Pembangunan Ekonomi Wilayah Dan Kota

Pembangunan Ekonomi Wilayah Dan Kota

Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Merupakan program studi yang dirancang untuk mempersiapkan sarjana terapan bidang ekonomi yang menguasai perencanaan, pembangunan ekonomi wilayah dan pengembangan perekonomian suatu wilayah dalam dokumen perencanaan yang komprehensif dan implementatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Programme studi yang pada awalnya diberi nama sebagai Perencanaan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (P2EK) kemudian menjadi Diploma Empat Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (D4 PEK) ini merupakan program studi serjana terapan yang berdiri sejak tahun 2017, bagian dari Departemen Ekonomika dan Bisnis di bawah kelola fakultas Sekolah Vokasi. Latar belakang berdirinya prodi PEK ini adalah adanya kebutuhan tenaga perencana pembangunan ekonomi wilayah yang masih minim di Indonesia.
Pembukaan prodi PEK ini disambut dengan baik oleh berbagai pihak, diantaranya yang menjalin kerja sama dengan prodi PEK yaitu, Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan, Bappenas dan Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I).

Awal penerimaan mahasiswa baru 2017 program studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan hanya menerima sejumlah tiga puluh mahasiswa melalui jalur ujian tulis Universitas Gadjah Mada. Seiring berjalannya waktu jumlah mahasiswa yang diterima terus ditingkatkan. Prodi D4 PEK ini menggunakan pengajaran lx persen praktik dan 40 persen teori, dengan tujuan jangka panjang lulusan prodi D4 PEK dapat menguasai perencanaan pembangunan ekonomi wilayah dan pengembangan perekonomian suatu wilayah dalam dokumen perencanaan yang komprehensif dan implementatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia sudah seharusnya memiliki sistem perencanaan pembangunan yang lebih baik dan sesuai dengan karakter wilayah masing-masing. Maka dari itu, harapan ke depannya prodi PEK ini mampu menghasilkan perencana yang andal dan kompeten sehingga. terwujud smart planning yang baik guna meminimalisir kesenjangan di berbagai daerah di Indonesia.

Menjadi Programme Diploma Empat bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi Berbasis Kewilayahan terkemuka yang menghasilkan tenaga ahli profesional, bertaraf internasional yang unggul, bermartabat dan berjiwa Pancasila di tahun 2037.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan yang unggul dan berdaya saing global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional kompeten dalam perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan.
  3. Mengembangkan iklim pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dalam perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan.


Program

Sarjana Terapan (D-IV)


Gelar

Sr.Tr.E
(Sarjana Terapan Ekonomi)


Durasi Studi

8 Semester (fulltime)

Pengajar kompeten di bidang perencanaan ekonomi kewilayahan serta tersertifikasi Perencana dan Asesor.

Tersedia sarana & prasarana termasuk Lab. Ekonomi dengan software terlisensi, alat analisis perencanaan, Lab. Komputer, serta perpustakaan dan jurnal online.

Kurikulum mendukung sertifikasi Perencana (ekonomi kewilayahan), dan lulusan dapat melanjutkan ke S2 Terapan.

Kerja sama dengan AP2I, Kemenkeu, Bappenas, Kemendes PDT, Pemprov DIY, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Sleman, KSP, dan DJPK dalam penyusunan kurikulum, sertifikasi, magang, kuliah umum, pelatihan, dll.

International exposure berupa pengajar asing dari Us (VIA young man) dan Jerman (SES).

Tahun ke-one

Tahun ke-ii

Tahun ke-3

Tahun ke-4

Slide ane

Liga DEB merupakan salah satu programme kerja tahunan yang diadakan dari Divisi PASTRY KMDEB (Passion and Creativity) sebut saja Minat dan Bakat dari KMDEB salah satu untuk melakukan penjaringan atlet-atlet yang berada di seluruh Plan Studi di Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Penjaringan atlet-atlet ini bertujuan untuk mengajak beberapa mahasiswa yang akan ikut serta dalam kegiatan POVVAF (perlombaan di Sekolah Vokasi).

Slide 2

PEK Akrab Antar Angkatan yang dilaksanan pada tanggal 14 September 2019 di Cangkringan, Sleman, merupakan kegiatan rutin mahasiswa PEK untuk menyambut mahasiswa baru programme studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan. Kegiatan ini bertujuan untuk perkenalan sekaligus mempererat solidaritas antar mahasiswa angkatan lama dengan mahasiswa baru.

