Peran Ekonomi Dalam Proses Pembangunan Di Jambi

Peran Ekonomi Dalam Proses Pembangunan Di Jambi

Ekonomi sebuah Negara digerakan oleh berbagai pihak, salah satunya pelaku ekonomi. Berkat peran pelaku ekonomi, maka roda perekonomian dapat berputar dengan baik, lantaran adanya kebutuhan yang harus dicapai dengan kegiatan tersebut baik itu dari sisi produksi, konsumsi, maupun distribusi.

Di setiap bentuk pelaku ekonomi memiliki perannya masing-masing dan secara umum dalam sebuah perekonomian dibagi menjadi 4 jenis, yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri.

Rumah Tangga Konsumen

Rumah tangga konsumen adalah kelompok yang melakukan kegiatan konsumsi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun perannya dalam perekonomian antara lain :

  1. Konsumen atau pemakai barang atau jasa

Pemakaian barang atau jasa biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup individu atau kelompok. Diperlukan uang untuk membeli barang atau jasa yang dihasilkan dengan bekerja.

  1. Penyedia faktor produksi

Rumah tangga konsumen memiliki peran lain, yaitu sebagai penyedia faktor produksi. Faktor produksi sendiri dapat dikelompokan menjadi empat bagian termasuk sumber daya alam, modal, tenaga kerja, dan kewirausahaan.

  1. Membayar Pajak kepada Pemerintah

Setiap individu diwajibkan untuk membayar pajak kepada pemerintah. Pajak yang diberikan kepada pemerintah digunakan untuk melakukan pembangunan nasional demi kemakmuran rakyat. Contoh pajak yang dibayar oleh rumah tangga konsumen adalah pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan, serta pajak bumi dan bangunan (PBB).

Rumah Tangga Perusahaan atau Rumah Tangga Produsen

Rumah tangga produsen memiliki peranan penting di masyarakat. Rumah tangga produsen adalah pelaku ekonomi yang menyediakan barang atau jasa bagi rumah tangga konsumen. Rumah tangga produsen di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi. Adapun peran rumah tangga produsen dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Sebagai Penghasil Barang atau Jasa
Baca :   Dalam Pembangunan Ekonomi Pemerintah Orde Baru

Rumah tangga produsen atau perusahaan bertugas untuk memproduksi barang atau jasa sesuai dengan bidangnya. Barang atau jasa yang sudah diproduksi kemudian didistribusikan kepada konsumen, sehingga konsumen bisa dengan mudah membeli atau mengkonsumsi barang atau jasa tersebut.

  1. Pengguna faktor produksi

Rumah tangga konsumen memiliki peran untuk menyediakan faktor produksi. Pengguna dari faktor produksi ini adalah rumah tangga produksi. Faktor produksi ini kemudian digunakan untuk memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Rumah tangga produsen memberikan balas jasa berupa sewa, bunga dan lain sebagainya.

  1. Agen pembangunan

Rumah tangga produsen berperan dalam pembangunan di Indonesia. Pemerintah merasa terbantu dengan adanya rumah tangga produsen di bidang pembangunan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Agen pembangunan juga menyerap banyak tenaga kerja, memberikan gaji pada pekerja, dan menjamin keselamatan kerja bagi pekerja.

  1. Sebagai penyalur barang atau jasa (distributor)

Tidak hanya membuat barang, tetapi terdapat rumah tangga produsen yang langsung menyalurkan barang atau jasanya kepada konsumen langsung.

  1. Menambah pendapatan Negara melalu pajak

Rumah tangga produsen wajib untuk membayar pajak kepada pemerintah atas kegiatan produksi yang dilakukan maka rumah tangga produsen telah membantu pemerintah untuk menaikan pendapatan Negara melalui pajak.

Rumah Tangga Pemerintah

Rumah tangga pemerintah adalah sekelompok orang yang memiliki kedudukan di pemerintah. Pemerintah memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga stabilitas ekonomi Negara, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Disamping itu, rumah tangga pemerintah memiliki peran di bidang perekonomian sebagai regulator, konsumen, distributor, serta produsen.

  1. Regulator

Memiliki tugas untuk mengatur dan mengendalikan perekonomian disuatu Negara, dengan membuat suatu kebijakan dan peraturan. Adapun kebijakan dalam mengatur perekonomian antara lain menjaga stabilitas harga barang dan jasa, menyediakan kebutuhan pokok, menyediakan sarana dan prasarana publik, menyusun rancangan ekonomi jangka pendek, menengah, dan panjang, memberikan izin usaha, menentukan besarnya pajak, dan memberikan subsidi.

  1. Konsumen
Baca :   Pembangunan Ekonomi Regional Atau Daerah Dan Otonomi Daerah

Rumah tangga pemerintah membutuhkan sarana dan prasana penunjang seperti seragam dinas, penggunaan transportasi dan sebagainya.

  1. Produsen

Rumah tangga pemerintah memproduksi listrik, air, dan sumber energi bagi masyarakat.

  1. Distributor

Hal ini dapat dilihat dalam kegiatan membagikan raskin, penyaluran buku pelajaran ke sekolah-sekolah di pedalaman, dan lain sebagainya.

Rumah Tangga Luar Negeri

Tidak dapat dipungkiri bahwa Negara lain juga berperan penting bagi perekonomian di Indonesia, karena suatu Negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga membutuhkan Negara lain untuk mencukupi kebutuhannya. Adapun peran dari rumah tangga luar negeri bagi perekonomian di dalam negeri yaitu sebagai konsumen, produsen, investor, pertukaran tenaga kerja, pemberi pinjaman luar negeri.

  1. Konsumen

Hal ini dapat dilihat dari kegiatan impor yang dilakukan rumah tangga luar negeri terhadap produk dalam negeri.

  1. Produsen

Rumah tangga luar negeri membantu untuk memenuhi kebutuhan suatu Negara yang tidak dapat memproduksi suatu barang dan jasa. Hal ini dapat dilihat dengan kegiatan ekspor.

  1. Investor

Pembangunan yang dilakukan di suatu Negara membutuhkan dana yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk menutupi kekurangan dana tersebut, Negara akan mengundang investor asing untuk menanamkan modalnya di dalam negeri, dimana investasi yang diberikan dapat berupa dana pinjaman.

  1. Pertukaran tenaga kerja

Perbedaan jumlah penduduk berpengaruh terhadap lapangan pekerjaan yang tersedia. Umumnya Negara dengan jumlah penduduk banyak akan mengalami kelebihan tenaga kerja manusia dan kurangnya lapangan pekerjaan, sebaliknya pada Negara yang penduduknya sedikit akan mengalami kekurangan tenaga kerja dan kelebihan lapangan pekerjaan.

  1. Pemberi pinjaman luar negeri

Pinjaman luar negeri memiliki tujuan untuk membantu perekonomian suatu Negara yang sedang membutuhkan pinjaman dana. Pinjaman ini dapat dilakukan melalui lembaga keuangan dunia atau kerjasama bilateral seperti Banking company Dunia.

Baca :   Ekonomi Pembangunan Proses Masalah Dan Dasar Kebijakan Pembangunan

guru ahli dari Kelas Pintar untuk pendamping belajar online

Please follow and similar the states:

Peran Ekonomi Dalam Proses Pembangunan Di Jambi

Source: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/peran-pelaku-ekonomi-dalam-perekonomian-8090/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …