Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi

Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi

KOMPAS.com
– Wirausaha yang secara mandiri membangun usaha berperan penting pada ekonomi negara. Apa peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah?

Sebelum mengetahui peran kewirausahaan, pahami dulu pengertian wirausaha menurut beberapa ahli. Menurut Peter F. Drucker, wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru, berbeda, dan khas.

Sementara menurut Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, dan Doug Wilson wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan dan pertumbuhan, dengan cara mengidentifikasi peluang dan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga dapat dimanfaatkan.

Dengan demikian pengertian wirausaha adalah orang yang menciptakan hal baru dan inovatif serta berani mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan.

Lantas peran kewirausahaan dalam perekonomian Republic of indonesia adalah?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Wirausaha dan Sifatnya

Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah

Indonesia merupakan negara berkembang mengingat jumlah penduduknya yang relatif banyak. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial yang belum merata kesejahteraannya.

Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan, dan sebagainya.

Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukanperan kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah.

Melalui pengertian di atas, dapat diketahui peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah sangat diperlukan untuk menciptakan bisnis baru agar dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Baca juga: Modal Rp 250 Juta, Bagaimana Cara Daftar Pertashop Pertamina?

Dengan menciptakan lapangan kerja baru,peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.


freepik.com/ tirachardz
Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca :   Valuasi Ekonomi Rencana Kegiatan Pembangunan Pltu

Hal ini serta-merta dapat membantu perputaran perekonomian di Indonesia.

Namun, untuk bisa menjadi wirausaha yang handal, seseorang harus berusaha menjadi produktif, memiliki kemandirian yang tinggi, dan mampu melihat peluang dan tantangan yang ada.

Berikut peran wirausaha dalam perekonomian Republic of indonesia dilansir dari situs
Investopedia,
di antaranya adalah:

i. Memacu pertumbuhan ekonomi

Peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah produk dan layanan baru yang diciptakan oleh wirausaha dapat menghasilkan efek berjejang.

Hal ini merupakan salah satu peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah bisa merangsang bisnis atau sektor terkait sehingga dapat mendukung usaha baru dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

2. Menambah pendapatan negara

Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah menambah pendapatan negara.

Usaha baru yang dibangun oleh wirausaha membantu menghasilkan pendapatan bagi negara. Dari bisnis tersebut, pemerintah dapat menarik pajak yang akan berkontribusi pada pendapatan negara.

Selain itu, usaha yang didirikan wirausaha dapat meningkatkan lapangan kerja sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga berkontribusi juga pada pendapatan negara.

Pendapatan negara ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja supaya bisa kembali melahirkan wirausahawan.

Baca juga: Apa Kelebihan Pasar Monopoli?


Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mempengaruhi perkembangan sosial dan budaya.
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mempengaruhi perkembangan sosial dan budaya.

3. Wirausaha menciptakan perubahan sosial

Peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah dapat menciptakan perubahan sosial.

Wirausaha berlomba melahirkan inovasi dan ide baru di sektor usahanya. Hal ini membuat wirausaha dapat mengurangi ketergantungan pada sistem bisnis yang sudah usang.

Ini dapat meningkatkan kualitas hidup, peningkatan moral dan kebebasan ekonomi yang lebih besar karena dunia usaha dan masyarakat menjadi semakin inovatif.

Baca :   Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesi

Contohnya layanan transportasi online dan pesan antar makanan yang dapat mengubah cara hidup masyarakat dalam menggunakan transportasi umum dan kuliner.

Jika semula masyarakat menggunakan transportasi umum seperti bis, angkot, becak, dan ojek berubah menjadi menggunakan layanan transportasi online.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Kemudian layanan pesan antar makanan online juga bisa mengubah gaya hidup masyarakat dan membantu pertumbuhan UMKM di bidang kuliner.

Dengan demikian, peran kewirausahaan dalam perekonomian Republic of indonesia adalah akan berdampak pada bisnis dan produktivitas masyarakat.

Peran pemerintah untuk wirausaha

Melihat peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah yang sangat besar, dibutuhkan peranan dari pemerintah untuk membantu wirausaha berkembang lebih baik serta menciptakan wirausaha-wirausaha baru di Republic of indonesia.

Salah satunya dengan membuat kebijakan dan regulasi yang mendukung wirausaha dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, pemerintah juga perlu mengawasi persaingan antar wirausaha agar tetap sehat,

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

Pasalnya, ternyata jumlah wirausaha yang terlalu tinggi juga tidak baik karena dapat menyebabkan ketimpangan pendapatan dan membuat masyarakat tidak bahagia. Hal ini dikarenakan wirausaha akan bersaing terlalu ketat dan menghilangkan pilihan karir bagi individu.

Oleh karenanya, hubungan antara wirausaha dan pembangunan ekonomi negara sangat penting untuk dipahami pemerintah selaku pembuat kebijakan dan pelaku wirausaha sendiri.

Sebab, dengan memahami kelemahan dan peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah memungkinkan pendekatan yang seimbang untuk memelihara kewirausahaan yang diambil agar dapat menghasilkan dampak ekonomi dan sosial yang positif.

Demikian penjelasan mengenai peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah sanagat penting. Oleh karenanya, pemerintah juga perlu mendukung peran wirausaha dalam perekonomian Republic of indonesia adalah dengan mengatur regulasi dan kebijakan agar berjalan dengan sehat.

Baca :   Kebijakan Perdagangan Dan Pembangunan Ekonomi

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi

Source: https://money.kompas.com/read/2022/01/02/215320826/peran-kewirausahaan-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …