Manfaat Pasar Modal Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Manfaat Pasar Modal Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia


Reading Fourth dimension:

4
minutes

Pasar modal adalah tempat pertemuan antara pemasok saham dan pihak yang membutuhkan. Pemasok saham bisa berupa bank atau investor. Sedangkan pihak yang membutuhkan adalah mereka yang mencari modal untuk berbagai keperluan, termasuk pemerintahan, bisnis, hingga pribadi. Apa manfaat pasar modal bagi investor, emiten, pemerintah? Temukan info selengkapnya di sini!

Baca juga: Perbedaan Investasi dan Trading, Pilih yang Mana?

v Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

Pasar modal adalah tempat yang menguntungkan bagi para investor. Berikut beberapa manfaat pasar modal bagi investor.

Wahana untuk Menabung

Berinvestasi pada saham yang terdaftar di pasar modal membuat investor dapat mengembangkan budaya menabung, terlebih karena investasi dapat dilakukan dalam jumlah kecil.

Sumber Pendapatan

Berinvestasi di pasar saham bisa menjadi sumber penghasilan, jika dilakukan secara tepat. Beberapa perusahaan akan mendistribusikan turn a profit kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Tidak jarang pendapatan yang didapat dari saham yang tercatat di pasar modal nilainya lebih tinggi dari bunga yang diperoleh dari sektor perbankan.

Aset yang hanya disimpan di bank cenderung tetap nilainya. Sedangkan jika diinvestasikan ke saham yang terdaftar di pasar modal, tentu ada peluang bertamba nilanya.

Baca :   Pengertian Pembangunan Ekonomi Yang Tepat Adalah

Perlu diingat bahwa berinvestasi saham hasilnya tidak bisa didapat dengan cepat. Jadi perlu waktu untuk bisa merasakan perkembangan aset dalam jumlah yang signifikan. Pilihlah saham yang aman dan investasikan jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial dan target investasi kamu.

Bisa Menjadi Jaminan

Beberapa bank menerima sekuritas sebagai jaminan ketika seseorang akan melakukan pinjaman.

Mudah Cair

Saham yang terdaftar di pasar modal relatif cepat diubah menjadi uang tunai. Namun tentunya investor tetap harus memastikan bahwa harga jual saham memang lebih tinggi dibandingkan harga beli saham agar bisa memperoleh keuntungan.

Baca juga: Karakteristik Investasi Pasar Modal, Emas, Obligasi, Reksadana, dan Cryptocurrency

5 Manfaat Pasar Modal Bagi Pemerintah

manfaat pasar modal bagi pemerintah

Selain investor, pasa modal juga bisa memberikan manfaat bagi pemerintah. Manfaat pasar modal bagi pemerintah adalah sebagai berikut.

Pendapatan Pajak Lebih Tinggi

Dengan adanya pasar modal, pemerintah sangat diuntungkan dari segi pajak. Keuntungan atau turn a profit dari pembelian dan penjualan sekuritas di pasar modal biasanya akan dikenakan pajak oleh pemerintah.

Menjual Obligasi

Lewat pasar modal, pemerintah bisa menjual obligasi atau surat utang. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi pemerintah. Obligasi sendiri sebenarnya bisa diterbitkan oleh pemerintah atau lembaga lainnya. Obligasi pemerintah cenderung lebih dipercaya, bahkan sering disebut sebagai obligasi bebas risiko.

Menciptakan Lapangan Kerja

Dengan adanya pasar modal, maka kondisi perekonomian suatu negara secara umum akan meningkat, serta mendorong tumbuhnya lapangan pekerjaan. Alasannya adalah karena masyarakat bisa menjadi investor maupun pelaku pasar, sehingga dengan sendirinya lapangan kerja bisa tercipta untuk berbagai lapisan masyarakat.

Mendorong Pembangunan Ekonomi di Pusat dan Daerah

Lewat pasar modal, investor dan pencari dana bisa bertemu. Pihak yang membutuhkan dana untuk usahanya bisa mendapatkan pendaan di pasar modal. Dengan begitu, ekonomi bisa lebih berkembang karena banyak pengusaha yang terbantu. Pembangunan ekonomi pun jadi lebih merata, tidak hanya di pusat tapi juga di daerah. Secara umum, pasar modal membuat aktivitas perekonomian melaju lebih cepat.

Baca :   Jelaskan Dampak Positif Dan Negatif Dari Pembangunan Ekonomi

Memberantas Kemiskinan

Adanya pasar modal membuat aktivitas ekonomi negara menjadi lebih menggeliat. Masyarakat bisa berusaha sendiri untuk mendapatkan modal untuk bisnisnya, yang tentunya akan membantu perkembangan bisnis mereka dan bahkan memberantas kemiskinan meski secara tidak langsung.

Baca juga: Perbedaan Investasi Permanen dan Not-Permanen, Wajib Tau!

5 Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Selain itu, ada pihak lain yang diuntungkan dari pasar modal, yaitu emiten. Emiten adalah perusahaan yang menjual saham. Bisa dibilang, emiten adalah yang memungkinkan terjadinya aktivitas di pasar modal.

Tanpa adanya perusahaan yang menjual saham, tentu tidak ada modal yang diputar. Investor dan pemerintah tidak bisa mendapat manfaat dari pasar modal. Namun, tentunya emiten juga memperoleh manfaat dari pasar modal, di antaranya:

Perputaran Modal di Emiten

Adanya investor dan pihak yang membutuhkan modal tentunya akan membuat adanya perputaran modal. Sistemnya kurang lebih serupa dengan perbankan dan nasabah mereka.

Menjadi Sumber Pendapatan Emiten

Biasanya emiten akan mengenakan sejumlah biaya untuk proses jual beli sekuritas, yang nantinya akan menjadi sumber keuntungan dan tambahan modal bagi bisnis mereka.

Lapangan Kerja Meningkat

Makin aktif pergerakan di pasar modal, semakin besar pula dana yang akan didapat emiten. Dengan begitu, perusahaan pun bisa membangun bisnis yang lebih luas lagi. Bukan tak mungkin bila akhirnya perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak.

Memungkinkan Kerja Sama dengan Pihak Asing

Jangkauan pasar yang ditangani emiten sangat mungkin meluas karena adanya tambahan modal. Dari yang tadinya hanya menangani bisnis lokal, kini bisa semakin memperluas kerjasama dengan pihak asing.

Mendapat Kepercayaan Lebih dari Publik

Emiten yang banyak diincar investor biasanya merupakan perusahaan yang dipercaya kualitasnya. Dengan modal yang bertambah, jika dimanfaatkan dengan tepat, lingkup usaha bisa berkembang. Bila sampai menjalin kerja sama dengan pihak asing, ini akan semakin menambah rasa percaya publik. Dari sini, citra perusahaan semakin positif, dan minat investor di pasar modal pun bisa meningkat.

Baca :   Contoh Power Point Tetang Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Itulah 15 manfaat pasar modal bagi investor, emiten, pemerintah. Selain pasar modal, pasar crypto juga sedang menarik minat masyarakat luas termasuk Republic of indonesia, nih!

Per Desember 2021 lalu, jumlah investor
crypto
bahkan telah mencapai 11 juta orang dan melampaui jumlah investor pasar modal. Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi
crypto
namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi investasi
crypto
yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Adam Hayes. Majuscule Markets. Diakses 30 Mei 2022

Capital Market Authority. What are the benefits of investing within the Capital letter Market?. Diakses 30 Mei 2022

Manfaat Pasar Modal Bagi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Source: https://pintu.co.id/blog/manfaat-pasar-modal-bagi-investor-emiten-pemerintah

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …