Cara Mengobati Sariawan Pada Kucing

Cara Mengobati Sariawan Pada Kucing

Sobat Berisi pastinya pernah mengalami sariawan, kan? Bagaimana rasanya? Tentu tidak nyaman di mulut sampai membuat tidak nafsu makan.

Nah, masalah ini ternyata sekali lagi bisa dialami kucing peliharaan, lho! Guam kucing alias
feline stomatitis
yakni salah suatu penyakit bacot kucing yang paling umum ditemui.

Dikutip dari laman
VetStreet.com,
feline stomatitis
adalah kondisi peradangan yang bisa terjadi sreg rongga mulut kucing, seperti bibir, lidah, gusi, dan belakang tenggorokan.

Kondisi ini bisa dialami maka dari itu kucing pecah barang apa usia dan ras. Salah suatu akibat nan ditimbulkan adalah kucing kaprikornus kesulitan makan dan nafsu makannya menurun.

Sejumlah kasus sariawan ringan dapat Sobat Pintar tangani dengan mudah. Cuma, beberapa lainnya kali teristiadat penanganan tabib hewan.

Maka itu, PetPi kali ini akan mengulas tentang penyebab, ciri-ciri, dan cara mengobati kucing sariawan nan sudah dirangkum terbit berbagai sumber.

Daftar Isi

  • Segala apa Penyebab Kucing Sariawan?
  • Apa Tetapi Ciri-Ciri Meong Seriawan?
  • Bagaimana Cara Mengobati Kucing Sariawan?
    • 1. Menjaga Kebersihan Mulut Kucing
    • 2. Mengganti Asupan Kas dapur Kucing
    • 3. Peminta-obatan
    • 4. Pencabutan Gigi

Apa Penyebab Kucing Guam?

penyebab kucing sariawan – everhart vet

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian selanjutnya untuk menentukan penyebab pasti kondisi ini. Banyak pakar menyebutkan kucing seriawan ialah reaksi jebah berbunga sistem kekebalan tubuh mereka.

Sistem kekebalan bodi kucing menyerang mikroba di dalam rongga congor sehingga menimbulkan luka guam. Reaksi ini juga umumnya dipicu oleh plak mulut, pelecok satu penyebab terdahulu penyakit transmisi pada kucing.

Selain dari penyakit gigi meong, sariawan juga boleh disebabkan oleh beberapa infeksi, antara lain:

  • Bartonellosis
  • Feline calicivirus (FCV)
  • Feline herpesvirus-1 (FHV-1)
  • Feline immunodeficiency virus (FIV)
  • Feline leukemia virus (FeLV)
Baca :   Bunga Lidah Buaya Mahal

Di samping itu, kondisi ini juga bisa timbul akibat reaksi dari alai-belai kesehatan pada kucing, seperti diabetes, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal. Maka berusul itu, terdepan kerjakan gegares melakukan penapisan rutin ke dokter hewan.

Apa Sahaja Ciri-Ciri Kucing Sariawan?

Ciri Ciri Kucing Sariawan
ciri ciri kucing sariawan – the spruce pets

Gejala awal yang bisa Sobat Pintar perhatikan momen kucing peliharaan mengalami sariawan adalah mulai sejak perubahan tingkah lakunya. Dari yang sebelumnya aktif, kini lebih banyak diam dan invalid perasaan sekali lagi.

Kucing yang merasakan linu pada rongga mulutnya mungkin akan menghinggapi saat diberikan makanan. Namun, mereka hanya terdiam dan menyingkir meninggalkannya sedemikian itu saja.

Nah, ciri-ciri kucing sariawan bisa Sobat Pintar perhatikan dengan menghadap peliharaan dan menuduh beberapa kondisi, seperti:

  • Kelesuan dan rasa sakit yang parah
  • Vokalisasi atau berteriak ketika mendedahkan mulut
  • Menjatuhkan makanan momen makan
  • Menyorong untuk bersantap alias minum
  • Mengusap-usap wajah
  • Penghamburan berat bodi
  • Timbul bau mulut (halitosis)
  • Kesulitan menelan makanan (disfagia)
  • Iler jebah (hipersalivasi)
  • Tidak grooming dan bulu kurang terawat
  • Kemerahan pada gusi, indra perasa, dan tenggorokan
  • Ucapan bengkak dan gusi berdarah
  • Nanah ataupun lesi

Bagaimana Prinsip Mengobati Kucing Guam?

Cara Mengobati Kucing Sariawan
cara mengobati kucing sariawan – omlet

Sobat Berisi tidak perlu pusing jika menemukan kucing peliharaan kesayangan menunjukkan gejala-gejala seperti di atas. Bakal meringankan gejalanya, suka-suka bilang hal yang memang perlu diperhatikan.

Namun beberapa kucing sariawan memang membutuhkan penanganan berasal mantri sato. Berikut beberapa cara mengobati kucing sariawan bikin meringankan kondisinya.

1. Menjaga Kebersihan Ucapan Meong

Jika kasus sariawan yang dialami kucing layak ringan, peristiwa ini boleh ditangani melintasi perawatan rumahan dengan rutin menerangkan gigi dan rongga mulut mereka.

Hal ini bikin mencegah penumpukan dan perkembang plak transmisi nan bisa berkembang menjadi sejumlah penyakit gigi, tertulis guam.

Baca :   Gambar Bunga Untuk Menyulam Taplak Meja

Terkadang bakteri yang menumpuk akan membuat luka pada guam menjadi lebih parah. Maka dari itu kamu dapat menjaga kebersihan mulut meong dengan membersihkan giginya.

Sobat Pintar bisa memperalat sikat dan pasta gigi nan diformulasi khusus bakal kucing. Mintalah saran ke dokter hewan bikin menunjukkan cara menyikat persneling meong yang benar.

2. Menggilir Asupan Makanan Kucing

Kucing sariawan umumnya nafsu makannya menurun akibat kesulitan mengunyah dan menelan. Tekstur rahim yang terlalu keras juga bisa memperparah luka sariawan.

PetMD.com
menyarankan untuk mengubah terapi gizi dengan mengganti asupan rezeki kucing. Jika meong biasa makan lambung tandus (dry food), cobalah cak bagi menggantinya dengan rahim basah (wet food) provisional musim.

Beberapa kucing siapa juga membutuhkan asupan melalui selang makanan moga bersama-sama masuk ke rengkung mereka. Selain itu, dokter fauna pula umum meresepkan suplemen vitamin buat meningkatkan keimunan tubuh kucing.

3. Obat-obatan

Sinse hewan pula merekomendasikan beberapa obat-obatan medis yang berniat bakal meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan nan ditimbulkan seriawan. Jika infeksi yang menyebabkan sariawan, dokter juga boleh memberikan jenis penawar antibiotik cak bagi tanggulang masalah ini.

  • Antibiotik

Obat-obatan yang berfungsi bakal tanggulang infeksi primer ataupun sekunder yang memperburuk peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Puas balasannya, antibiotik mampu kontributif perbaikan kondisi rongga ucapan kucing.

Sama halnya seperti manusia, pemakaian antibiotik enggak disarankan bakal jangka jenjang. Hal ini bisa menyebabkan resistensi antibiotik jika penggunaanya enggak sesuai siasat dokter hewan.

  • Pelelang antagonistis-inflamasi non steroid (NSAID)

Obat-obatan lain untuk mengobati
feline stomatitis
adalah obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) yang bertujuan buat mengurangi peradangan bersamaan dengan rasa sakit.

  • Pelelang steroid
Baca :   Rak Untuk Bunga Anggrek

Obat-obatan ini menjadi mandu efektif cak bagi mengobati sariawan pada meong, namun menumpu hanya digunakan untuk kasus nan memadai parah. Sehingga penggunaannya harus internal pengawasan ketat dukun satwa.

  • Obat topikal

Diversifikasi obat-obatan konkret larutan
chlorhexidine
atau gel bentrok bakteri yang digunakan langsung puas gusi ataupun bagian mulut enggak yang terkena sariawan. Kondisi ini dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangannya.

4. Pencabutan Gigi

Jika sariawan meong telah berkembang sepan parah, pengobatan terbaik kelihatannya adalah melalui prosedur renggut gigi. Mencabut transmisi di selingkung jaringan nan meradang, bisa mengurangi peradangan sekaligus patogen di mulut kucing.

Dalam kasus yang memadai ekstrim, mungkin sebagian jumlah besar gigi perlu dicabut cak bagi memintasi penyakit. Konsultasikan dengan dokter hewan berkaitan dengan kondisi ini.

Bagi menentukan pendirian mengobati meong sariawan yang sesuai, medikus dabat akan melakukan beberapa metode diagnosis, seperti penapisan fisik, tes darah, pembenaran urin, dan rontgen congor.

Demi menghindari kondisi ini, sesanggup mungkin Sobat Pintar memperhatikan kebersihan mulut dan gigi meong secara berkala. Semoga informasi di atas bermakna, ya!

Jika kamu suka dengan artikel
PintarPet, jangan lalai bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow pun Instagram
@pintarpet
bikin senggang kabar tentang Meong terbaru lainnya!

Perhatian:
Permakluman ini dihimpun berpokok beberapa sumber. Tim PintarPet bukan berkewajiban atas cidera, mortalitas, kebinasaan alias kesialan langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan maka dari itu informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih jauh, sebaiknya kamu dapat mengkonsultasikannya dengan tabib hewan terdamping.

Berpunca:
Minggu, 28 Maret 2021, 16:30 WIB

Update sreg:
Sabtu, 15 Mei 2021, 20:30 WIB

Cara Mengobati Sariawan Pada Kucing

Source: https://petpintar.com/kucing/kucing-sariawan-penyebab-cara-mengobatinya

Check Also

Potongan Perbulan Bri Simpedes

Potongan Perbulan Bri Simpedes JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Dia nan bermaksud mengungkapkan tabungan BRI, utama …