Contoh Kualitatif Mutu Ekonomi Negara Pembangunan Ekonomi

Contoh Kualitatif Mutu Ekonomi Negara Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi
merupakan suatu bagian kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan beradanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam susunan ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan ekonomi tak dapat bebas dari
pertumbuhan ekonomi
(economical growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar bagian pembangunan ekonomi.

Ekonomi

Kategori umum

Ekonomi mikro ·
Ekonomi makro
Sejarah pemikiran ekonomi
Metodologi
 ·
Pendekatan heterodoks

Bidang dan subbidang

Behavioral
 ·
Adat
 ·
Evolusi
Pertumbuhan
 ·
Pengembangan
 ·
Sejarah
Internasional ·
Sistem ekonomi
Keuangan
dan
Ekonomi keuangan
Masyarakat
dan
Ekonomi kesejahteraan
Kesehatan
 ·
Buruh
 ·
Manajerial
Usaha dagang/jasa Informasi
 ·
Informasi ·
Game theory
Organisasi Industri
 ·
Hukum
Pertanian
 ·
Sumber daya dunia
Lingkungan ·
Ekologis
Kota ·
Pedesaan
 ·
Daerah
Peta ekonomi

Teknik

Matematika
 ·
Ekonometrika
Eksperimental ·
Neraca nasional

Daftar

Jurnal ·
Publikasi
Kategori ·
Topik ·
Ekonom

Portal.svg
Portal Usaha dagang/jasa dan ekonomi

Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi merupakan bagian kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional
[1]. Suatu negara disebutkan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Beradanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Perbedaan selang keduanya merupakan pertumbuhan ekonomi keberhasilannya bertambah bersifat kuantitatif, yaitu beradanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi bertambah bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam susunan produksi dan alokasi input pada beragam sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Yang belakang sekali pembangunan ekonomi didefinisikan untuk suatu bagian yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.

  • Pembangunan untuk suatu bagian

Pembangunan untuk suatu bagian, berarti bahwapembangunan merupakan suatu tahap yang wajib dijalani olehsetiap masyarakat atau bangsa. Untuk contoh, manusia mulai lahir, tidak langsung menjadi matang, tetapi untuk menjadi matang wajib melintasi tahapan-tahapan pertumbuhan. Demikian pula, setiap bangsa wajib menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju keadaan yang tidak sewenang-wenang, makmur, dan sejahtera.

  • Pembangunan untuk suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita

Untuk suatu usaha, pembangunan merupakan tingkah laku yang dibuat aktif yang wajib dimainkan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat diperlukan peran serta masyarakat, pemerintah, dan seluruh elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasiaktif dalam bagian pembangunan. Hal ini dimainkan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat.

  • Peningkatan pendapatan perkapita wajib berlangsung dalam jangka panjang

Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan mengembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita wajib mengalami kenaikanterus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi musibah bencana dunia ataupunkekacauan politik, maka mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami kemunduran. Namun, keadaan tersebut hanyalah bersifat sementara yang terpenting bagi negara tersebut cara ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.

Daftar pokok

  • 1
    Faktor
  • 2
    Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

    • ii.1
      Pertumbuhan ekonomi
    • two.2
      Pembangunan ekonomi
  • 3
    Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

    • iii.1
      Dampak Positif Pembangunan Ekonomi
    • 3.2
      Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
  • 4
    Referensi

Faktor

Sumber daya dunia yang dipunyai memengaruhi pembangunan ekonomi.

Berada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, namun pada hakikatnya faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.

Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya merupakan sumber daya dunia, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

Sumber daya dunia, yang meliputi tanah dan kekayaan dunia seperti kesuburan tanah, keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat memengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi. Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan diperlukan untuk mengolah bahan mentah dari dunia, menjadi sesuatu yang memiliki nilai bertambah tinggi (disebut juga untuk bagian produksi).

Sumber daya manusia juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional melintasi jumlah dan kualitas penduduk. Jumlah penduduk yang luhur merupakan pasar potensial untuk mempromosikan hasil-hasil produksi, sementara kualitas penduduk menentukan seberapa luhur produktivitas yang berada.

Sementara itu, sumber daya modal diperlukan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

Faktor nonekonomi mencakup keadaan sosial kultur yang berada di masyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang mengembang dan berlangsung.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi

  • Merupakan bagian naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.
  • Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
  • Tidak memperhatikan pertambahan penduduk
  • Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
  • Setiap input dapat memproduksi output yang kebanyakan

Pembangunan ekonomi

  • Merupakan bagian perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita.
  • Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  • Memperhatikan pertambahan penduduk.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
  • Setiap input selain memproduksi output yang kebanyakan juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.

Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi yang berlangsung di suatu negara membawa dampak, baik positif maupun negatif.

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  • Melintasi pembangunan ekonomi, pelaksanaan cara perekonomian akan berlangsung bertambah lancar dan mampu mempercepat bagian pertumbuhan ekonomi.
  • Beradanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang diperlukan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.
  • Terciptanya lapangan pekerjaan dampak beradanya pembangunan ekonomi secara langsung mampu memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
  • Melintasi pembangunan ekonomi dimungkinkan beradanya perubahan susunan perekonomian dari susunan ekonomi agraris menjadi susunan ekonomi industri, sehingga cara ekonomi yang dimainkan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
  • Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mengembang dengan pesat. Dengan demikian, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  • Beradanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan beradanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Industrialisasi mengakibatkan susutnya ajang pertanian.
  • lenyapnya habitat dunia baik hayati atau hewani

Referensi

  1. ^
    Bannock, Graham, R. Eastward. Baxter dan Evan Davis. 2004.
    A Dictionary of Economics. Inggris: Penguin Books Ltd



edunitas.com

Contoh Kualitatif Mutu Ekonomi Negara Pembangunan Ekonomi

Source: https://p2k.unkris.ac.id/id3/3065-2962/Pembangunan-Ekonomi_25046_p2k-unkris.html

Baca :   Kumpulan Judul Skripsi Ekonomi Pembangunan Yang Menarik

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …