Ekonomi Pembangunan Kerja Jadi Apa

Ekonomi Pembangunan Kerja Jadi Apa

Selain akuntansi, salah satu jurusan ekonomi yang juga diminati adalah ekonomi pembangunan. Alasannya sama dengan jurusan akuntansi karena prospek kerjanya cukup luas dengan gaji yang tinggi.

Jadi, kamu yang ingin mengambil jurusan ekonomi pembangunan tidak perlu khawatir tentang karier. Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan ekonomi pembangunan yang akan membuatmu semakin yakin dengan jurusan ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!

1. Staf Pengembangan dan Penelitian

Jika kamu suka dengan pekerjaan yang berbau penelitian, maka profesi ini cocok untukmu. Dimana hasil dari kerjamu akan dipakai untuk tujuan jangka panjang suatu perusahaan. Dana yang perusahaan berikan akan digunakan untuk memastikan standar kualitas, apakah sudah tercapai atau masih perlu ditingkatkan.

Jadi, setiap hari kamu bersama tim akan melakukan serangkaian perkembangan demi kemajuan perusahaan. Tak heran kalau perusahaan berani membayarmu dengan gaji yang lumayan. Untuk


fresh graduate


biasanya digaji antara Rp 5-vi juta per bulan.

2.
Business organization Analyst




Kamu mungkin mengira profesi ini milik para lulusan manajemen, tapi nyatanya tidak. Tugasmu disini untuk melakukan sejumlah analisis, terutama terhadap perilaku konsumen dalam membeli barang. Hasil dari analisis ini akan digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas perusahaan.

Akan ada lima tahapan yang dilakukan saat bekerja, yaitu inisiasi, perencanaan, pelaksanaan,


monitoring,


dan membuat laporan. Gaji yang ditawarkan antara Rp4-12 juta per bulan.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Ini 5 Prospek Kerja K3 yang Menjanjikan

iii.
Credit Annotator



Jika tertarik dengan aktivitas yang berhubungan dengan analis laporan keuangan dan inventaris perusahaan, kamu bisa melirik profesi ini. Kamu juga akan menilai sekaligus membuat pedoman tentang kelayakan kredit untuk nasabah yang ingin meminjam dalam jumlah besar. Jangan sampai merugikan perusahaan, ya!

Sekilas, kinerjanya kelihatan rumit, tapi aktualisasinya sangat menyenangkan, lho! Kamu akan mendapatkan ilmu tentang kredit yang banyak. Ditambah dengan gaji yang diterima berkisar Rp6-eight juta per bulan.

Baca :   Teori Pembangunan Ekonomi Menurut Imam Al Ghazali

iv. Aktuaris

Para lulusan ekonomi pembangunan juga bisa melirik profesi yang satu ini, yaitu aktuaris. Tugasnya adalah membuat rancangan tentang produk asuransi serta premi yang polis bayarkan, menetapkan status keuangan, dan melakukan proyeksi terhadap keuangan perusahaan dalam jangka pendek, menengah, serta panjang.

Profesi ini cukup diminati apalagi kebutuhan asuransi semakin meningkat di era modern. Perusahaan pun sering membuka lowongan pekerjaan untuk profesi ini dengan kisaran gaji Rp4-7 juta per bulan.

five. Pegawai Instansi Pemerintahan

Bagi yang dari dulu ingin bekerja di instansi pemerintah atau daerah, bisa banget melirik jurusan ekonomi pembangunan. Pasalnya, kesempatan untuk berkarier di instansi pemerintah terbuka lebar. Tentunya dengan ruang lingkup pekerjaan seputar membuat perencanaan terbaik yang akan diimplementasikan bagi pembangunan secara nasional.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk membuat kebijakan dan melakukan analisis terkait pertumbuhan ekonomi. Yang tak kalah menarik dari profesi ini adalah masa depan yang cerah. Untuk gajinya sekitar Rp3-half dozen juta per bulan.

Baca Juga: Ini Dia Prospek Karir Jurusan Keuangan dan Perbankan

6. Pegawai Bank

Tertarik dengan tempat kerja yang tertata rapi, bersih, dan nyaman? Kamu bisa mendaftar jadi salah satu pegawai depository financial institution, baik milik pemerintah maupun swasta. Bukan menjadi


forepart office,


tapi


back office


bahkan kalau sudah berpengalaman bisa dipromosikan ke posisi


supervisor


atau manajer.

Beberapa lowongan kerja pegawai bank yang sering dibuka adalah


account officer, funding officer,


auditor, banker saham, dan


sales


di lembaga keuangan. Untuk besar gajinya, kamu tidak perlu tanyakan. Ada di kisaran iv-7 juta per bulan untuk


fresh graduate


dengan sejumlah bonus yang menggiurkan.

seven. Juru Taksir

Jika kamu suka menaksir harga untuk suatu properti atau aset berharga lainnya, jadilah seorang juru taksir. Selain menaksir harga barang, kamu juga bertugas untuk menganalisis penjualan, melakukan perhitungan, strukturisasi, dan studi pasar secara berkala. Tujuannya agar harga yang ditetapkan tidak melenceng dari nilai pasar, jadi perusahaan maupun klien tidak dirugikan.

Sebelum menjadi seorang juru taksir berkompeten yang bisa mengesahkan nilai suatu aset, kamu harus melakukan sejumlah pelatihan terlebih dahulu. Namun, per bulannya tetap digaji di kisaran angka Rp5-vii juta.

Baca :   Isu Pembangunan Ekonomi Di Bali Word

8. Dosen

Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan terakhir adalah seorang dosen. Profesi yang mulia, cocok untuk kamu yang punya bakat mengajar. Tugas dan tanggung jawabnya sama persis seperti dosen yang mengajar di bangku kuliah dulu.

Dosen juga memiliki jenjang karier, yang akan dinilai dari golongan berdasarkan pendidikan, jumlah penelitian, dan lama mengajar. Gajinya cukup bervariasi sesuai dengan jam terbang dosen itu sendiri. Dalam satu bulan setidaknya bisa digaji Rp6-8 juta.

Pilihlah Profesi yang Disenangi

Profesi untuk lulusan ekonomi pembangunan sangat beragam. Pilihannya ada pada kamu sendiri. Agar kamu tidak menyesali profesimu nanti, sebaiknya pilih satu yang paling diminati, jadi mengerjakannya pun semangat.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

Ekonomi Pembangunan Kerja Jadi Apa

Source: https://www.cermati.com/artikel/8-prospek-kerja-untuk-lulusan-ekonomi-pembangunan

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …