Hima Ekonomi Pembangunan Fe Unnes

Hima Ekonomi Pembangunan Fe Unnes

 Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi UNNES yang telah memiliki Akreditasi A. Jurusan Ekonomi Pembangunan merupakan plan studi terbaik di UNNES dilihat dari berbagai aspek penilaian yang memiliki peminat tinggi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Untuk memberikan pelayanan dan pengajaran kepada mahasiswa, Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki kualitas SDM pengajar yang sangat baik dan sangat berkompeten serta adanya kolaborasi pengajaran dengan pihak praktisi. Sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu teori tetapi juga terapannya. Dalam pengajarannya Jurusan Ekonomi Pembangunan menerapkan kurikulum berbasis KKNI  sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi dan mengacu pada visimisi UNNES. Penyusunan kurikulum pada Jurusan Ekonomi Pembangunan  juga telah disesuaikan dengan permintaan dunia kerja dan ditinjau secara berkala selama 4 tahun sekali berdasar masukan dari stakeholder dan juga alumni. Sehingga alumni Jurusan Ekonomi Pembangunan mampu bersaing dalam dunia kerja.

     Dalam mendukung pencapaian visi misi UNNES yaitu menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional, Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki beberapa kelas internasional dan programme joint degree. Dalam spesifikasinya,Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki beberapa konsentrasi yaitu, ekonomimoneter, ekonomipublik, ekonomi regional, ekonomi pertanian dan ekonomi sumberdaya.

           Dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa, Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, ruang kelas yang sejuk dan nyaman serta dilengkapi dengan kelengkapan dan peralatan pengajaran yang modern, adanya perpustakaan yang lengkap, memiliki tiga laboratorium : laboratorium analisis information, laboratorium kajian ekonomi dan BI Corner yang didirikan atas kerjasama dengan Bank Indonesia, memiliki gedung mod yang dilengkapi fasilitas wi-fi di setiap sudutnya yang mensupport kegiatan mahasiswa dalam pengembangan akademik.

Baca :   Peranan Jalan Tol Laut Terhadap Pembangunan Ekonomi Indonesia

               Sebagai upaya pengembangan spesifikasi ilmu, Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki beberapa pusat kajian yang berfungsi melakukan pengembangan ilmu secara spesifik melaluikegiatan-kegiatan ilmiah yaitu melalui pusat kajian ekonomi moneter, ekonomi publik, ekonomi regional, ekonomi pertanian dan ekonomi sumberdaya. Sebagai institusi pengembangan akademik, Jurusan Ekonomi Pembangunan juga memiliki media publikasi berupa tiga buah jurnal ilmiah yang sudah memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional dan internasional. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, Jurusan Ekonomi pembangunan dirasa sangat mampu untuk menciptakan dan mencetak sarjana-sarjana ekonomi yang berkualitas dan berdayasaing.



Deskripsi Singkat Prodi

Jurusan Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu Jurusan pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang bertujuan menghasilkan Sarjana Ekonomi dengan penguasaan ilmu ekonomi dan studi pembangunan yang bermutu, memiliki kemampuan akademik, professional person, beretika, jujur dan bertanggung jawab. Lulusan JurusanS-1 Ekonomi Pembangunan harus pula mampu mengkaji dan menganalisis teori-teori ekonomi, seperti ekonomi moneter, internasional, sumber daya alam, sumber daya manusia, sektor publik dan pertanian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta sustainable evolution sesuai dengan keahliannya dengan menerapkan dan mengaplikasikan metode kualitatif dan metode kuantitatif dalam analisis ekonomi serta menerapkan alat-alat dalam Teori Ekonomi Mikro dan Makro untuk penyelesaian masalah ekonomi.


Ijin Prodi


Surat Ijin Penyelenggaraan Program Studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 2304/D/T/2001


Akreditasi


Akreditasi A (Amat Baik) berdasarkan SK BAN PT No . 5799/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/9/2020




Gelar Lulusan


Sarjana Ekonomi (S.Eastward)
Peluang Kerja Lulusan


Setelah lulus dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, Semua mahasiswa memiliki peluang bekerja Sebagai Perencana pembangunan, Peneliti dan konsultan kebijakan pembangunan, Pengembang potensi wilayah , Peneliti , Perencana , Analis dan Konsultan Kebijakan Publik, Perencana pada lembaga keuangan, Analis dan peneliti Kebijakan Moneter , Peneliti dan Konsultan bisnis dan industri, Peneliti pada bidang pertanian dan agribisnis,  perencana bidang pertanian instansi pemerintah atau swasta, Perencana SDM / HRD, Peneliti pada bidang ketenagakerjaan dan kependudukan, serta Entrepreneur.
Unggulan Prodi


Jurusan Ekonomi memiliki Kelompok Kajian Ekonomi & Bisnis (K2EB) merupakan salah satu kegiatan akademik dibawah Laboratorium Ekonomi Pembangunan. K2EB selain untuk mendukung dan mewujudkan sebuah masyarakat akademis (academic society) sekaligus sebagai wadah bagi akademisi dan peneliti Jurusan Ekonomi Pembangunan   berkontribusi pada lingkungan dan masyakarat terutama dalam pengembangan ekonomi dan bisnis dan Jurusan EP meraih pendanaan dari IDB untuk penyusunan Kurikulum Internasional.

Baca :   Mengapa Pertumbuhan Ekonomi Akan Meningkatkan Pembangunan Ekonomi

Hima Ekonomi Pembangunan Fe Unnes

Source: https://ep.unnes.ac.id/web/Profil/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …