Pengertian Program Studi Ekonomi Pembangunan

Pengertian Program Studi Ekonomi Pembangunan

Hai Quipperian! Kepingin kuliah di Fakultas Ekonomi tapi bingung mau ambil jurusan apa?

Fakultas Ekonomi di beberapa universitas negeri di Republic of indonesia memang membuka secara umum jurusan ilmu ekonomi, akuntansi, dan manajemen. Tapi tahukah kamu bila di beberapa kampus juga membuka jurusan ekonomi pembangunan?

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu Ekonomi, secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Mahasiswa prodi ekonomi pembangunan akan berkutat dengan analisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Di program studi ini, kamu dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama.

Tiap mahasiswa akan beroleh mata kuliah Pengantar Bisnis, Matematika Ekonomi dan Keuangan, Ekonomi Pembangunan, Ekonometrika, Sistem keuangan, Perekonomian Indonesia, Manajemen Perbankan, Valuasi Korporat, Etika Ekonomi, Manajemen Risiko dan Analisis Kredit Perbankan, Pengantar Akuntansi, Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Sejarah Pemikiran Ekonomi, dan Kebanksentralan.

Di samping itu, kalian juga akan menempuh mata kuliah berbagai cabang ekonomi, semisal Ekonomi Internasional, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, Ekonomi Publik, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Regional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Kependudukan, Ekonomi Transportasi, Evaluasi Proyek Pembangunan, Ekonomi Perencanaan, dan Ekonomi Maritim.

Setelah Quipperian memahami seluk-beluk perkuliahan ekonomi pembangunan, kini saatnya kamu menelisik apa saja prospek kerja ekonomi pembangunan. Penasaran? Simak paparannya berikut ini.


Instansi Pemerintahan

Prospek kerja ekonomi pembangunan yang pertama adalah kalian bisa mengincar area pemerintahan, Quipperian. Para sarjana ekonomi pembangunan memiliki keahlian merumuskan persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis terutama di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara.

Baca :   Utang Luar Negeri Pembiayan Pembangunan Ekonomi Infrastruktur Era Jokowi

Intansi pemerintah berkait perumusan kebijakan di bidang pembangunan ekonomi meliputi BPK, Bappenas, bappeda, Banking company Republic of indonesia, pegadaian, dan perpajakan. Di situ, seorang lulusan ekonomi pembangunan dapat memaksimalkan keahliannya.

info jurusan ekonomi

Di Bappenas misalnya, kalian memiliki tugas  penyusunan rencana pembangunan nasional, rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan, serta pengambilan keputusan dalam penanganan permasalahan mendesak dan berskala besar. Semua pekerjaan ini sangat membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan.


Lembaga Pendidikan

Selain bidang pemerintahan, prospek kerja ekonomi pembangunan pun bisa dibidik ke bidang pendidikan. Quipperian perlu juga melihat betapa jurusan ekonomi pembangunan belum banyak tersedia di beberapa universitas. Artinya, pengajar dan ahli di bidang tersebut juga hanya beberapa gelintir.

Ekonomi pembangunan menjadi jurusan paling strategis. Bukan tidak mungkin, beberapa universitas akan membuka jurusan tersebut. Dari situ, peluang para lulusannya menjadi lebih untuk mengabdi menjadi pengajar.

Tak hanya menjadi pengajar, bekerja di lembaga pendidikan sebagai sarjana ekonomi pembangunan bisa juga menyabet profesi sebagai asisten peneliti atau asisten analis kebijakan.

Tentu kalian harus memenuhi persyaratan bila ingin bekerja sebagai pengajar jurusan ekonomi pembangunan, seperti melanjutkan kuliah magister di bidang ekonomi.



Research & Evolution


Bagian


Research & Development


(R&D) bertanggungjawab mengelola sejumlah dana tertentu untuk riset dan pengembangan. R&D melakukan tes dan tak jarang membuat alat tes sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Selain itu, seringkali juga melakukan kerja sama dengan perusahaan terkait pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

Dalam R&D, seorang lulusan ekonomi pembangunan bertugas menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Baca :   Kegiatan Kelitbangan Dibidang Ekonomi Dan Pembangunan


Perusahaan Internasional

Perusahaan-perusahaan internasional baik yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum juga membutuhkan tenaga lulusan ekonomi pembangunan.

Bagi perusahaan di bidang ekonomi, sarjana ekonomi pembangunan dibutuhkan untuk menganalisa pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis secara berkala.

Sementara di perusahaan umum, lulusan ekonomi pembangunan juga sangat dibutuhkan di bagian analisa data semisal divisi


research and development

.

BACA JUGA:
Info Jurusan Ilmu Ekonomi, Perkuliahan, Testimoni hingga Prospek Kariernya


Analis Bisnis

Seorang analis bisnis bertugas menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis.

Analis bisnis juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.

Biasanya beberapa perusahaan atau industri di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak, dan lainnya membutuhkan seorang analis bisnis. Di perusahaan-perusahaan tersebut, lulusan ekonomi bisnis sangat diperlukan untuk menganalisa kebutuhan bisnis dan pengembangan bisnis.


Lembaga Swadaya Masyarakat

Tiap Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM membutuhkan beragam analisa pembangunan industri perbankan, ekonomi, dan lainnya.

Dengan demikian, sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.



Well

, gimana Quipperian? Itulah beberapa pilihan prospek kerja ekonomi pembangunan. Apakah kalian makin yakin kan untuk memilih kuliah di jurusan ekonomi pembangunan?

Kamu tak perlu khawatir lagi tentang prospek kerjanya. Lagi pula, lulusan-lulusan terbaik ekonomi pembangunan biasanya punya prestasi mentereng, semisal Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan mantan Wakil Presiden RI, Budiono.

Baca :   Makalah Pengantar Ekonomi Materi Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan

Jadi, mulai sekarang Quipperian tetap fokus terhadap studi, raih prestasi terbaik, dan jangan lupa melihat berbagai soal dan pembahasan super kece rilisan Quipper Video Blog, agar kemampuan kalian memahami soal-soal SBMPTN semakin lebih baik.

Penulis: Rahmat Ali

Pengertian Program Studi Ekonomi Pembangunan

Source: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/career/prospek-kerja-ekonomi-pembangunan/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …