Kelezatan daging dan telur butuh puyuh memang tidak boleh dilewatkan begitu belaka. Inilah nan mewujudkan bisnis kuliner kalam tersebut cukup berkembang dan laku. Untuk mendapatkan daging dan telur unggas ini, para pedagang lalapan rata-rata membelinya serempak di pasar ataupun di peternak, dengan harga tergantung dari varietas dan usianya.

Burung pikau adalah salah satu komoditas unggas yang semakin populer di Tanah Air. Selain bisa dimakan dagingnya, pelir puyuh pula diambil telurnya. Telur burung pikau sendiri yaitu salah satu bulan-bulanan pangan kedua setelah telur ayam jantan nan sering dikonsumsi. Tanda burung puyuh lainnya terletak plong kaidah pemeliharaan yang tidak jarang dengan tingkat produksi telur yang janjang, serta punya ki akal tahan tubuh yang tinggi terhadap ki kesulitan.[1]

Burung puyuh di peternakan (sumber: romadecade.org)

Dilansir dari Indonesia.go.id, pertanyaan diversifikasi, terdapat bilang jenis penis puyuh, dan sekurang-kurangnya terserah empat jenis yang tersebar di dunia, adalah puyuh jepang, puyuh alai-belai, puyuh gonggong jawa, dan bobwhite. Idiosinkratis di Indonesia, umumnya berjenis gonggong jawa dengan dandan variasi garis dan totol. Namun, banyak juga peternak penis pikau di Indonesia yang menggunakan titit pikau jepang. Karena berbeda dengan variasi puyuh lainnya, burung puyuh jepang mampu menghasilkan selingkung 300 telur tiap-tiap tahun dengan bobot telur sekitar 10 gram per butirnya.

Masih berpangkal referensi yang setimbang, pada dasarnya, kontol puyuh memakan biji-bijian, sekadar juga sering ditemui burung puyuh memakan serangga dan mangsa tidak nan berukuran kecil. Burung puyuh lebih banyak nyawa di permukaan persil, bertenaga buat lari, dan terbang dengan kederasan tinggi sungguhpun dengan jarak pampasan yang pendek. Khusus ceceh pikau jepang, dikatakan mampu kusut dengan jarak yang lebih jauh dibanding diversifikasi puyuh lainnya.

Baca :   Harga Minyak Burung Kakak Tua

Prinsip Beternak Burung Puyuh

  • Pilih jenis puyuh nan ingin Dia ternakkan, apakah pedaging maupun petelur. Jika Anda ingin budidaya puyuh petelur, Anda memerlukan DOQ jantan dan betina. Sementara itu, kalau Anda ingin ternak puyuh pedaging, Anda bisa memilih salah satu di antaranya.
  • Jika Anda ingin keduanya, Dia membutuhkan DOQ nekat dan betina. Ia bisa memanen hasil telurnya dan menjualnya. Setelah butuh pikau mengalami penurunan produksi telur atau sudah bukan bisa bertelur, Anda dapat menjadikannya sebagai puyuh pedaging.
  • Pilihlah konsentrat pelir puyuh yang ukurannya seragam/sama dengan bobot minimal okta- gram dan bergerak abilah. Selain itu, pastikan DOQ enggak sedikit alias ngilu dan mempunyai mata yang cerah atau tak berair.
  • Kandang yang baik untuk piaraan pikau merupakan kreatif di bangunan yang bentuknya memanjang dengan ukuran 25 m x 4 m x 2,5 m. Di kerumahtanggaan gedung, buat kandang aki dengan ukuran 120 cm x 60 cm x 180 cm dengan kapasitas 100 ekor puyuh. Setiap kandang harus dilengkapi lampu, kabel, dan saklar.
  • Sebagai tips supaya ceceh puyuh Ia lebih sehat dan tidak mudah terserang kebobrokan, sebelum DOQ dimasukkan, semprot kandang dengan cairan desinfektan. Selain itu, usahakan Dia pelahap menerangkan kandangnya, minimal dua kali sehari.
  • Cara memberikan pakan puyuh hampir setinggi dengan ketika Anda beternak ayam jago. Frekuensi pemberian pakan didasarkan pada hayat bibit. Pada arwah starter atau anakan, pakan diberikan sebanyak dua sebatas tiga kali sehari, darurat buat titit puyuh dewasa, bisa diberi makan sebanyak satu hingga dua siapa sehari.
  • Berikan pakan konsentrat/pelet nan mengandung protein semenjana setakat panjang dengan dosis sekeliling 20% sampai 25%. Ini bertujuan agar burung pikau mendapatkan nutrisi yang transendental dan bisa bertelur dengan cepat.
  • Selain itu, Beliau bisa memberikan pakan alami, seperti dedak, bungkil, iwak rucah, bubuk ikan, dan potongan sayur. Cak agar DOQ tetap abilah dan tidak mudah sakit, Kamu juga perlu mengasihkan gizi dan antibiotik yang kebanyakan dicampur dengan peranakan maupun air minumnya.
  • Momen zakar pikau memasuki pergantian fase, seperti bersumber grower ke layer, sebaiknya Anda mengganti jenis pakannya secara bertahap. Pilihlah pakan yang mengandung lebih banyak protein bakal meningkatkan kapasitas telur sekaligus membukit sulit bodi puyuh.
  • Takdirnya Anda menemukan kalam puyuh yang sakit ataupun terserang virus, sebaiknya dikeluarkan berusul kandang dan diisolasi cak bagi diberikan terapi khusus. Ini supaya penyakit tidak menular ke DOQ lainnya.
Baca :   Gamis Anak Aini Terbaru 2019
Ilustrasi: Burung Puyuh (credit: poultryparade)
Ilustrasi: Butuh Puyuh (credit: poultryparade)

Harga Burung Puyuh

Versi Burung Puyuh Harga
Bibit Burung Puyuh Blaster 1 – 5 Waktu Rp3.200 saban ekor
Pati Burung Pikau Peksi 1 – 5 Tahun Rp3.300 masing-masing ekor
Ekstrak Burung Puyuh Autumn 1 – 5 Tahun Rp3.500 tiap-tiap ekor
Burung Pikau Petelur Betina Rente Rp7.000 – Rp8.500 per ekor
Titit Puyuh Potong Afkiran Rp10.000 (1 – 9 ekor)
Burung Puyuh Pejantan Dewasa Rp15.000 tiap-tiap ekor
Burung Puyuh Petelur Lebah ratulebah Dewasa Rp16.500 – Rp25.000 per ekor

Harga burung puyuh di atas kami rangkum dari bermacam-macam sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online internal kawasan. Wajib Anda ingat bahwa harga unggas ini tidak mengikat dan dapat berubah bertepatan-periode. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, konsentrat burung puyuh dijual dengan harga tiba Rp1.000 per ekor kerjakan varian lokal dan Rp3.300 untuk versi autumn.

[Update: Panca]

[1]
Maknun, Lukluil, Sri Kismiati, Isna Mangisah. 2015. Performans Produksi Burung Pikau (Coturnix Coturnix japonica) dengan Perlakuan Bubuk Limbah Penetasan Telur Puyuh. Jurnal Hobatan-Ilmu Peternakan, Vol. 25(3): 53-58.