Ekonomi Dan Studi Pembangunan Universitas Negeri Malang

Ekonomi Dan Studi Pembangunan Universitas Negeri Malang

Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang

Gedung D Fakultas Ekonomi UM

Nama sebelumnya

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)
Jenis Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Didirikan 3 November 2000
Dekan Dr. Cipto Wardoyo , S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA
Jumlah mahasiswa 5.349 Mahasiswa
Lokasi

Kota Malang

,

Jawa Timur

,

Republic of indonesia

Kampus Urban
Alamat Jl. Semarang 5 Malang 65145
Nama julukan Atomic number 26 UM
Situs spider web http://fe.um.ac.id/
Informasi Umum
Jenjang S1, S2, S3
Wakil Dekan
  • Dr. Agus Hermawan , GradDipMgt., K.Si, MBus
  • Dr. Hj Puji Handayati , S.E.Ak, M.Thousand., CA, CMA
  • Dr. Hadi Sumarsono , South.T., M.Si
Ketua Jurusan
  • Dr. Ely Siswanto , S.Sos, Thousand.Thou. (Kajur Manajemen)
  • Dr. Satia Nur Maharani , S.E.,Chiliad.SA.,Ak (Kajur Akuntansi)
  • Dr. Imam Mukhlis , S.E., One thousand.Si (Kajur Ekonomi Pembangunan)
Jalur Masuk SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri
Program Studi
  • Programme Studi S1 Pendidikan Tata Niaga
  • Programme Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Program Studi S1 Manajemen
  • Programme Studi D3 Manajemen Pemasaran
  • Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
  • Program Studi S2 Manajemen
  • Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
  • Programme Studi S1 Akuntansi
  • Program Studi S2 Akuntansi
  • Programme Studi D3 Akuntansi
  • Program Profesi Akuntansi (Ak)
  • Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
  • Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Program Studi S2 Ilmu Ekonomi
  • Programme Studi S2 Pendidikan Ekonomi
  • Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
adalah salah satu fakultas di Universitas Negeri Malang .
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
atau disingkat
FE UM
didirikan pada Tanggal 3 November 2000. Iron UM memiliki visi sebagai fakultas yang unggul dalam mencetak kader bangsa yang kreatif, memiliki daya saing, dan peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan, serta menjadi rujukan pengembangan bidang pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi

Sejarah

Keberadaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) tidak lepas dari sejarah kelahiran IKIP MALANG yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Malang (UM). UM berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, Prof. Mr. Muhammad Yamin pada 18 Oktober 1954, dengan surat keputusan Nomor 38742/Kab, tanggal 18 Oktober 1954. Saat itu PTPG memiliki 5 jurusan, satu diantaranya adalah Jurusan Ilmu Ekonomi.

Baca :   Ekonomi Pembangunan Era Orde Baru

Perubahan status yang mendasar ini memberikan konsekuensi pembentukan fakultas-fakultas di dalamnya. Hasil reorganisasi, IKIP MALANG memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). FKIS memiliki iv departemen (jurusan), dimana satu di antaranya adalah Departemen Pendidikan Ekonomi yang terbagi ke dalam Sub Departemen Pendidikan Ekonomi Umum dan Sub Departemen Pendidikan Tata Perusahaan. Pada tahun 1966, departemen (jurusan) Pendidikan Ekonomi dipecah menjadi dua jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Tata Perusahaan. Jurusan ini sepenuhnya mengacu pada kurikulum yang ada di Fakultas Ekonomi dan kebutuhan lapangan.

Pada tahun 1979-1982 Jurusan Tata Perusahaan disebut juga Jurusan Pendidikan Bisnis. Selanjutnya pada tahun 1982 nama dan istilah fakultas yang ada diadakan penyesuaian secara nasional, FKIS berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Satu di antara jurusan yang ada adalah Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU). Jurusan PDU ini merupakan gabungan dari dua jurusan, yaitu Ekonomi Umum dan Pendidikan Bisnis. Mulai tahun 1984, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) ini mempunyai plan studi, yaitu: (1) Program Studi Pendidikan Koperasi Diploma 3 dan S1; (two) Program Studi Pendidikan Akuntansi Diploma Three dan S1; (3) Program Studi Pendidikan Tata Niaga Diploma III dan S1; (4) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Diploma Three dan S1; dan (5) Program Studi Pendidikan Keterampilan Jasa Diploma Two dan Diploma III. Sejak tahun 1990 Program Studi Pendidikan Keterampilan Jasa tidak menerima mahasiswa baru, sehingga Jurusan PDU hanya mempunyai empat program studi, yaitu: S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi (EKOP); S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi (AKT); S1 Pendidikan Tataniaga (TTN); dan S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (ADP).

Baca :   Dampak Negatif Dan Dampak Positif Dari Pembangunan Ekonomi

Sejak tahun 1996 berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 246/DIKTI/Kep/1996 tanggal eleven Juli 1996 jurusan PDU berubah menjadi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi memiliki 4 konsentrasi yaitu; Konsentrasi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi (KOP), Konsentrasi Pendidikan Akuntansi (AKT), Konsentrasi Pendidikan Tata Niaga (TTN) dan Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran (ADP).

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tentang Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, IKIP MALANG berubah menjadi Universitas Negeri Malang dengan singkatan (UM), lulusan dari program studi tersebut bergelar akademik Sarjana Ekonomi disingkat S.E. Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud RI, Nomor 336/DIKTI/Kep/1999 tanggal 12 Juli 1999, tentang Penyelenggaraan Programme Studi Non Kependidikan Diploma Akuntansi dan Manajemen Pemasaran pada FPIPS IKIP MALANG, telah diselenggarakan Programme Studi Non Kependidikan Akuntansi dan Manajemen Pemasaran untuk tingkat Diploma III (D-Iii). Lulusan dari program studi ini diberikan sebutan Profesional Ahli Madya disingkat A.Medico.

Perubahan Program Studi Pendidikan Ekonomi didasarkan pada SK Dirjen Dikti Nomor 1791/D/T/2005 tanggal 25 Mei 2005. Semula terdapat empat konsentrasi pada program studi tersebut, yaitu: Pendidikan Ekonomi konsentrasi Koperasi, Pendidikan Ekonomi konsentrasi Tataniaga, Pendidikan Ekonomi konsentrasi Administrasi Perkantoran, dan Pendidikan Ekonomi konsentrasi Akuntansi. Atas dasar SK tersebut, dilakukan pemisahan untuk keempat program studi tersebut. Sehingga, pada saat ini di FE UM terdapat empat Programme Studi kependidikan, yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi, Plan Studi Pendidikan Tataniaga, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Plan Studi Pendidikan Akuntansi.

Keberadaan FE UM semakin kuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 14 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang (OTK UM), dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 170/U/2000, tanggal 21 September 2000 tentang Statuta Universitas Negeri Malang, dimana Atomic number 26 adalah salah satu dari lima fakultas yang ada di lingkungan UM dengan tiga jurusan: Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan (SK Dirjen Dikti Nomor 143/DIKTI/Kep/2000 tanggal 12 Mei 2000 tentang Jenis dan Jumlah Jurusan pada Fakultas di Lingkungan UM Pasal 5).

Baca :   Peran Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Negara

Untuk melengkapi organisasi telah diangkat melalui SK Rektor, Pimpinan Fakultas Ekonomi terdiri dari Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan. Pelantikan pimpinan fakultas tersebut di atas telah dilaksanakan Rektor Universitas Negeri Malang pada tanggal 3 Nopember 2000, sehingga sejak itu lengkaplah unsur-unsur organisasi Fakultas Ekonomi. Selanjutnya berdasar keputusan rapat Senat Fakultas Ekonomi UM, tanggal 3 Nopember 2000 ditetapkan sebagai hari jadi Fakultas Ekonomi UM.

Menindaklanjuti SK Dirjen Dikti tersebut diterbitkan SK Rektor UM Nomor 2423/Kep/PT28.H/U/2000 tgl 16 Agustus 2000 tentang daftar fakultas, jurusan dan plan studi di lingkungan UM. Diikuti dengan diterbitkannya SK Dirjen Dikti Nomor: 4857/D/T/2004 tentang penyelenggaraan Programme Studi Akuntansi (S1) dan SK Dirjen Dikti Nomor: 3144/D/T/2005 tentang penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1).

Sekarang

Perkembangan selanjutnya pada tahun 2011 berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 303/Eastward/O/2011, tanggal 21 Desember 2011, Fakultas Ekonomi memperoleh mandat untuk menyelenggarakan program studi Magister Pendidikan Bisnis dan Manajemen, tahun 2012 berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 62/E/O/2012, tanggal ane Maret 2012 memperoleh mandat untuk menyelenggarakan programme studi Magister Pendidikan Bisnis dan Manajemen, dan pada tahun 2014 berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi memperoleh mandat untuk menyelenggarakan program studi Magister Akuntansi dan program studi Magister Ilmu Ekonomi. Saat ini FE mengelola 3 jurusan dengan seven program studi S1; 2 plan studi D3; 4 plan studi S2; 1 plan studi S3 dan 1 Profesi Akuntansi. Saat ini FE memiliki sekitar 5.349 mahasiswa yang diampu oleh 94 orang dosen dengan kualifikasi 42 orang bergelar doktor (S3); 49 orang master/magister (S2) serta three orang guru besar. Operasional kegiatan administratif Fe didukung oleh 39 orang pelaksana administrasi teknisi dan laboran 3 orang.

Pranala luar

  • Website resmi



Ekonomi Dan Studi Pembangunan Universitas Negeri Malang

Source: https://profilpelajar.com/Fakultas_Ekonomi_Universitas_Negeri_Malang

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …