Ketenagakerjaan Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi

Ketenagakerjaan Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi

        karya penulis tulis Yuk mulai #hidupdariKARYA
      



Chord | Judul

1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   Yard   Fifty   K   N   O   P   Q   R   Southward   T   U   V   Westward   X   Y


Tau
ga
masalah ketenagakerjaan di Republic of indonesia dan dampak terhadap perekonomian?

Salam #MasBro #MbakBro
Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.

Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Dampak Terhadap Perekonomian

Masalah ketenagakerjaan diatur dalam Undang-Undang Nomor : xiii Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dengan unsur pentingnya adalah Tenaga Kerja. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (2) Undang-Undang Nomor : 13 Tahun 2003, yang disebut dengan tenaga kerja adalah : setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Permasalahan

Indonesia termasuk negara dengan tingkat penduduk yang cukup tinggi. Sayangnya, tidak semua penduduk masuk ke dalam kelompok tenaga kerja. Berbagai lapangan pekerjaan terbuka setiap waktu di seluruh Indonesia, tapi pencari pekerjaan jauh lebih banyak dibandingkan kuota yang tersedia. Tingkat pengangguran yang tinggi juga membuat semakin dibutuhkannya lapangan kerja.

i. Mutu Tenaga Kerja yang Relatif Rendah

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya mutu tenaga kerja di Indonesia adalah tingkat pendidikan. Karena rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan tenaga kerja Indonesia minim dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi. Akibatnya, jumlah hasil produksi yang dihasilkan rendah sedangkan biaya produksi tinggi. Meskipun ada beberapa orang yang tingkat pendidikan rendah, namun dia bisa menyeimbangkan kemampuan dan keahliannya dengan mereka yang sarjana. Hal itu bisa karena faktor kerja keras, dimana mereka yang pendidikannya rendah akan berusaha sekuat tenaga untuk belajar berbagai hal agar pengetahuan dan keahliannya meningkat, bisa dengan belajar otodidak atau mengikuti kursus.

Baca :   Peran Manajemen Tataniaga Pertanian Dalam Pembangunan Ekonomi
two. Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata

Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Dampak Terhadap Perekonomian

Persebaran tenaga kerja yang gak merata juga menjadi masalah. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara, di daerah lain yang wilayahnya lebih luas masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Akibatnya, di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran. Sementara, di daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal. Jadi, ada ketidakseimbangan antara daerah yang satu dengan daerah lainnya.


Baca Juga

1. Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia
2. Wisata Republic of indonesia yang
Mirip
dengan Luar Negeri

iii. Ketersediaan Lapangan Kerja dan Kelebihan Tenaga Kerja

Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Dampak Terhadap Perekonomian

Pada hasil sensus penduduk 2020 di atas, bahwa terjadi peningkatan penduduk sebesar 32,56 juta jiwa dibandingkan dengan sensus penduduk tahun 2010. Naiknya jumlah penduduk tersebut menyebabkan terjadinya kenaikan permintaan akan lapangan kerja. ercepatan pertumbuhan penduduk tidak sejalan dengan percepatan pertumbuhan lapangan pekerjaan. Tentu saja hal itu membuat ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Hal tersebut semakin diperparah dengan banyaknya tenaga kerja yang di PHK (pemutusan hubungan kerja). Sehingga semakin meningkatnya jumlah pengangguran.

Kelebihan tenaga kerja juga bisa menjadi masalah. Jumlah penduduk yang besar akan menghasilkan angkatan kerja yang besar juga. Angkatan kerja yang besar jika bisa dimanfaatkan dengan baik pasti dapat meningkatkan kegiatan perekonomian, sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera dan pendapatan nasional meningkat. Kelebihan tenaga kerja dapat menyebabkan pasar kerja kurang berkualitas, sehingga produktivitas tenaga kerja juga rendah.

Dampak Masalah Ketenagakerjaan terhadap Perekonomian

Masalah ketenagakerjaan dapat timbul karena beberapa faktor seperti pendidikan, kesempatan kerja maupun pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah. Akibatnya banyak orang yang tidak punya pekerjaan atau pengangguran. Pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang tidak bekerja dan tidak mempunyai pekerjaan. Sedangkan Pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang bekerja tidak optimum sebab kelebihan tenaga kerja.

Baca :   Makalah Tentang Ekonomi Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi

Gimanamenurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng
bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?

Silahkan
daftar
untuk mulai menulis.

Mari #HIDUPdariKARYA

Mau tanya? klik
kekitaan.com/mauNULIS


Terimakasih



canva.com
dibuka pukul 19:l WIB pada Hari Rabu tanggal 02 Juni 2021



Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Dampak Terhadap Perekonomian, Mutu kerja yang rendah, Pesebaran tenaga kerja yang tidak merata, Ketersediaan lapangan kerja, Kelebihan tenaga kerja, Dampak Ketenagakerjaan, Masalah Ketenagakerjaan
,

Ketenagakerjaan Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi

Source: https://tulisin.kekitaan.com/masalah-dan-dampak-ketenagakerjaan-pada-perekonomian/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …