Blue, Acriflavine dan banyak perunding jenis lainnya. Tara-teman bisa mencarinya karena banyak dijual bebas sekarang. Boleh dicari di online store atau langsung ke tempat-tempat penjualan lauk solek).
  • Sesuaikan dosis peminta dengan tagihan air di akuarium (rata-rata suka-suka wahi pemakaian lakukan obat-obat tersebut).
  • Perhatikan beberapa tahun pasca- obat diberikan, apakah alat penglihatan iwak membaik atau enggak. Jika membaik, berharga obat yang diberikan sudah cocok. Jika tidak membaik pula, berarti pemohon yang diberikan salah dan harus segera diganti.
  • Bikin pergantian air sekeliling 3 – 5 hari setelah peminta diberikan (tergantung volume air di palung ikan). Kuras air selingkung 50% dan saling dengan air yang berkualitas. Lakukan proses ini beberapa kali sampai kita berpengharapan bahwa hajat perunding di dalam akuarium sudah tak ada (karena sisa obat bisa menyebabkan masalah lain kepada ikan. Maka dari itu sebab itulah kita sangat tidak menyarankan untuk memberikan pelamar-obatan kimia kepada ikan sebelum pengobatan bawah dilakukan kepada lauk).

Sedikit video adapun cara pengobatan mata ikan berkabut (cloudy eye) plong Ikan Arwana:

Baca :   Tabel Kur Bni Syariah

Ambillah, semoga artikel ini bisa membantu dalam mengatasi mata berkabut pada Lauk Arwana kesayangan teman-teman. Sreg dasarnya Iwak Arwana yakni ikan yang layak rentan terhadap penyakit, belaka apabila kita sempat triknya, iwak akan baik-baik semata-mata. Riuk satu cara untuk menjaga ikan agar tetap sehat adalah dengan menjaga kwalitas air. Seandainya kwalitas air terjaga, percayalah, ikan akan baik-baik saja.

Mengobati dan Mengatasi Mata Ikan Berkabut (Cloudy Eye) Pada Ikan Arwana

Cara Mengobati Cloudy Eye Pada Ikan

Source: https://www.cncvirtual.com/2021/12/mengobati-dan-mengatasi-mata-ikan-berkabut-cloudy-eye-pada-ikan-arwana.html

Check Also

Model Gamis Lengan Rempel

Model Gamis Lengan Rempel Kalau kita wicara bulan puasa dan lebaran sangkil-kira jenis gaun apa …