Contoh Soal Tentang Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Contoh Soal Tentang Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia


Soal Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
– Halo sobat
Dinas.id, inilah rekomendasi contoh
Soal-soal IPS kelas 7, Vii SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS),
soal Ujian Tengah Semester (UTS)
genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari
Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII
Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.


Rangkuman Materi Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami
ringkasan materi
di bawah ini:

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat terciptanya kebutuhan baru akan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk dapat menjawab permasalahan ini penting bagi seorang sebagai produsen memiliki jiwa wirausaha atau memiliki kepekaan dalam melihat peluang, memanfaatkan kreativitas yang dimiliki dan berinovasi menciptakan produk barang dan jasa baru bagi masyarakat.


Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melihat masalah dan kemudian memikirkan seseuatu yang baru untuk menyelesaikannya.

Kreatifitas dapat menciptakan sebuah inovasi atau penciptaan atau penemuan sesuatu yang baru sebagai hasil penelitian atau eksperimen.

Seorang perintis usaha, pengusaha atau produsen yang sukses akan selalu memiliki kreatifitas, mencoba melakukan inovasi bagi perkembangan dan keberlangsungan perusahaan yang dirintisnya.

Melalui inovasi suatu perusahaan dapat menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif atau mampu mengikuti perkembangan zaman dan perubahan selera konsumen.

Kegiatan inovasi dalam suatu perusahaan dapat dilakukan melalui ; (1) membuat desain dan model yang menarik selera konsumen; (2) menghasilkan barang yang lebih berkualitas; (3) membuat produk yang nyaman dan memberi kepuasan pada konsumen; (4) membuat produk yang mempunyai ciri khas dari produk perusahaan; (v) membuat produk yang memiliki daya guna dan serba guna; (6) menghasilkan produk dengan harga bersaing.

Baca :   Jurnal Potensi Paguyuban Industri Ekonomi Pembangunan

Kewirausahaan adalah proses memahami, mengidentifikasi pemasalahan dalam kehidupan, mencari pemecahannya melalui pengembangan ide inovatif, cara-cara baru dalam mengorganisasi atau memanajemen dan mewujudkannya dalam kenyataan.

Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausaha atau wiraswasta. Keberadaan wirausahawan bagi bangsa Indonesia sangat penting untuk untuk dapat mandiri, mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri dan dapat bersaing dengan negara lain.


Soal Latihan

Oke,
bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!


Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

i. Jelaskan yang dimaksud dengan kreativitas!

two. Sebutkan 5 ciri manusia kreatif!

iii. Jelaskan yang dimaksud dengan kewirausahaan!

four. Sebutkan 5 ciri manusia berjiwa wirausaha!

five. Jelaskan mengapa kreativitas dan kewirausahaan penting dimiliki oleh kita sebagai warga negara Indonesia!


Jawaban dan Pembahasan

ane.→ Pembahasan:
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan seseuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relativ berbeda dengan yang ada sebelumnya. (buku paket kelas 7 halaman 177).

2.→ Pembahasan:

Ciri orang yang kreatif:

  • Bersifat ingin tahu
  • Sering mengajukan pertanyaan baik
  • Banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah
  • Mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu-malu
  • Tidak mudah dipengaruhi orang lain
  • Mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain
  • Mempunyai kebiasaan belajar mandiri
  • Belajar dari kegagalan
  • Belajar dari pengalaman orang lain

three.→ Pembahasan:
Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang baik dalam menjalankan sesuatu. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausaha atau wiraswasta.

4.→ Pembahasan:

Berikut ciri-ciri manusia wirausaha:

  • Mempunyai kepribadian yang kuat, maksudnya ialah manusia yang bermoral tinggi yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memiliki sikap mental seorang wiraswasta, yaitu memiliki kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya, memiliki keyakinan kuat serta kejujuran dan bertanggungjawab.
  • Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan, maksudnya ialah mampu mengenali lingkungan sehingga dapat mendayagunakan secara efisien untuk kepentingan hidupnya.
  • Memiliki keterampilan wiraswasta, yaitu memiliki keterampilan berpikir kreatif, memimpin, manajerial dan bergaul antar manusia.
  • Memiliki kemampuan untuk mencari informasi tentang beberapa hal yang menyebabkan berhasilnya suatu usaha.
Baca :   Penjelasan Penduduk Sebagai Penghambat Pembangunan Ekonomi

v.→ Pembahasan:
Kreativitas dan kewirausahaan penting berada pada diri kita karena dengan adanya kedua sifat tersebut, kita dapat mandiri dalam menciptakan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika masing-masing orang telah memiliki kedua sifat tersebut maka tidak akan ada lagi kemiskinan karena semua dapat memanfaatkan apa yang terdapat pada diri dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Demikian prediksi soal dan jawaban
UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas vii, VII SMP
yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah.

Merdeka Belajar!

Contoh Soal Tentang Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Source: https://dinas.id/soal-peran-kewirausahaan-dalam-membangun-ekonomi-indonesia/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …