Pembangunan Ekonomi Baru Berdasarkan Gerakan Benteng Dilakukan Melalui

Pembangunan Ekonomi Baru Berdasarkan Gerakan Benteng Dilakukan Melalui

KOMPAS.com
– Sistem ekonomi gerakan benteng adalah program ekonomi yang dijalankan saat Indonesia masih menganut sistem parlementer, tepatnya di era Kabinet Natsir. tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi gerakan benteng adalah memberikan kredit lunak untuk pengusaha pribumi.

Yang menjadi tujuan programme ekonomi gerakan benteng adalah membina para pengusaha bumiputra agar bisa bersaing atau sejajar dengan para pengusaha dari kalangan Tionghoa.

Selain itu, tujuan dilaksanakan program sistem ekonomi gerakan benteng adalah sebagai upaya pemerintah untuk melakukan pemulihan perekonomian saat itu.

Saat itu, perekonomian Indonesia tidak stabil setelah Belanda hengkang dari Tanah Air. Belum lagi, Indonesia harus menanggung utang Hindia Belanda sesuai dengan kesepakatan Konferensi Meja Bundar.

Baca juga: Bukan BI atau BNI, Ini Depository financial institution Pertama yang Didirikan di Republic of indonesia

Indonesia juga masih dilanda konflik berkepanjangan. Pasca agresi militer Belanda, pemerintah dihadapkan dengan beberapa pemberontakan di dalam negeri.

Gerakan Benteng berlangsung selama tiga tahun (1950-1953) dan berakhir setelah Kabinet Natsir tak lagi berkuasa. Pencetus dari gerakan ekonomi benteng adalah Soemitro Djojohadikusumo.

Soemitro Djojohadikusumo sebagai salah satu ahli ekonomi Republic of indonesia berpendapat bahwa pembangunan ekonomi Republic of indonesia pada hakikatnya adalah mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi sistem ekonomi nasional.

Tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi gerakan benteng adalah tentulah memberikan kemudahan bagi pengusaha pribumi dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Mengapa Pemerintah Hindia Belanda Melaksanakan Tanam Paksa?

Dalam aspek lainnya, yang menjadi tujuan programme ekonomi gerakan benteng adalah untuk melindungi para pengusaha pribumi dari persaingan pengusaha non pribumi.

Gerakan Benteng terdiri dari dua kebijakan. Pertama, Gerakan Benteng mengistimewakan importir pribumi. Importir pribumi diberi kewenangan impor khusus.

Baca :   Makalah Pembangunan Ekonomi Regional Indonesia


YURINDA HIDAYAT
Tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi gerakan benteng adalah membantu pengusaha pribumi mendapatkan modal, selain itu yang menjadi tujuan plan ekonomi gerakan benteng adalah pengusaha bumiputra bisa bersaing dengan pengusaha keturunan.

Selain itu, mereka juga menerima jatah devisa dengan kurs murah. Kedua, kebijakan ekonomi dilakukan dengan pemberian kredit modal pada pengusaha yang selama ini sulit memperoleh pinjaman dari lembaga pendanaan seperti bank.

Lewat Gerakan Benteng, pemerintah memilih pengusaha-pengusaha pribumi yang akan menerima bantuan. Para pengusaha yang dinamakan importir Benteng ini telah lulus sejumlah persyaratan di antaranya:

  • Merupakan importir baru
  • Berbentuk badan hukum, perseroan terbatas, atau kongsi
  • Memiliki modal kerja minimal sebesar Rp 100.000
  • Modal kerja sekurang-kurangnya lxx persen berasal dari bangsa Indonesia asli (pribumi) atau golongan ekonomi lemah
  • Memiliki kantor untuk pegawai dan tenaga kerja

Baca juga: Apa Jenis Uang Tunai yang Dipakai Masyarakat Majapahit Dulu?

Programme Benteng dinilai gagal karena salah sasaran. Banyak pengusaha bumiputra yang menjual lisensi impor yang diberikan oleh pemerintah kepada para pengusaha non-bumiputra.

Dalam praktiknya, programme ekonomi Gerakan Benteng mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan karena para pengusaha pribumi tidak dapat bersaing dengan pengusaha etnis Tionghoa yang berpengalaman dalam berbisnis.

Kegagalan program Gerakan Benteng menjadi salah satu sumber defisit keuangan negara. Harapannya programme ini akan memajukan ekonomi negara, namun ternyata yang terjadi adalah menambah beban defisit anggaran negara yang semakin membesar.

Dengan kondisi tersebut, akhirnya programme ekonomi Gerakan Benteng pun dihentikan.

tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi gerakan benteng adalah menumbuhkan ekonomi
xl Tahun Indonesia Merdeka Jilid 1
tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi gerakan benteng adalah menumbuhkan ekonomi

Baca juga: Mengenal Gobog, Uang yang Berlaku di Era Majapahit

Baca :   Permasalahan Tenaga Kerja Dalam Pembangunan Ekonomi

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pembangunan Ekonomi Baru Berdasarkan Gerakan Benteng Dilakukan Melalui

Source: https://money.kompas.com/read/2021/12/17/190224626/tujuan-dilaksanakan-sistem-ekonomi-gerakan-benteng?page=all

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …