Cara Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Spss

Cara Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Spss

Pengujian Validitas dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Uji Keabsahan merupakan uji yang digunakan untuk mengukur tingkat keefefktifan suatu radas ukur ataupun media ukur bagi memperoleh data. Biasanya digunakan kerjakan mengukur seberapa efektif satu kuesioner buat memperoleh data, lebih tepatnya kerjakan soal-pertanyaan yang tercantum di kuesioner.

Signifikansi Uji Validitas

Sumber: Tumisu berusul Pixabay

Sebagai persiapan, sebelum melakukan uji menunggangi SPSS. Mari kita mengenal uji validitas secara teorinya. Keadaan ini harus sira pahami supaya dia tahu apa maksudnya dilakukan uji validitas

Uji kebenaran merupakan uji nan berfungsi untuk mengetahui apakah satu alat ukur tersebut andal (seremonial) ataupun tidak. Alat ukur yang dimaksud disini merupakan tanya-pertanyaan yang ada dalam kuesioner.

Satu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner dapat mengungkapkan sesuatu yang diukur makanya kuesioner tersebut. Misalnya, kamu ingin menyukat Kinerja Karyawan. Bakal mengetahui tingkat kinerja karyawan, karyawan tersebut diberi 5 pertanyaan, maka 5 tanya tersebut harus bisa secara tepat mengungkapkan bagaimana kinerja karyawan.

Dalam pengukuran uji validitas terdapat dua macam ialah (1) mengkorelasikan antar skor butir pertanyaan (item) dengan total item, dan (2) mengkorelasikan antar masing-masing kredit item indikator dengan total biji konstruk.

Standar Pengujian Validitas

Kerumahtanggaan artikel ini, akan menjelaskan pengujian kesahihan nan mengkorelasikan antar masing-masing ponten item indikator dengan kuantitas nilai konstruk. Tingkat denotasi yang digunakan yaitu 0,05.

  • Kriteria pengujiannya yaitu:

H0 diterima apabila rhitung
> rtabel, (alat ukur nan digunakan valid atau sahih)

H0 ditolak apabila rstatistik
≤ rtabel. (alat ukur yang digunakan tidak jujur ataupun seremonial)

  • Cara menentukan samudra poin R diagram

R tabulasi = df(N-2), tingkat signifikansi uji dua arah).

Baca :   Cara Membuat Tempat Kerudung Gantung

Misalnya, R tabel = df(13-2, 0,05). Bakal memperoleh biji R grafik sira harus melihat di tabulasi R.

Awalan Mengamalkan Uji Validitas

Nah, sekarang kita sudah masuk ke pembahasan ketiga yaitu pengujian memperalat SPSS. Cak bagi praktek cak bimbingan ini menggunakan SPSS versi 22. Variabel nan akan di uji adalaah variabel Sosialisasi (X1).

Dikarenakan pengujian Legalitas merupakan pengujian yang menguji tiap-tiap item soal variabel maka hanya akan mencontohkan satu variabel saja. Tenang saja, pengujian ini caranya seimbang untuk pengujian variabel independent ataupun variabel dependent.

Pasca- itu, silahkan persiapkan data penelitiannya. Data yang ingin kamu uji. Apabila kamu belum ada data yang hendak di uji, untuk sementara sira bisa menggunakan contoh data dibawah yaa.

Baca juga:
Uji Normalitas
Menggunakan SPSS

Anju-langkah pengujiannya, bagaikan berikut:

  1. Urai aplikasi SPSS. Silahkan atur format yang ada di ‘Variable View’. Sesuaikan dengan tolok data kamu. Contohnya sebagai halnya ini.
valid 1A
Sumur : Dokumentasi Penulis

Terlampau, input data anda di ‘Data View’.

Valid 1B
Sumber : Pengarsipan Penulis

2. Selanjutnya, kita berburu biji kuantitas dari elastis X. Caranya klik menu Transform > Compute Variable.

Valid 2
Sumber : Pengarsipan Panitera

Maka akan muncul kotak dialog. Lalu, lakukan pengisian di kolom Target Variable dan Numeric Expression sama dengan gambar dibawah. Lalu, klik OK.

Valid 2B
Sumur : Dokumentasi Perekam

Lihatlah data puas ‘Data View’ akan terserah penambahan kolom baru yaitu kolom X1total.

Valid 2C
Mata air : Dokumentasi Pencatat

3. Lebih jauh, kita akan mencari nilai R statistik/R hitung. Caranya klik Analyze > Correlate > Bivariate. Maka akan muncul boks dialog.

Valid 3
Perigi : Dokumentasi Perekam

4. Lalu, pindahkan semua item variabel ke kotak ‘Variables’. Sreg ‘Correlation Coefficients’ beri centang sreg ‘Pearson’. Dibawahnya centang ‘Two-Tailed’ dan juga centang ‘Flag Significant Correlation’. Dahulu, klik OK.

Valid 4
Sumber : Dokumentasi Penulis

5. Maka akan muncul hasilnya. Perhatikan pada ruangan ‘Correlations’. Nilai yang akan kita uji adalah nilai pada kolom paling radiks bagian X1total yakni ‘Pearson Correlation’.

Baca :   Kerudung Peach Cocok Dengan Baju Warna Apa
Valid 5
Sumur : Dokumentasi Penulis

Interpretasi Uji Validitas

Terimalah, selanjutnya kita akan menginterpretasikan atau mengklarifikasi hasil pengujian diatas. Dari sini engkau akan memafhumi jawaban berusul hasil pengujian diatas. Yuk, kita menginjak menginterpretasi.

Pertama, kamu harus mencari nilai R tabulasi terlebih dahulu. Sesuai ketentuan df(T-2, 0,05). N adalah jumlah data yang diuji. Bintang sartan, lakukan mencari poin R tabel beliau menggunakan ketentuan :

R tabel = df(13-2, 0,05) = 0,5529

tabel r
Perigi : Pengarsipan Penulis

Kedua,
bandingkan nilai R tabulasi dan R hitung sesuai kriteria pengujian.

X1.1 = 0,781 > 0,552, maka H0 diterima artinya gawai ukur yang digunakan valid atau sahih.

X1.2 = 0,764 > 0,552, maka H0 diterima artinya instrumen ukur yang digunakan kredibel maupun lumrah.

Dan seterusnya…

Ketiga,
mandu bukan selain menggunakan R hitung yaitu melihat tingkat signifikansinya. Apabila tingkat signifikansi item < 0,05 maka alat ukur yang digunakan andal.

Nah, anda waktu ini sudah mengetahui segala arti uji validitas? Bagaimana pengujiannya? Bagaiamana prinsip menginterpretasikan hasil pengujiannya? Semuanya adv minim lebih sudah lalu dijelaskan diatas.

Baca lagi:
Uji Reliabilitas
Menggunakan SPSS

Apabila sira belum memaklumi penjelasan diatas, kamu dapat berdiskusi dengan teman-temanmu, tukar bertukar pikiran, terus mengulang-ngulang praktek apabila gagal, dan lain sebagainya. Sekian penjelasan tentang prinsip uji validitas memperalat SPSS. Spirit Mencoba.


Sumber :

Ghozali,  imam. (2016).
Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Programa IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang : Awak Penerbit-UNDIP

Ghozali, Imam. (2018).
Permintaan Kajian Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Bodi Penerbit-UNDIP

Junaidi. 2010. https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/24/download-tabel-r-lengkap/

Cara Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Spss

Source: https://tambahpinter.com/uji-validitas/

Check Also

Pola Jubah Anak Laki2

Pola Jubah Anak Laki2 Acuan baju jubah anak laki laki – Jikalau kamu mencitacitakan ideal …