Slide 2

Slide iii

PANSOS merupakan kependekan dari Pengembangan Solidaritas Sesama, kegiatan yang bertujuan untuk membangun keakraban antara anggota Komunitas Mahasiswa Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (KMPEK) ini diadakan rutin setiap pergantian pengurus KMPEK.

Slide 3

Slide 4

Slide 4

Slide v

Slide 5

Slide 6

Slide 6

previous arrow

next arrow

No Nama Mahasiswa Angkatan Prestasi
ane Kholifah Murniati 2017 Juara 3 Lomba Essai Nasional Pekan Elektro Serumpun Sebalai “Inovasi Mahasiswa Dalam Menyiapkan Indonesia Dalam Revolusi Industri 4.0” Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Bangka Belitung
2 Noviana Endah Candra Dewi 2017 a. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat dan Debat Koperasi – Student Cooperative Off-white 2019, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
b. Juara 2 Lomba Cerdas Cermat dan Debat Koperasi – Seminas Kopma Nasional 2019, Universitas Negeri Djakarta
c. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Kopma Expo 2019, Universitas Siliwangi
d. Juara 3 Lomba Debat Kopma Off-white Kompetisi Nasional 2018. Diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Padang Bulan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
3 Dian Nofia Putri 2017 Juara 3 ITB Cup VolleyBall 2019 (UKM Bola Voli Universitas Gadjah Mada)
4 Novita Wila 2017 Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Koperasi Antar Mahasiswa Tingkat Nasional “National Cooperative Councourse Tahun 2018” Penyelenggara Universitas Negeri Yogyakarta UKM Koperasi Mahasiswa
5 M. Kurnia Ramadhan (team Gadjah Mada Flag Football) 2017 Juara ii Jateng-DIY Bowl 2018. Penyelenggara UNDIP Semarang, IFFA Semarang
6 Syapna Dara Rona Puspita 2017 a. Juara three Basket Putri pada Pekan Olah Raga Vokasi & Vocational Air Festival (POV & VAF) SV UGM
b. Juara 3 Basket Putri dalam Liga DEB “Testify Your Passion”
vii Hanifah Rahmawati 2018 a. Medali perak Avant-garde Innovation Jam (AIJAM) Nihon
b. Lolos karya Archimedes Rusia
c. Juara 2 Lomba Paduan Suara Mahasiswa UGM Kategori “Festival Bahana Gadjah Mada”
d. Juara 2 Lomba Paduan Suara Mahasiswa UGM Kategori “Paduan Suara Sejenis”
8 Monica Rasendria Vania Nareswari 2018 Peringkat 4 Pomnas XVI DKI Djakarta 2019 Cabang Olah Raga Bola Basket, Kemenristekdikti (Tim Bola Basket Daerah Istimewa Yogyakarta)
9 Felix Christofer Silitonga 2018 a. Juara 2 Kategori FFA Slowfox, PORDA Cabor Dancesport 2019
b. Juara 3 Kategori FFA Flit, PORDA Cabor Dancesport 2019
10 Yoan Faralin N 2018 a. Juara iii Vocal Group “Bara Pemuda” Porsenigama 2018 Universitas Gadjah Mada
b. Juara 3 Vocal Group Contest Dalam rangka LUSTRUM Ke-14 universitas Gadjah Mada
c. Juara two LPS UGM Bahana Gadjah Mada (BGM) 2019, Gadjah Mada University Choir Contest 2019
d. Juara 2 LPS UGM Kategori Paduan Suara Sejenis Tahun 2019
eleven Salma Azizah 2018 a. Juara i Kejuaraan Daerah Senior Bola Voli DIY 2019. Penyelenggara PBVSI DIY.B Bantul (team Voli Yuso Yogyakarta)
b. Juara i Kejuaraan Daerah Senior Bola Voli DIY 2019. Penyelenggara PBVSI DIY.B Bantul (team Voli Yuso Yogyakarta)
c. Juara ane Kejuaraan Bola Voli “Piala Raja” DIY Tahun 2019. Penyelenggara BPO DISDIKPORA DIY dan PBVSI DIY. Yogyakarta (team Voli Yuso Yogyakarta)
d. Juara two Pekan Olahraga Daerah DIY Tahun 2019. Penyelenggara KONI DIY. Yogyakarta (team Voli Yuso Yogyakarta)
e. Juara i Porsenigama Voli UGM 2019
f. Juara ii General Manager Volleyball Tournament Loving cup 2020. Penyelenggara Angkasa Pura (tim Voli Universitas Gadjah Mada)
12 Hanif Elan Rachma 2018 Juara ane Hockey Porsenigama 2019
13 Yoga Bayu Kusuma 2018 a. Juara two Kompetisi berbasis game mobile cabang Mobile Legends pada MLCC Yogyakarta Qualifier (Team Esports Universitas Gadjah Mada)
b. Juara 3 Kompetisi berbasis game mobile cabang Mobile Legends pada PVP Esports Campus Community Championship Indonesia 2020 (Team Esports Universitas Gadjah Mada)
14 Salfia Nadhira 2019 Delegasi kegiatan Patriot in Village #2, penyelenggara INDONESIAN SHARING Programme AND INNOVATION
FOR ENLIGHTENMENT (INSPIRE)
xv Ayu Aliysiah Westward 2019 a. Juara 1 Povvaf bola basket se-Departemen Fakultas sekolah vokasi
b. Juara three Porsenigama se-Fakultas Universitas Gadjah Mada
16 Fembi Adinda Pravesti 2019 a. Juara 1 Porsenigama Voli UGM 2019 4-ten November 2019 (tim Voli Sekolah Vokasi)
b. Juara one Porsenigama Softball UGM 2019
17 Muhamad Rizky Azidtya 2019 Finalis Duta Anti Napza Universitas Gadjah Mada
18 Merinda Dwi Saputri 2019 a. Juara 1 National Essay Competition. Penyelenggara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
b. Semifinalis Kemah Budaya Kaum Muda Tahun 2020.Penyelenggara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (tim Shining Team Kategori Aplikasi)
Baca :   Apa Yang Dipelajari Di Ilmu Ekonomi Pembangunan

Testimoni Mahasiswa Eksisting


Program studi D4 mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan pembangunan dan perencanaan ekonomi dengan proporsi 60% praktik dan forty% teori. Banyak pengalaman yang saya dapatkan, salah satunya mengunjungi bappeda Sleman untuk belajar secara langsung. Banyak webinar dan seminar dengan pembicara dari bappenas dan bappeda yang dapat menunjang eksposur baru bagi mahasiswa.

Ayu Alisia


Lulusan PEK bisa bekerja di bappenas, bappeda, LSM, LIPI, dan sebagainya. Prodi PEK menganut sistem proporsi belajar 60% praktek dan xl% teori, ditunjang dengan fasilitas, kerja sama, dan dosen yang mumpuni. Lingkungan PEK yang positif, mendorong mahasiswa untuk berkembang dan berproses lebih baik. Dosen pengajar yang kompeten dibidangnya. Fasilitas yang ditawarkan oleh prodi sangat lengkap dan membantu mahasiswa.

Muhammad Gesa


Tidak hanya mempelajari kebijakan dan teori ekonomi saja, PEK juga melakukan praktikum yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Tantangan yang dihadapi diantaranya mahasiswa harus mampu menjadi wadah berpikir untuk melakukan penelitian isu-isu perencanaan dan pembangunan, namun bimbingan dari dosen yang ahli dalam bidang perencanaan membuat belajar terasa menyenangkan. Pengalaman yang didapat antara lain, magang, kuliah umum, seminar atau webinar, dan asisten dosen.

Yoan Faralin


Banyak hal yang dipelajari dari PEK, tidak hanya ilmu ekonomi tapi juga belajar berbagai perspektif dari ilmu lain seperti pertanian, kebijakan public, tata kelola kota. PEK mewajibkan mahasiswa menjalani program wajib magang di akhir semester yang dapat mempermudah mahasiswa mengenal dunia kerja dengan baik. Hasilnya, saya dapat menganalisis isu-isu strategis yang ada dilapangan saat melaksanakan magang wajab disalah satu instansi BUMN.

Baca :   Jurnal Pendahuluan Ekonomi Politik Pembangunan Infrastruktur

Noviana Dewi

previous arrow

next arrow

Pembangunan Ekonomi Wilayah Dan Kota

Source: https://diplomaekonomi.ugm.ac.id/home/program-studi/d4-pek/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …