Peran Kerja Sama Antar Negara Asean Dalam Pembangunan Ekonomi

Peran Kerja Sama Antar Negara Asean Dalam Pembangunan Ekonomi

Peran Indonesia Dalam Bidang Ekonomi di Asean –
Dalam materi Tematik kelas 6 SD, Tema 7, Subtema ane Kurikulum 2013, kalian akan belajar mengenai peran Republik Republic of indonesia dalam bidang ekonomi di Association of southeast asian nations. Lalu, apa saja peran Indonesia? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kerjasama Association of southeast asian nations dalam bidang ekonomi merupakan salah satu tujuan berdirinya Association of South East Asian Nation (Asean) sebagai organisasi internasional yang bersifat regional. Kondisi geografis negara anggotanya, turut mempengaruhi kondisi ekonomi masing-masing negara.

Daftar ISI

  • Tujuan Berdirinya ASEA
  • Peran Indonesia Dalam Bidang Ekonomi di Association of southeast asian nations
    • ane. Pemrakarsa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
    • two. Menyediakan Fasilitas Perdagangan ASEAN
    • three. Mengelola Alur Laut Kepulauan Indonesia I & ALKI II Sebagai Jalur Kapal Niaga
    • four. Menyediakan Cadangan Pangan untuk ASEAN
  • Contoh Kerjasama Republic of indonesia Dalam Bidang Ekonomi

Tujuan dari kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi ialah membentuk pasar serta pangkalan produksi tunggal dengan arus bebas barang, jasa, investasi, modal dan tenaga kerja terlatih. Dalam hal ini, setiap negara anggota memiliki peran masing-masing dalam bidan ekonomi.

Lalu, bagaimana peran Indonesia di bidang ekonomi Asean? Nah, bagi kalian yang belum mengetahui apa saja peranannya, maka inilah saat yang tepat untuk mengetahuinya. Dimana ulasan lengkap dan jelasnya, akan inspired2write.com sajikan pada penjelasan di bawah ini.

Tujuan Berdirinya ASEA


Sebelum membahas lebih lengkap terkait peran Indonesia di bidang ekonomi Asia, maka ada baiknya kalian memahami tujuan berdirinya Clan of South E Asian Nation (Asean).

Ada beberapa tujuan dibentuknya organisasi Internasional Asia Tenggara ini, salah satunya yaitu kerjasama ekonomi. Adapun tujuan dibentuknya organisasi Asean yaitu sebagai berikut ini.

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial serta kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian & stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara.
  3. Bekerjasama mendirikan industri serta memperluas perdagangan Internasional.
  4. Meningkatkan kerjasama untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, teknik, ilmiah serta administratif negara.
  5. Memelihara kerjasama organisasi regional maupun organisasi Internasional.

Peran Republic of indonesia Dalam Bidang Ekonomi di Asean

Peran Indonesia Dalam Bidang Ekonomi di ASEAN

Indonesia tak hanya punya peran di kawasan regional saja seperti
PERAN PEMERINTAH DALAM USAH TRANSPORTASI DAN LOGISTIK, namun sebagai anggota ASEAN tentunya Indonesia punya peran penting dalam kerjasama ini, termasuk di bidang ekonomi ASEAN.

Baca :   Pengaruh Gdp Terhadap Pembangunan Ekonomi

Peran RI dalam bidang ekonomi di Asean ditunjukan untuk menghilangkan hambatan ekonomi dengan saling membuka perekonomian negara-negara anggota untuk terciptanya integritas ekonomi kawasan. Berikut adalah beberapa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN.

1. Pemrakarsa Masyarakat Ekonomi Association of southeast asian nations (MEA)

1. Pemrakarsa Masyarakat Ekonomi ASEAN MEA

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat didukung Indonesia. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) itu sendiri merupakan bentuk integritas ekonomi ASEAN, negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas.

Dimana dengan adanya MEA, kegiatan ekonomi di Republic of indonesia akan semakin berkembang, hambatan perdagangan internasional di kawasan Asia Tenggara akan semakin jarang dan mendukung terbentuknya integritas perekonomian antar negara di kawasan Asia Tenggara.

Gagasan pembentukan MEA diajukan pada pertemuan KTT Association of southeast asian nations di Bali, Oktober 2013. Kemudian pada tahun 2015 MEA dicetuskan melalui persetujuan Cetak Biru Ekonomi ASEAN 2025.

A. Tujuan MEA

Tujuan MEA ialah untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan Asean, dan diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah di bidang ekonomi antar negara Association of southeast asian nations.

B. Karakteristik MEA

  • Ekonomi yang terpadu serta terintegritas penuh.
  • Association of southeast asian nations yang berdaya saing, inovatif serta dinamis.
  • Peningkatan konektivitas & kerjasama sektoral.
  • Asean yang tangguh, inklusif, berorientasi serta berpusat pada masyarakat.
  • ASEAN yang global.

C. Pilar MEA

one. Pasar & ground produksi tunggal

Asean sebagai pasar tunggal dan berbasis produksi tunggal yang didukung dengan elemen aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik serta aliran modal lebih bebas.

2. Kawasan ekonomi berdaya saing tinggi

ASEAN sebagai kawasan ekonomi daya saing tinggi, dengan elemen peraturan kompetisi, perlindungan konsumen, hak atas kekayaan intelektual, pengembangan infrastruktur,, perpajakan dan eastward-commerce.

3. Kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata & berkeadilan

ASEAN sebagai kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata, meliputi elemen pengembangan usaha kecil dan menengah, serta prakarsa integritas ASEAN untuk negara-negara Kamboja, Myanmar, Laos dan Vietnam.

Baca :   Sebutkan Peranan Penting Pembangunan Ekonomi Maritim

4. Kawasan yang terintegritas dengan ekonomi global

Association of southeast asian nations sebagai kawasan yang terintegritas penuh dengan perekonomian global, dengan elemen pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi di luar kawasan, serta meningkatkan peran dan dalam jejaring produksi global.

2. Menyediakan Fasilitas Perdagangan Asean

2. Menyediakan Fasilitas Perdagangan ASEAN

Dalam upaya meningkatkan perdagangan, ASEAN sudah menandatangani
Protocol 1-Designation of Transit Transpor Routes and Facilities. Implementasi Protokol dimaksud akan memfasilitasi transportasi barang serta tidak merintangi akses maupun pergerakan kendaraan pengangkut barang di kawasan Asean.

Peran Republic of indonesia dalam bidang ekonomi Asean di bidang ini juga sudah melakukan pembentukan
Nasional Single Window
(NSW) serta
Association of southeast asian nations Single Window
(ASW) merupakan salah satu upaya memfasilitasi perdagangan di tingkat nasional dan ASEAN untuk mempermudah dan mempercepat arus perdagangan dalam rangka mendukung pembentukan
ASEAN Economic Community.

NSW sendiri mulai beroperasi pada akhir tahun 2008 di negara ASEAN serta pada 2012 bagi negara-negara CLMV. Untuk tingkat nasional, perkembangan tahap I uji coba NSW telah dilaksanakan di Tanjung Priok, pada Desember 2007 – Juni 2008.

Sistem uji coba melibatkan lima
Goverment Afencies
yang berkaitan dengan pemberian izin yakni Ditjen Bea & Cukai-Depkue, Ditjen Daglu, Badang POM, Badan Karantina Deptan serta Pusat Karantina Perikanan (DKP) Draft Blueprint NSW.

iii. Mengelola Alur Laut Kepulauan Republic of indonesia I & ALKI II Sebagai Jalur Kapal Niaga

3. Mengelola Alur Laut Kepulauan Indonesia I ALKI II Sebagai Jalur Kapal Niaga

Republik Indonesia menjadi negara kepulauan pertama di dunia yang memiliki bagan pemisah alur laut (TSS) di alur laut kepulauan Indonesia yaitu Alur Laut Indonesia I dan AKLI Two.

AKLI adalah alur laut di wilayah perairan Indonesia yang bebas dilayari kapal-kapal internasional atau
freedom to passage, sebagaimana yang tertuang dalam UNCLOS 1982 meliputi Selat Sunda dan Selat Lombok.

Indonesia siap memberlakukan bagan pemisah alur laut atau
Traffic Seperations Scheme
(TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok per Juni 2020. Kapal laut yang melintasinya akan dikenakan biaya seperti halnya kendaraan pengguna jalan tol darat yang berbayar.

Jalur pelayaran kapal niaga di wilayah Asean tentu saja akan semakin strategis dengan pembentukan AKLI di wilayah Indonesia.

Baca :   Modal Manusia Pendidikan Dan Kesehatan Dalam Pembangunan Ekonomi

iv. Menyediakan Cadangan Pangan untuk ASEAN

4. Menyediakan Cadangan Pangan untuk ASEAN

Peran Indonesia dalam bidang ekonomi Association of southeast asian nations juga perlu menyediakan cadangan pangan untuk Association of southeast asian nations. Di kawasan Asia Tenggara, Thailand serta Vietnam terkenal sebagai lumbung padi.

Selain itu, negara-negara Association of southeast asian nations lainnya turut berkomitmen menyediakan cadangan pangan. Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura telah mempersiapkan diri untuk menjadi proyek pangan dalam keadaan darurat.

Contoh Kerjasama Indonesia Dalam Bidang Ekonomi

Contoh Kerjasama Indonesia Dalam Bidang Ekonomi

Sebagai salah satu negara anggota ASEAN, Indonesia memiliki potensi serta peran penting dalam kerjasama ekonomi. Peran penting Republic of indonesia dalam kerjasama ekonomi ASEAN bisa diuraikan sebagai berikut :

  1. Hingga tahun 2012 Indonesia menjadi lokasi penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I, IX, 18 & 19, yakni di Jakarta serta Bali.
  2. Indonesia menjadi pemrakarsa, inisiator, sekaligus motor penggerak Asean.
  3. Republic of indonesia sebagai salah satu negara penyedia pangan negara-negara Association of southeast asian nations.
  4. Indonesia sebagai salah satu negara yang memprakarsai terbentuknya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) melalui KTT 13 di Singapura.
  5. Indonesia bersama Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand memprakarsai terbentuknya Association of southeast asian nations Complimentary Trade Area (AFTA) pada 28 Januari 1992 saat berlangsung KTT Iv Association of southeast asian nations.
  6. Republic of indonesia menjadi tempat proyek dari komite pangan, pertanian serta kehutanan yaitu untuk suplai dan keperluan makanan, serta tempat salah satu proyek pupuk urea ammonia dari Komite Industri, Perdagangan dan Energi.
  7. Pada 2012 sesuai KTT XXI ASEAN, Indonesia sebagai pemimpin negosiator
    Regional Comprehensif Economical Partnership.

Dari sini dapat disimpulkan bahwasanya peran Republic of indonesia dalam bidang ekonomi Association of southeast asian nations sangat penting. Tentunya bukan hanya di bidang ekonomi saja, namun di bidang lainnya, Indonesia tentu saja memiliki peran tersendiri sebagai negara anggota organisasi internasional ASEAN.

Nah, itulah informasi dari inspired2write.com terkait peran peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN. Demikianlah informasi dari kami, semoga menambah wawasan kalian semua.

Peran Kerja Sama Antar Negara Asean Dalam Pembangunan Ekonomi

Source: https://www.inspired2write.com/peran-indonesia-dalam-bidang-ekonomi-di-asean/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …