Kontribusi Teknologi Smartphone Terhadap Pembangunan Ekonomi

Kontribusi Teknologi Smartphone Terhadap Pembangunan Ekonomi



BUKANMAEN.COM

– Peran IPTEK atau Teknologi dalam kehidupan bermasyarakat umumnya selalu ditujukan pada pemenuhan kebutuhan manusia. Salah satunya yaitu dalam hal
pengaruh teknologi bagi pembangunan ekonomi.

Peran Teknologi dalam Perkembangan Kegiatan Ekonomi

IPTEK merupakan aspek yang harus senantiasa dilibatkan di dalam upaya pembangunan bangsa demi terwujudnya peradaban manusia yang lebih maju.

Berkat adanya kemajuan teknologi atau IPTEK, segala aspek yang berhubungan dengan kehidupan manusia termasuk kegiatan ekonomi juga turut mengalami transformasi.

Seperti yang tertulis dalam Real Colegio Complutense Harvard University,
pengaruh teknologi bagi pembangunan ekonomi
yakni, IPTEK mampu menjadi pendorong utama dalam perkembangan sektor ekonomi milik suatu daerah.

Hal tersebut dikarenakan, IPTEK bisa menunjang 3 kegiatan utama dalam sektor perekonomian yakni meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
adalah dapat mendorong terciptanya sebuah inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berkat adanya efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sektor perekonomian itu sendiri.

Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Perekonomian Republic of indonesia

Secara umum, dunia ini telah mengalami kemajuan yang pesat dalam mengembang berbagai jenis aspek
dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam sektor ekonomi, IPTEK juga memiliki perannya sendiri dalam menciptakan sebuah kemajuan seperti yang telah Anda rasakan saat ini.

Jika diuraikan menurut jenis kegiatan utamanya (produksi, distribusi, dan konsumsi), perkembangan ekonomi yang dihasilkan dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini meliputi,

1.   Produksi

Jika dulu pada saat bumi ini masih berada di era purba, kegiatan produksi makanan umumnya masih didominasi dari mengandalkan ketersediaan alam.

Pada zaman dahulu, manusia sering melakukan perburuan untuk mendapatkan makanan untuk kemudian dimasak dengan api dan alat-alat sederhana.

Baca :   Mengapa Suatu Negara Perlu Melakukan Pembangunan Ekonomi

Proses produksi makanan menggunakan cara tersebut memang bisa menghasilkan, namun tidak bisa digunakan untuk membuat makanan dalam jumlah besar dan waktu cepat.

Atas dasar kebutuhan inilah yang membuat manusia tergerak dan ingin menciptakan inovasi yang dapat memproduksi makanan dalam jumlah besar dan waktu yang singkat. Pola kemajuan berpikir seperti tak akan berjalan dengan baik jika tidak dibarengi dengan campur tangan IPTEK.

Selain makanan, peran IPTEK juga telah menciptakan berbagai kemajuan dalam produksi jenis produk yang lain seperti
fashion,
transportasi, dan peralatan canggih yang menunjang kebutuhan informasi dan
komunikasi.

Singkatnya, jika tak melibatkan IPTEK, manusia tak akan bisa membuat perubahan semasif ini dalam mendukung produksi barang yang diperlukan oleh manusia. Mesin-mesin yang dihasilkan pun jadi lebih besar kapasitasnya, efektifitasnya, tingkat presisi, dan keefisienannya.

two.   Distribusi

Setelah seluruh produk selesai diproduksi, kegiatan ekonomi selanjutnya adalah mendistribusikannya semua barang kepada para konsumen.

Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, kegiatan distribusi barang belum bisa menggunakan armada cepat seperti zaman sekarang.

Dalam aspek distribusi barangpun, peran alat komunikasi juga memiliki andil besar untuk mendukung segala prosesnya.

Jika ditanya,
mengapa teknologi komunikasi dan informasi selalu mengalami perkembangan? Salah satu jawabannya adalah untuk mendukung proses distribusi dalam kegiatan ekonomi. Jika proses pendistribusian barangnya lancar, roda perekonomian pun juga akan ikut berjalan lancar.

Contohnya, Anda sedang ingin membeli produk kecantikan yang diproduksi di Korea. Berkat kemajuan IPTEK, Anda kini bisa melakukan transaksi lintas negara sesuka hati karena sudah tersedia armada pengiriman yang melayani distribusi antar negara.

Begitu pula dengan pelaku bisnis yang ingin menjualkan produknya ke luar negeri. Berkat teknologi dan transportasi yang mumpuni, kegiatan ekspor impor juga sudah bisa dilakukan dengan cepat dan menguntungkan.

Baca :   Uraikan Tujuan Dari Pembangunan Ekonomi

3.   Konsumsi

Berkat IPTEK, Anda kini sudah bisa melakukan pembelian sepuas hati tanpa harus datang langsung ke pedagangnya langsung. Anda hanya perlu memiliki gawai dan akses internet yang baik untuk bisa mewujudkan gaya berbelanja mod secara online.

Berkat
pengaruh teknologi bagi pembangunan ekonomi, Anda juga bisa mencari barang apa saja dengan sangat praktis dengan bantuan media situs web dan aplikasi. Betapa besarnya peran IPTEK dalam memoles aspek kehidupan ini. IPTEK benar-benar sudah membuat dunia menjadi lebih baik untuk ditinggali.

Kontribusi Teknologi Smartphone Terhadap Pembangunan Ekonomi

Source: https://www.bukanmaen.com/pengaruh-teknologi-bagi-pembangunan-ekonomi/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …