Dampak Negatif Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Dampak Negatif Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi


Source: https://news.detik.com/kolom/d-5153243/arah-pembangunan-infrastruktur-pada-masa-pandemi

Pembangunan infrastruktur akhir-akhir ini mulai sangat diperhatikan dan sedang banyak dilakukan. Mulai dari pembangunan jalan, gedung,


warehouse

, dan lain-lain. Contoh konkrit nya seperti pembangunan


Jakarta



International Stadium


dan sirkuit


Formula Due east


.


Pembangunan infrastruktur ini dilakukan untuk mendukung perekonomian Republic of indonesia terutama masa pandemi seperti sekarang. Indonesia harus membangkitkan ekonominya kembali. Akan tetapi, Pembangunan infrastruktur tidak hanya dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga harus memperhatikan dampak dari keberlangsungannya terhadap kelestarian lingkungan. Pembangunan infrastruktur dapat memberikan efek berlipat terhadap perkembangan suatu wilayah, penciptaan kesempatan kerja baru dan nilai tambah industri, oleh karena itu pembangunan infrastruktur merupakan kunci terhadap pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara. Efek akibat pembangunan tersebut juga beragam, ada yang positif maupun negatif.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu cara yang dibuat oleh pemerintah sebagai cara untuk memperluas pembangunan ekonomi yang ada di Republic of indonesia. namun masih banyak oknum-oknum yang masih tidak terlalu peduli dengan pengertian kelestarian lingkungan demi mementingkan pertumbuhan ekonomi. berdasarkan survei yang ada pembangunan infrastruktur di Indonesia masih sangat minim kesadarannya untuk mempertimbangkan lagi kelestarian lingkungannya. kerusakan akibat perluasan infrastruktur berakibat pada hutan dan perbukitan, gempa,kebakaran hutan, erosi tanah, dan akan membuat satwa yang ada di hutan bermigrasi ke pemukiman penduduk (Baderi , 2018).

Pembangunan Infrastruktur tidak hanya memiliki dampak negatif namun juga memiliki dampak positif dalam membawa perubahan terhadap kondisi ekonomi di daerah sekitarnya. Salah satunya seperti  penyerapan tenaga kerja lokal sebagai cara untuk mengatasi pengangguran daerah (Fatimah dan Kurnia, 2008). Selain itu, dampak positif nya ada dari pengembangan sistem telekomunikasi karena ini akan memudahkan untuk sebagian besar data telekomunikasi yang relatif akan lebih mudah untuk diakses. Dampak positif dari adanya pengembangan telekomunikasi juga akan mempengaruhi pada pertumbuhan PDB dan juga produktivitas tenaga kerja yang meningkat. Selain itu, dampak positif lainnya adalah meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Misalnya seperti pembangunan Djakarta International Stadium. selain digunakan untuk kegiatan olahraga yang dapat membuat lahan, Jakarta International Stadium juga dapat menjadi sarana untuk pertunjukan langsung dan dapat meningkatkan pariwisata di daerah tersebut sehingga bisnis seperti hotel maupun pengusaha lainnya yang menjual makanan, minuman, dan juga aksesoris mendapatkan manfaat positif yaitu membuka lahan pekerjaan. Untuk menjaga dampak negatif pembangunan infrastruktur pada lingkungan, pelaksanaan pembangunan harus berupaya meminimalisir atau menghindari dampak negatif terhadap lingkungan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan adalah dengan melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan sesuai dengan Standard Operation Process (SOP) yang berlaku, Melakukan analisis perkiraan terhadap risiko yang akan terjadi sehingga dapat meminimalisir dan menghindari risiko tersebut. Selain itu, pembangunan infrastruktur harus disetujui warga sekitar. Hal ini sangat penting bagaimana diketahui bahwa tidak sedikit warga yang memprotes aksi pembangunan gedung maupun jalan. Banyak masyarakat merasa bahwa mereka digusur dan tidak diberikan tempat tinggal yang baru. Selain itu, beberapa dari masyarakat tersebut jika pindah ke tempat lain, mereka khawatir tidak mendapatkan lapangan pekerjaan.

Baca :   Kebijakan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Singkatnya, mengingat fakta yang ada di lapangan bahwa negara Indonesia belum mengoptimalkan pembangunan infrastrukturnya secara merata. Namun, tetap saja, pembangunan infrastruktur ini pengaruhnya akan dapat dirasakan oleh negara Indonesia. Walaupun memang akan ada dampak negatif yang timbul tapi dampak positif nya jauh lebih signifikan, terlebih jika mengingat akses ke infrastruktur fisik tidak hanya akan mendorong pada pertumbuhan PDB saja, melainkan juga kepada keuntungan sosial. Akan tetapi, Pembangunan Infrastruktur yang baik pastinya akan mengurangi dampak negatif agar tidak ada masyarakat atau daerah yang dikambing hitamkan.



Referensi:

  • Baderi, F. (2018, July 18).


    Kerusakan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Infrastruktur



    | Neraca.co.id


    . Harian Ekonomi Neraca. Retrieved July 20, 2022, from

    https://world wide web.neraca.co.id/commodity/103568/kerusakan-lingkungan-hidup-dan-pembangunan-infrastruktur
  • Estache, A., & Garsous, Yard. (2012). The Impact of Infrastructure on Growth in Developing Countries.

    IFC Economic science Notes

    ,

    1

    .

  • Fatimah, Soja   Siti   dan   Kurnia. (2008). Perangkat        Perkuliahan        Kimia Industri. Jurusan pendidikan Kimia. Bandung:    Universitas    Pendidikan  Indonesia.

  • Pratama, A. (2020, December 12).


    Pembangunan JIS Bawa Dampak Positif Bagi Sektor Ekonomi di Tanjung Priok

    . MerahPutih. Retrieved July twenty, 2022, from

    https://merahputih.com/post/read/pembangunan-jis-bawa-dampak-positif-bagi-sektor-ekonomi-di-tanjung-priok


  • Presiden Tegaskan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur



    – Kemenkeu


    . (2022, Apr 14). Kementerian Keuangan. Retrieved July 20, 2022, from

    https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/presiden-tegaskan-pentingnya-pembangunan-infrastruktur/

Dampak Negatif Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Source: https://student-activity.binus.ac.id/tfi/2022/07/dampak-pembangunan-infrastruktur-terhadap-lingkungan/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …