Dampak Kekurangan Modal Dalam Pembangunan Ekonomi Dan Cara Mengatasinya

Dampak Kekurangan Modal Dalam Pembangunan Ekonomi Dan Cara Mengatasinya

Lihat Foto

Ilustrasi ekonomi berbagi (sharing economic system)

KOMPAS.com
– Permasalahan ekonomi cukup kompleks, terlebih dalam lingkup ekonomi makro yang harus diimbangi dengan kebijakan pemerintah.

Eeng Ahman dalam buku Ekonomi dan Akuntansi (2007) mengatakan pada negara berkembang terdapat beberapa masalah umum dalam pembangunan ekonomi.

Masalah tersebut berkaitan dengan kemiskinan, kesenjangan ekonomi, dan pengangguran.

Namun seiring dengan perkembangan negara, Indoensia terus menghadapi permasalahan lain di bidang ekonomi.

Permasalahan tersebut antara lain:

Kemiskinan merupakan suatu keadaan ketidakmampuan ekonomi. Sehingga seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok karena pendapatannya rendah.

Baca juga: Hasil Survei Roda Tiga Sebut Masalah Ekonomi Masih Jadi PR Utama Jokowi

Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, yaitu rendahnya pendapatan yang menyebabkan rendahnya daya beli.

Selain itu karena rendahnya pendidikan masyarakat sehingga masyarakat tidak mendapatkan hidup yang layak.

Kemiskinan menjadi masalah utama yang dihadapi pemerintah.

Untuk mengatasinya, beberapa program sudah dilakukan pemerintah, seperti Programme Inpres Desa Tertinggal.

Kelangkaan atau keterbatasan sumber daya merupakan akar permasalahan ekonomi. Kondisi ini pun jadi soal, sebab manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi?

Sumber daya yang langka membatasi kemampuan manusia untuk menghasilkan barang-barang konsumsi dan produksi. Bahkan, kelangkaan sumber daya manusia dan modal bisa membatasi pembangunan ekonomi suatu negara.

Keinginan tak terbatas dan sumber daya terbatas memaksa setiap individu untuk menentukan pilihan dengan bijak terkait keinginan atau kebutuhan mana yang harus dipenuhi. Untuk membuat pilihan, manusia perlu menyeimbangkan manfaat yang diperoleh jika memiliki sesuatu dan biaya yang harus dikeluarkan jika harus mengorbankan sesuatu. Biaya ini disebut biaya peluang.

Mengutip buku “Ekonomi” karya Alam S, dalam menentukan pilihan ada beberapa hal perlu dilakukan, di antaranya:

Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena alternatif tindakan. Konsep biaya peluang adalah sebuah peringatan bahwa jumlah rupiah yang dikeluarkan tidak selalu merupakan biaya yang sesungguhnya.

Ini merupakan teknik yang digunakan untuk membandingkan berbagai biaya dengan manfaat yang diharapkan.

Advertising

Advertising

Suatu kegiatan ekonomi pasti didasari oleh motif-motif tertentu. Sebagai individu, dalam menentukan pilihan yang tepat, hendaknya lebih mempertimbangkan motif yang berasal dari dalam diri masing-masing.

Trade off merupakan situasi di mana seseorang harus membuat keputusan untuk memilih seuatu hal dengan mengorbankan hal lain dengan alasan ekonomis.

Prinsip ekonomi adalah prinsip tindakan dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil sebesar-besarnya, atau tindakan dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil tertentu.

Mengatasi Masalah Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga perusahaan dalam membuat keputusan tentang alokasi sumber daya yang terbatas. Biasanya, ekonomi mikro diterapkan pada perilaku pasar di mana barang atau jasa dibeli atau dijual.

Ekonomi mikro mengarahkan analisisnya pada satuan-satuan ekonomi yang mencakup konsumen, produsen, investor, pekerja, pemilik faktor produksi, dan setiap orang yang turut berperan dalam roda perekonomian.

Kebijakan ekonomi mikro

Dalam melakukan kegiatannya, individu dan rumah tangga perusahaan tentu perlu menetapkan kebijakan yang tepat. Adapun kebijakan yang dibahas dalam ekonomi mikro antara lain sebagai berikut:

  • Menentukan pilihan yang paling tepat untuk mengatasi masalah kelangkaan
Baca :   Keterkaitan Antara Sumber Daya Alam Dan Pembangunan Ekonomi

Individu atau perusahaan harus mengambil kebijakan pilihan mana yang paling tepat untuk mengatasi masalah. Sebelum memilih alternatif tindakan, mereka harus memiliki data yang akurat terlebih dahulu.

  • Bersinergi antara sesama pelaku pasar dan industri untuk membentuk satuan yang lebih besar

Satuan yang lebih besar akan semakin kuat dan menghemat biaya serta memudahkan mencapai tujuan ekonomi.

  • Membentuk kesepakatan di kalangan produsen dan konsumen

Produsen dan konsumen perlu mewujudkan kesepakatan-kesepakatan tertentu. dengan kesepakatan ini, maka persaingan yang tidak perlu dapat dihindari, dan konsumen dapat mengambil langkah-langkah yang menghemat biaya.

  • Menggunakan teknik analisis ekonomi mikro

Teknik analsis berguna untuk menentukan langkah penyelesaian yang paling efisien. Tentunya, dalam menganalisis kasus diperlukan data yang lengkap dan cara analisis yang benar.

  • Pemanfaatan analisis biaya peluang dalam rangka menentukan pilihan

Dalam menetapkan pilihan, perlu membuat analisis biaya peluang. Hal ini merujuk pada suatu pilihan yang tepat dengan mempertimbangkan biaya yang terlihat dan yang tak terlihat.

Dalam ekonomi mikro, ada beberapa asumsi yang dapat digunakna sebagai landasan membuat kebijakan menyangkut keterlibatan dalam pasar, di antaranya:

  • Berusaha memaksimalkan hasil yang dicapai.
  • Melakukan kegiatan atas dasar kelangkaan.
  • Konsumen dan produsen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.

Mengatasi Masalah Ekonomi Makro

Ekonomi makro mempunyai skala perhatian yang lebih luas. Teori ini lahir dari upaya untuk menerangkan depresi besar yang terjadi pada 1930-an. Teori ini mulai berkembang ketika seorang ahli ekonomi dari Universitas Cambridge, J.G. Keynes, meluncurkan buku “The General Theory of Employment, Involvement and Money” pada 1937.

Ekonomi makro mempelajari bagaimana mekanisme perekonomian secara keseluruhan bekerja, serta kekuatan-kekuatan dan kecenderungan-kecenderungan yang mempengaruhi.

Cabang ilmu ekonomi ini mencakup struktur, kinerja, perilaku, dan pengambilan keputusan ekonomi secara keseluruahn dalam perekonomian regional, nasional, dan global.

Adapun variabel yang dipelajari, yaitu variabel ekonomi agregatif, seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, tabungan, investasi nasional, suku bunga, jumlah uang yang beredar, neracara pembayaran, perdagangan internasional, dan keuangan internasional.

Kebijakan ekonomi makro

Langkah-langkah kebijakan ekonomi makro suatu negara ditentukan oleh tujuan yang ingin dicapai. Sasaran setiap kebijakan ekonomi adalah untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang sedang terjadi.

  • Menstabilkan neraca pembayaran dan kurs valuta asing

Neraca pembayaran merupakan suatu pembukuan yang menggambarkan aliran pembayaran yang dilakukan dari dalam negeri ke negara-negara lain dan dari negara lain ke dalam negeri.

Nercaya pembayaran yang defisit menunjukan pembayaran ke luar negeri melebihi penerimaan dari luar negeri dan impor yang berlebihan. Hal ini bisa menimbulkan ketidakstabilan ekonomi suatu negara, salah satu akibatnya adalah meningkatnya kurs valutas asing.

Kurs valuta asing sering diartikan sebagai banyaknya nilai mata uang suatu negara yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan satu unit nilai uang asing. Jika nilai tukar kurs mata uang bergerak tajam dan berubah-ubah, kondisi ekonomi akan sulit diprediksi.

  • Mengusahakan pertumbuhan ekonomi
Baca :   Pembangunan Infrastruktur Yang Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu akumulasi modal, pertumbuhan penduduk dan tenaga kerja, serta perkembangan teknologi.

  • Mencapai penggunaan tenaga kerja tanpa inflasi

Apabila perekonomian dapat mencapai penggunaan tenaga kerja penuh tanpa inflasi, dengan sendirinya tujuan-tujuan lain akan tercapai.

  • Menghindari masalah inflasi

Inflasi merupakan gejala ekonomi yang dapat merugikan perekonomian. Gejala ini disebabkan beberapa hal seperti permintaan barang dan jasa yang berlebihan, jumlah uang yang dicetak terlalu banyak, dan kenaikan biaya produksi.

  • Menstabilkan kegiatan ekonomi

Kestabilan kegiatan ekonomi antara lain dicirikan oleh kestabilan harga, penggunaan tenaga kerja penuh, dan keseimbangan antara kegiatan ekspor dan impor.

Apa saja cara mengatasi kekurangan modal? Masalah kekurangan modal ini sering dihadapi oleh para pelaku usaha saat mendirikan atau membangun perusahaan. Tak jarang ada yang sampai membatalkan mendirikan perusahaan karena kurangnya modal. Untuk itu, kenali cara mengatasi kekurangan modal. Berikut ini ulasannya

Jenis Modal Berdasarkan Sumber Modal

Berdasarkan sumber modal, modal terdiri dari dua jenis, yaitu modal internal dan modal external.

Modal internal adalah modal yang diperoleh dari perusahaan itu sendiri, bisanya dari laba perusahaan atau hasil penjualan.

Selain itu, modal jenis ini sifatnya terbatas dan sulit mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, pelaku usaha membutuhkan modal eksternal untuk tambahan modal.

Modal eksternal merupakan modal yang berasal dari luar perusahaan. Selain itu, jenis modal ini yang bersifat tak terbatas dan menjadi pilihan pelaku usaha di saat modal internal tidak mencukupi.

Jenis Modal Berdasarkan Bentuk

Jenis modal ini terdapat dua jenis, yaitu modal konkret (aktif) dan modal abstrak (pasif).

Jenis modal konkret ini merupakan modal aktif yang mana dapat Anda lihat atau berwujud. Contohnya, modal berupa uang, bahan baku, tempat usaha, gudang, mesin dan sarana dan prasarana lainnya.

Kemudian, modal abstrak merupakan modal yang tidak terlihat atau tidak berwujud. Contohnya modal ini adalah

skill

tenaga kerja, hak cipta, pendirian perusahaan dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kekurangan Modal

Berikut ini cara mengatasi kekurangan modal, antara lain:

Cara yang jitu untuk memperoleh modal adalah dengan mencari investor. Nah, untuk mendapatkan investor, maka Anda harus mengajukan proposal terlebih dahulu.

Proposal ini tentunya harus memuat prospek kedepannya bila investor menanamkan modal ke perusahaan Anda agar investor tertarik. Selain prospek, berikan juga

added value

dari perusahaan yang Anda bangun untuk membedakan perusahaan Anda dengan yang lain. Bila perlu, berikan laporan keuangan yang baik agar investor menilai adanya perencanaan usaha yang jelas dan transparan.

Selain memberikan modal usaha, investor biasanya juga akan terlibat dalam mengambil keputusan penting dalam bisnis Anda.

Untuk perusahaan

startup
, Anda bisa mencari pendanaan dari investor melalui

venture capital letter

dengan 5 jenis pendanaan. Ketahui lebih detail

apa itu

venture capital
?

Di Indonesia, ada banyak ajang lomba usaha rintisan (
startup).

Di lomba ini, Anda harus berkompetisi dengan pengusaha lainnya.

Apa itu

startup
?

Startup

adalah

perusahaan rintisan yang baru beroperasi dan berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk menemukan pasar dan mengembangkan produknya.

Baca :   Teori Mill Mengenai Pembangunan Ekonomi

Selain itu, perusahaan
startup
menggunakan website atau aplikasi dalam menjalankan usahanya serta berhubungan dengan konsumen. Dengan kata lain, mengacu pada bisnis berbasis teknologi digital.

Selanjutnya, cara mengatasi kekurangan modal adalah dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan. Pelatihan ini biasanya diadakan oleh komunitas, lembaga perbankan atau lembaga pemerintah.

Untuk mengetahui

update

terbaru tentang pelatihan kewirausahaan, Anda bisa bergabung dengan komunitas usaha, yang biasanya sering mendapatkan informasi tentang pelatihan kewirausahaan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, modal yang didapat bisa berupa

soft skill
,

networking

atau pun modal usaha.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

Lembaga permodalan yang difasilitasi pemerintah di antaranya Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP). Di lembaga ini, pelaku usaha mendapatkan berbagai pelatihan, antara lain bidang produksi, pemasaran, manajemen maupun modal usaha. Permodalan ini bisa berupa dana bergulir, hibah, pinjaman subsidi bunga, modal ventura serta jenis permodalan lainnya.

Cara lain adalah dengan memakai tabungan sendiri. Cara ini sering dilakukan oleh karyawan yang baru membuka usaha. Biasanya mereka menyisihkan gaji mereka sebagai tabungan modal usaha. Namun, agar dana terkumpul memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, butuh kesabaran dan ketekunan.

Menggunakan tabungan sendiri memang cara yang aman karena tidak perlu meminjam ke pihak lain. Namun, terkadang modal tersebut tidak mencukupi sehingga harus mencari dari pihak luar.

Modal dari rekan bisnis ini bisa menjadi pilihan. Teman, saudara rekan kerja Anda yang memiliki minat atau profesi yang bisa dapat menjadi rekan bisnis yang cocok.

Walaupun modal dari orang-orang terdekat Anda, tetap lakukan secara profesional agar sistem kepemilikan jelas dan kelangsungan perusahaan kedepannya. Hal ini juga ada kaitannya dengan jenis badan usaha yang akan Anda jalankan, apakah berbentuk Perusahaan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV), Firma maupun Persekutuan Perdata. Ketahui kelebihan dan kekurangan firma apa saja!

Beberapa model bisnis yang menerapkan sistem modal dari konsumen, antara lain sistem

pre order, dropshiper, reseller,

dan jasa titip. Cara ini sangat cocok bagi pelaku usaha yang sangat minim permodalan atau sama sekali tidak mempunyai modal.

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, pertimbangkan dengan matang apakah cara ini merupakan jalan terakhir atau masih ada jalan lain. Hal ini karena meminjam uang ke bank atau nonbank memiliki risiko yang tinggi di kemudian hari.

Penting untuk mengetahui jenis badan usaha yang dipilih. Bila berbentuk PT, maka adanya pemisahan harta pribadi dan harta perusahaan. Sedangkan bila berbentuk CV, tanggung jawab sekutu aktif sampai meliputi harta pribadi (
unlimited liability)

sampai meliputi harta pribadi.

Itulah beberapa cara mengatasi kekurangan modal. Sebelum memutuskan mengambil dari pihak eksternal, pertimbangkan dari aspek legal. Bila Anda ingin mendirikan perusahaan, baik berbentuk PT, CV, Firma, persekutuan perdata atau membutuhkan perizinan usaha, Greenish Permit melalui jasa pendirian perusahaan siap membantu bersama tim profesional.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

Author: Uswatun Hasanah

Dampak Kekurangan Modal Dalam Pembangunan Ekonomi Dan Cara Mengatasinya

Source: https://apamaksud.com/apakah-dampak-dari-kekurangan-modal-dalam-pembangunan-ekonomi-dan-bagaimana-cara-mengatasinya

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …