Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan Undip

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan Undip

Daftar isi

Mengenal Universitas Pancasila

Universitas Pancasila adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Djakarta Selatan. Kampus ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 196 dan merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Penamaan Universitas Pancasila yang diambil dari ideologi bangsa Republic of indonesia bukanlah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya. Akan tetapi nama ini memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Berangkat dari visi tersebut, Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

Penjelasan Mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Prospek Kerjanya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (February) merupakan salah satu fakultas yang pertama kali hadir di Universitas Pancasila. Tujuan dari fakultas ini didirikan adalah salah satunya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai Praktisi dan Konsultan di tingkat Nasional maupun Internasional bidang Manajemen Bisnis, Perpajakan dan Akuntansi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional dan memiliki etika moral pancasila berbasis teknologi informasi.

FEB Universitas Pancasila memiliki 4 programme studi yang terdiri dari dua program jenjang S1 dan two plan jenjang D3.

i. S1 Manajemen

Prodi S1 Manajemen Feb Universitas Pancasila bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Manajemen Bisnis yang berorientasi kewirausahaan dan dapat bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila berbasis Teknologi Informasi.

Di Prodi ini kamu akan belajar banyak mengenai Manajemen, mulai dari Pengantar Manajemen, Pengantar Kewirausahaan, Mikro & Makro Ekonomi, Manajemen Pemasaran, Analisis Kinerja hingga Manajemen Keuangan Internasional dan masih banyak lagi. Total terdapat 145 SKS yang akan kamu tempuh selama 8 semester

Baca :   Materi Tentang Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Sebagai prodi yang berorientasi pada kewirausahaan, tak heran jika profil lulusan prodi ini tersebar ke berbagai industri seperti BUMN, Pemerintahan, Wirausaha, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional.

2. S1 Akuntansi

Prodi satu ini dihadirkan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan tinggi di bidang pelaporan keuangan entitas bisnis yang akuntabel dan inovatif berbasis teknologi informasi. Sehingga setelah lulusa nanti kamu akan menjadi seorang Akuntan yang memiliki kemampuan dasar dalam bidang audit laporan keuangan dan reporting entitas bisnis yang memiliki sikap dan kepribadian berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Kurikulum Prodi Akuntansi memiliki 145 sks yang terbagi menjadi eight semester. Semester 1 dan 2 kamu akan belajar Kompetensi Dasar (Basic Science Accounting dan mata kuliah umum). Di Semester three & four kamu sudah menerima Kompetensi Pelaporan Keuangan dan Perhitungan Biaya. Kemudian semester 5 & six Kamu belajar mengenai Kompetensi Pemeriksaan Laporan Keuangan dan Konsolidasi Pelaporan Keuangan. Di semester vii & 8 kamu akan mendapatkan Kompetensi dalam Konsep teoritis mengenai pemeriksaan dan pelaporan bisnis entitas untuk melakukan riset dalam kajian bidang audit dan pelaporan entitas bisnis.

Dengan berbagai skill yang kamu miliki ini, setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai Akuntan publik, Akuntan internal, Auditor internal, Konsultan akuntansi dan keuangan (di bidang Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun Manajemen), Akuntan Wirausaha, dan masih banyak lagi.

3. D3 Akuntansi

Tujuan dari prodi D3 akuntansi ini adalah menghasilkan lulusan ahli madya akuntansi yang ahli di bidang penyusunan laporan keuangan entitas bisnis, berorientasi kewirausahaan dan mampu mengikuti perkembangan Iptek berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Berbeda dengan S2 akuntansi, beban studi yang harus ditempuh di jenjang D3 ini untuk dapat menyelesaikan studi sebanyak 109 SKS saja yang ditempuh dalam waktu 6 semester. Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain Pengantar Akuntansi, Pengantar Bisnis, Praktikum Akuntansi Jasa dan Dagang, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, AKuntansi Perpajakan, dan masih banyak lagi.

Baca :   Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Ekonomi Pembangunan Islam

Lulusan Program Studi Akuntansi D3 Universitas Pancasila memiliki profil lulusan antara lain sebagai Penyusun laporan keuangan pada sektor bisnis, atau Asisten accountant dalam jasa audit sektor


Baca juga:

4 Alasan Terbaru Kenapa Harus Kursus Bahasa Inggris Di EF


4. D3 Perpajakan

Prodi ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa/ peserta didik menjadi tenaga-tenaga yang handal (kompeten) baik secara konseptual maupun secara praktikal, yang memacu intelegensi, berfikir secara mendalam dan siap berprestasi dalam bidang perpajakan.

Kurikulum prodi D3 Perpajakan memiliki 110 SKS yang ditempuh dalam 6 Semester. Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain Pengantar Perpajakan, Akuntansi Biaya, Penagihan Pjk & Peradilan Pjk, Bea Cukai, Pajak Internasional, dan masih banyak lagi.

Program Studi D3 Perpajakan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam perencanaan, pelaporan, analisis, konsultansi, pendampingan, dan penyidikan pajak, dengan keahlian spesifik pada bidang SME revenue enhancement, corporate revenue enhancement, employment taxes, dan international taxation.

Selain kelas reguler, February Universitas Pancasila juga memiliki program Kelas Internasional dan Unggulan. Untuk informasi lengkap seputar FEB Universitas Pancasila, klik di sini.

Biaya Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Berikut rincian biaya kuliah di February Universitas Pancasila

Prodi S1 Manajemen S1 Akuntansi D3 Akuntansi D3 Perpajakan
Semester i Rp. sixteen,025,000 Rp. xvi,025,000 Rp. 7,825,000 Rp. ix,600,000
Semester ii Rp. 16,025,000 Rp. 16,025,000 Rp. 7,825,000 Rp. 9,600,000
Semester three Rp. 15,675,000 Rp. xv,675,000 Rp. 8,125,000 Rp. 8,225,000
Semester 4 Rp. 15,675,000 Rp. 15,675,000 Rp. viii,125,000 Rp. eight,225,000
Semester five Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 Rp. 7,625,000 Rp. vi,587,500
Semester 6 Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 Rp. vii,625,000 Rp. 6,587,500
Semester 7 Rp. vii,825,000 Rp. 7,825,000
Semester 8 Rp. 7,825,000 Rp. seven,825,000
Total Rp. 94,700,000 Rp. 94,700,000 Rp.47,150,000 Rp. 48,825,000
Baca :   Harefa Mandala 2010 Kebijakan Pembangunan Dan Kesenjangan Ekonomi Antar Wilayah

Catatan:

  1. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
  2. Biaya sudah termasuk biaya kursus bahasa Inggris LIA Level 1 sampai dengan Level 4 tingkat dasar, Jaket Almamater, dan Asuransi selama kuliah di Universitas Pancasila

Bayar Biaya Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Menggunakan Danacita

Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Universitas Pancasila telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di FEB Universitas Pancasila Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

Kerjasama antara Danacita dan Universitas Pancasila adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa Universitas Pancasila. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di STMIK Likmi tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

Informasi selengkapnya klik di sini.

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan Undip

Source: https://danacita.co.id/blog/biaya-dan-prospek-kerja-fakultas-ekonomi-bisnis-universitas-pancasila/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …