Kreasi Dari Manik Manik

Apa itu manik-manik?

Pasca- sekian lama menekuni dunia permanikan, akhirnya saya mencapai sebuah konklusi bahwa: manik-manik adalah semua jenis benda yang n kepunyaan terowongan bikin tempat masuknya benang/telegram, kerjakan kemudian boleh dirangkai menjadi aksesoris/peristiwa lain yang sifatnya dekoratif.
Nan dimaksud benda disini pun cukup beragam, yakni yang alami misalnya : gawang, kerang, batu, kapling liat/tanah pekat, gading, tulang dabat. Dan yang sintetis rata-rata terbuat dari : besi, plastik, resin, kain, plano dan yang minimum populer merupakan kaca.

Bakal manik-manik yang menggunakan mangsa baku terbit pan-ji-panji, biasanya pada proses pembuatannya lebih banyak melibatkan unsur manusia. Tiba pecah proses mengolah mangsa mentah, membentuk desain sebatas akhirnya memperindah tampilan merjan ( menambahkan pahatan maupun menghaluskan permukaan manik-manik tsb)
Provisional manik-manik sintetis umumnya diolah makanya pabrik, yang hanya melibatkan turunan lega proses desain, sekadar pengerjaannya banyak dilakukan oleh mesin. Pelecok satu pabrik/perusahaan manik-manik terbesar di dunia dapat ditemukan di Austria (swarovski) Ceko (preciosa) dan yang menguasai nyaris selurus pasar permanikan di dunia adalah manik-manik buatan berbunga China.

mutiara sintetis

Secara garis osean pengguna manik-manik terbagi menjadi dua keramaian

1. Desain dulu, baru Manik-Maniknya

Beberapa sosok mendesain aksesoris/karyanya terlebih suntuk, untuk kemudian berburu manik yang sesuai dengan desain nan telah dibuat tersebut. Cara ini tidak salah, namun kondisi ini mewujudkan saringan jenis manik yang bisa digunakan menjadi sedikit. Yang lebih parah kadang proses pengerjaan karya menjadi lambat, karena manik-manik nan diidamkan tidak juga berhasil ditemukan =D Anak adam-orang pada kerumunan pertama lazimnya n kepunyaan konsep desain yang luar stereotip.

2. Cari manik yang unik, mentah kemudian menentukan desain.

Keramaian yang kedua justru sebaliknya, mereka biasanya lebih lagi mendahulukan proses berburu manik-maniknya. Kemudian dengan target yang ada, barulah menentukan desain yang cocok u manik-manik tersebut. Kerubungan kedua kebanyakan mendesain aksesorisnya lebih sederhana, agar keunikan dari manik-manik yang dipakai tak tertutupi maka dari itu desain.
Sehingga saya membuat sebuah rumus tertinggal, kalau kita memiliki manik yang lazim maupun masuk dalam kategori varietas yang mudah ditemukan… tonjolkan lah desain aksesoris tersebut. Namun sebaliknya, jangan pilih desain yang berlebih ruwet/rumit plong manik-manik yang sudah elok dan unik, jadikan desain belaka laksana penunjang keanggunan manik-manik tersebut.

Baca :   Contoh Surat Pemberitahuan Pensiun Karyawan Swasta

Bagaimana Membuat Manik-Manik

Dengan definisi sederhana bahwa manik-manik merupakan semua benda yang mempunyai lubang dan dapat dibuat menjadi aksesoris atau sesuatu nan berbentuk dekoratif, senyatanya kaidah primitif mewujudkan manik-manik adalah dengan membuat lubang plong benda yang kita inginkan. Misalnya lega gangguan, moluska/mutu, tiang atau biji-bijian. Yang perlu diperhatikan adalah, benda-benda ini memiliki tingkat kekerasan yang farik-beda, sehingga dibutuhkan radas khusus untuk melakukannya. Mata Jarum/Bor yang digunakan bakal menggali batu tentunya farik dengan yang digunakan untuk melubangi mutiara nan sifatnya bertambah sabar.

Semata-mata demikian ada sejumlah macam manik-manik yang dapat kita untuk sendiri di rumah secara mandiri, Misalnya :

1. Manik berbahan bawah Polymer Clay

cara membuat manik diversifikasi ini membutuhkan ketelitian dan ketelatenan asing biasa. Secara sederhana langkahnya seperti membuat kreasi dari playdough atau malam, kemudian di serah liang pada babak tengahnya agar bisa dilewati manik-manik dengan mudah =D Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat pada link berikut ini http://www.instructables.com/id/How-to-Make-Polymer-Clay-Beads/

2. Manik dengan incaran lumrah kertas daur ulang

Kertas juga bisa dijadikan bahan terdahulu untuk mewujudkan manik-manik. Saya pulang ingatan ketika kecil pernah mempraktekkannya bersama guru seni budaya/PKK di sekolah saya. Caranya primitif, buat bubuyr plano dari bahan kertas koran, remas-mengepal/bentuks esuai kamil nan kita inginkan, serah lubang di tengahnya, silam kemudian kita warnai sesuai selera. Pron bila dewasa saya menemukan bahwa pengusahaan kertas daur ulang misal bahan baku akan menghasilkan manik yang lebih unik. Ancang-anju pembuatannya dapat dipelajari kembali melalui link berikut ini  http://www.wikihow.com/Make-Paper-Beads

3. Manik bermula perca kain

Kain sekali lagi bisa lho dijadikan manik-manik, nan plaing trend belakangan ini adalah merjan yang menggunakan kain menggambar/tenun sebagai bahan baku utamanya. Hasil akhirnya akan snagat etnik dan terlihat unik. Kaidah membuatnya bisa dipelajari pecah trik Tiara Aksa yang ditulis oleh Esther dan Lydia berikut ini
buku-manik-manik

Baca :   Baju Pendamping Pengantin Orang Tua

4. Manik Kaca/Glassbead

Dbandingkan jenis manik yang lainnya, proses pembuatan manik beling membutuhkan keahlian yang khusus dan biaya nan lain murah. Di Indonesia, Desa Gudo di Jombang populer sebagai sentra pembuatan manik kaca, nan hasil produksinya sudah di ekspor ke manca negara. Secara tercecer, proses pembuatan manik kaca ini melalui proses pemanasan, sebatas kaca menggermang di master tertentu, buat kemudian di warnai dan di panaskan. Adv amat kemudian didinginkan hingga membeku. Langkah pembuatan merjan beling dapat dilihat pada link berikut ini http://www.crazywomanglass.com/HowTo.html

Kreasi Dari Manik Manik

Source: https://koleksikikie.com/manik-manik-mengenal-ragam-dan-jenisnya/

Check Also

Model Gamis Lengan Rempel

Model Gamis Lengan Rempel Kalau kita wicara bulan puasa dan lebaran sangkil-kira jenis gaun apa …