Perbedaan Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi


Reading Time:

five
minutes

Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi menjadi indikator penting yang harus diperhatikan dalam ekonomi suatu negara. Keduanya saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain, dan mempunyai hubungan timbal balik.

Pertumbuhan ekonomi dapat melaju dengan adanya pembangunan ekonomi. Dan apabila pembangunan ekonomi dapat melaju pesat apabila pertumbuhan ekonominya baik.

Pembangunan ekonomi memiliki hubungan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, kedua konsep ini sering dianggap sama dalam kajian ekonomi makro.

Namun, meskipun mempunyai keterkaitan erat, ada perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Untuk memahami perbedaan dua konsep tersebut simak penjelasan mengenai perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di bawah ini!

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi ada pada proses meningkatnya kapasitas produksi dalam perekonomian yang dapat ditunjukkan dalam bentuk meningkatnya pendapatan nasional.

Dalam suatu negara dapat diketahui telah terjadi pertumbuhan ekonomi apabila terjadi jumlah kenaikan produk nasional bruto (PNB, GNP) signifikan di negara tersebut. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi menunjukan indikasi kesuksesan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi juga
dapat diartikan dengan perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah.
Problematika perkembangan ekonomi juga dapat dilihat sebagai problematika makro ekonomi dengan jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi dapat disebut sebagai peningkatan yang terlihat dalam nilai moneter dari semua barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian selama periode waktu tertentu. Ini adalah jenis ukuran kuantitatif yang mencerminkan potensi peningkatan jumlah transaksi bisnis yang terjadi dalam perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi dapat dibilang konsep yang lebih sempit jika dibandingkan dengan pembangunan ekonomi. Mengutip Alam S dari bukunya “Ekonomi ii” pertumbuhan ekonomi adalah kondisi terjadinya peningkatan produk domestik bruto (PDB) sebuah negara atau daerah.

Perkembangan ekonomi bisa dibilang melesat apabila persentase naiknya PDB pada satu periode cukup besar daripada periode sebelumnya. Dari situlah kita tahu perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

Baca :   Jurnal Tentang Ekonomi Politik Pembangunan

Baca juga: Uang Dingin: Pengertian dan Cara Membuat Tabel Ilustrasinya

Pengertian Pembangunan Ekonomi


Untuk memahami perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, kita juga harus tahu definisi dari pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita dalam jangka panjang.

Pembangunan ekonomi adalah proses yang bermaksud untuk meningkatkan PDB dalam suatu negara atau daerah dengan jangka panjang, di manah PDB meningkat lebih besar daripada laju tingkat pertumbuhan penduduk.

Pembangunan ekonomi juga menjadi tujuan untuk membuat perbaikan kondisi di luar aspek ekonomi, contohnya perbaikan lembaga pemerintahan, perbaikan sikap, dan berusaha mengurangi jurang pemisah antara kaya dan miskin.

Dalam pembangunan ekonomi, peningkatan pendapatan masyarakat meliputi perubahan dalam sistem sosial dan respon masyarakat.

Pembangunan ekonomi disyaratkan dengan adanya perubahan yang mengarah ke suatu hal yang lebih baik di bidang teknologi, pola pikir masyarakat, dan kelembagaannya. Pada dasarnya, pembangunan ekonomi menumpukan pembangunan atau perubahan pada sektor ekonomi.

Pembangunan ekonomi memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, memperhatikan pertambahan penduduk serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pembangunan ekonomi akan selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi. Dari sini kita sudah memahami sepenuhnya perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi kesuksesannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya peningkatan dalam minimal pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan. Sedangkan pembangunan ekonomi lebih mengarah ke kualitatif. Tidak hanya peningkatan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam sistem produksi dan alokasi input pada berbagai bidang perekonomian contohnya dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Perbedaan-perbedaan lain antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi yaitu:

Penekanan pada Kenaikan PDB

Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi sama – sama berpengaruh dalam hal menekankan pada kenaikan PDB. Tetapi, pertumbuhan ekonomi menekankan peningkatan PDB tidak dibandingkan dengan proses pertumbuhan penduduk. Kemudian daripada itu, peningkatan  pada pembangunan ekonomi yaitu kondisi saat laju peningkatan PDB sudah melebihi peningkatan pertumbuhan penduduk.

Baca :   Amdal Dampak Kenaikan Ekonomi Pembangunan

Akibat dan Perbaikan Kondisi

Pertumbuhan ekonomi hanya melihat peningkatan tanpa melihat akibat atau perbaikan ruang lingkup yang ada. Jadi, penekanannya hanya pada penambahan fasilitas seperti jembatan, mesin-mesin, dan fasilitas sarana listrik.

Sementara itu, pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pada pertumbuhan secara fisik, tetapi juga melakukan perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan ruang lingkup yang ada agar lebih berhasil guna dan berdaya guna.

Faktor Keberhasilan

Menurut ekonom Dudley Seers, kesuksesan pembangunan ekonomi dinilai atas tiga pertanyaan dan faktor berikut:

  • Apakah pembangunan telah mengurangi kemiskinan? (pendapatan per kapita meningkat, kemiskinan berkurang)
  • Apa yang dilakukan pada pengangguran? (pengangguran berkurang)
  • Apa yang dilakukan pada kesenjangan? (kesenjangan miskin-kaya mengecil)

Sementara itu, merujuk pada teori pertumbuhan ekonomi, ada empat faktor yang berpengaruh terhadap berhasilnya pertumbuhan ekonomi:

  • Luas tanah dan kekayaan alam
  • Kuantitas dan skill penduduk dan tenaga kerja
  • Kepemilikan barang modal dan penguasaan teknologi
  • Sistem sosial dan sikap masyarakat

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Faktor yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi antaranya sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan skill atau kewirausahaan.

Sumber daya alam, yang termasuk tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, kondisi iklim atau cuaca, hasil hutan, pertambangan, dan hasil kekayaan laut.

Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan digunakan untuk memproses bahan mentah dari alam, agar jadi sesuatu yang mempunyai nilai tinggi (disebut juga sebagai proses produksi).

Sumber daya manusia juga menentukan kesuksesan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk, jumlah penduduk yang banyak adalah pasar strategis guna memasarkan hasil-hasil produksi, sementara itu kualitas penduduk menentukan seberapa besar produktivitas yang ada.

Sementara itu, sumber daya modal juga dibutuhkan manusia agar dapat mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi bertujuan untuk menggali dan memproses kekayaan.

Baca juga: Apa itu Uang Giral, Uang Kartal, dan Uang Kuasi?

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Faktor Pembangunan Ekonomi diantaranya Sumber Daya Alam (SDA) seperti tanah, air, udara beserta segala hal yang ada didalamnya. Dalam pengertian semua sumber daya yang ada dan bisa dipergunakan. Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif, dan mempunyai bakat dalam mengembangkan kreativitas.

  • Apakah  Sumber Daya Manusia (SDM) produktif untuk menghasilkan produk yang kreatif dan mempunyai daya saing dan jual yang tinggi.
  • Besar dan kecilnya modal juga jadi faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yang akan mempengaruhi kegiatan produksi yang kemudian akan menopang pertumbuhan ekonomi.
  • Infrastruktur yang tepat akan mempermudah terjadinya pertumbuhan ekonomi
  • Sosial Budaya
  • Sistem Pemerintah, pembangunan kelanjutan tentu punya perencanaan dan ukuran sehingga pembangunan tidak kurang atau sia-sia dan tentunya berkelanjutan setahap demi tahap. Tidak berat sebelah, bersifat besar di satu sisi dan kecil di sisi yang yang lain.
Baca :   Sertifikat Akreditasi Ekonomi Pembangunan Universitas Janabadra 2018

Pergerakan dan pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi juga dapat tercapainya kepercayaan dunia akan keberadaan suatu negara. Sebaiknya, kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan jadi prioritas utama yang paling dilihat dalam suatu bangsa. Pengadaan dan pemberdayaan manusia yaitu jadi obyek dalam peningkatan pergerakan ekonomi.

Kesimpulan

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya pendapatan nasional riil/output nasional. Sedangkan Pembangunan ekonomi adalah meningkatnya kualitas hidup dan level hidup, semisal angka literasi huruf, kesejahteraan hidup, dan pemeliharaan kesehatan.

Pada pertumbuhan ekonomi kesuksesannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya peningkatan dalam minimal pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih mengarah ke kualitatif, tidak hanya peningkatan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam sistem produksi dan alokasi input pada berbagai bidang perekonomian contohnya dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang lain ada pada penekanan pada Kenaikan PDB, Akibat dan Perbaikan Kondisi dan Faktor Keberhasilan.

Referensi:

Publichealthnotes, Economic Growth Vs Economic Development- 17 Differences, diakses tanggal 12 Agustus 2022

Economicshelp, Departure Between Economical Growth and Development, diakses tanggal 12 Agustus 2022

Byjus, Summit 9 Differences Betwixt Economic Growth and Economical Evolution, diakses tanggal 12 Agustus 2022

Perbedaan Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Source: https://pintu.co.id/blog/perbedaan-pertumbuhan-ekonomi-dan-pembangunan-ekonomi

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …