Sarang Burung Kolibri Kelapa

Sarang Burung Kolibri Kelapa

Sarang kontol Srigantil berbentuk kantung dengan portal sarang lega putaran atas dan bertopi.Kontol srigantil juga biasa disebut dengan Sriganti,ada juga yang menyebutnya dengan Kolibri Kelapa,titit species ini berdimensi kecil,jenjang badannya kurang lebih 10cm,dengan paruh runcing memanjang.Tengah titit Srigantil akan semakin panjang sesuai dengan umurnya,semakin tua maka semakin panjang pula paruhnya.

– Klasifikasi ilmiah untuk burung Srigantil; -Kerajaan   : Animalia
-Filum        : Chordata
-Kelas        : Aves
-Ordo         : Passeriformes
-Famili        : Nectariniidae
-Genus       : Nectarinia
-Spesies     : Falak.jugularis

Kerjakan jenis ini penyebarannya meliputi;Indonesia,Cina,Asia tenggara,Filipina,Australia,Malaysia.Medium di kapling air kita kalam Sriganti tersebar dibanyak wilayah,seperti;Jawa,Sulawesi,Bali,Maluku,Papua,Kalimantan,Sumatera.
Selain memakan nektar/madu rente,burung Srigantil juga meratah serangga-insek boncel,laba-laba,larfa semut (kroto).Habitat burung Srigantil meliputi;pekarangan,pesawahan,kebun,tegalan/ladang,jenggala,pantai,sekali lagi hutan mangruve.

Pejantan kalam Srigantil/Kolibri Nyiur.

Kepala pada pejantan burung Srigantil meiliki warna yang luhur,pada bagian kening,dagu dan dadanya berwarna biru keunguan,hitam metalik (berwarna seperti sambeliren,bahasa Jawa),punggung pejantan berwarna hijau yaitun dengan calit hitam,bagian dada setakat tembolok bercelup kuning,paruh dan kakinya berwarna hitam.

Pejantan acap siapa merondai disekitar sarang kerjakan menjaga wilayahnya.

Betina titit Srigantil/Kolibri Kelapa.

Menengah dandan adegan jidat ,dagu dan dada pada betina pelir Srigantil tidak seperti rona sreg pejantan,warna rambut betina asa kusam,plong bagian dagu berwarna kuning dengan garis hitam,dada setakat perut berwarna kuning,pada alis betina terdapat garis kuning nur,bekas kaki bercat hijau yaitun,perdua juga kakinya bercelup hitam.

Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa, di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok.

Butuh Srigantil membangun sarang dengan beberapa keberagaman material nan terdapat di kewedanan bekas mereka berkembang biak,biasanya dengan bilang rabuk tumbuhan,jukut,kulit gawang,sarang laba-laba,bunga alang-alang,rente gendot,kapuk randu,bulu berwarna putih.Baiklah kali ini saya akan berusaha mengurai material sarang kontol Srigantil yang saya terima di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok,yang lakukan masa ini memang sengaja diperuntukkan sebagai hutan penjaga serapan air,karena memang di Bengkel Teater Rendra memiliki air dengan kualitas jenjang dan bisa sinkron konsumsi(tanpa proses pemasakan),masyarakat sekitarpun banyak yang memanfaatkan air tersebut.

Baca :   Model Baju Batik Kombinasi Blazer

Sarang kalam Srigantil/Kolibri Nyiur tertentang depan.

Dari depan jelas kita bisa melihatnya berbentuk jala-jala dengan pintu sarang pada bagian atas,dan puas atas sarang terdapat semacam topi (kanopi,jikalau puas rumah).Bagian luar sarang tersusun terbit material-material yang kian kasar dan dengan sintesis sarang laba-laba,suka-suka pula selerang pembungkus telur laba-laba,daun-daun kerdil(seperti mana patera sengon),remah kulit ayu.

Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa terpandang belakang.

Bagian pantat sarang rajutan sarang titit ini merenda pada ranting tanaman,dan fragmen kantung yang kebawah ada rajutan sarang menempel puas daun dengan material kasar dan sarang lawah-lawah,hal tersebut menambah keefektifan kontruksi sarang dan meminimkan goyangan sarang akibat tiupan angin.

Sarang kontol Srigantil/Kolibri Kelapa tampak samping.

Potongan horizontal memanjang sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

Jelas bisa kita lihat pada isisan melintang ki bertambah sarang burung ini pembagian material penyusun sarangnya,plong adegan dalam tersusun atas material yang bersifat lembut/empuk dan hangat,seperti;kapuk randu,rente ilalang,anak uang gendot,kulit pembungkus telur kawa-kawa,kawul-jamur lumat.Plong episode luar tersusun atas material yang lebih kasar ,sebagai halnya; serat tapas(penutup petiolus tanaman kelapa),jamur gedebong (pohon pisang),rabuk pohon keliki yang telah tandus,akar talas kersang,serat suket,serat muda busung,dan tidak-lain.Baja-serat tersebut dirajut dengan sintesis material sarang laba-laba,terutama sreg bagian pangkal/tangkai sarang (bagian yang menggetah pada ranting pohon) banyak terwalak fusi sarang laba-labanya.

Rajangan sarang zakar Srigantil/Kolibri Kelapa melintang memotong.

Mulai sejak potongan memotong ini bisa kita lihat bagian dalam bawah nan lebih didominasi material lembut dan subtil bersifat panas kuku,diantaranya;bunga ilalang,anakan gendot,kabu-kabu randu.Pada bagian asal sarang salutan anakan lalang dan bunga gendot lumayan tepal,sementara puas sisi-arah samping banyak terletak kapuk randu.

Material-material pencipta sarang burung Srigantil/Kolibri Kelambir yang saya rampas di kawasan Bengkel Teater Rendra antara lain adalah sebagai berikut :

Baca :   Minyak Burung Cinta Kasih

1.Serat patera kelambir.

-Serat janur banyak tersusun lega bagian luar dan bagian tengah kontruksi sarang,hanya pada bagian tengah kontruksi sarang terdapat juga sedikit serat patera kelapan dengan ukuran makin lembut/katai .

2.Tapas (pembungkus asal tulang daun tumbuhan kelapa).

-Serat tapas (pembungkus dasar pelepah tumbuhan kelapa) banyak saya temukan baik pada bagian luar sarang ataupun interior sarang,cuma plong bagian luar sarang material ini lebih kasar,sedangkan pada adegan kerumahtanggaan kontruksi sarang memiliki material rabuk tapas nan lebih halus.Serat tapas damping mendominasi material tulang kontruksi sarang penis Srigantil/Kolibri Kelapa.

3.Serat pohon pepaya .

-Serat pohon pepaya tidak mendominasi material sarang ceceh Srigantil, serat ini terletak lega bagian sarang kontruksi luar.

4.Akar susu tanaman talas.

-Akar pokok kayu talas yang sudah lalu kering sepertinya bukan material terdepan/kiat sreg kontruksi sarang burung Srigantil,akar tunjang pokok kayu talas saya tatap hanya ada plong episode luar kontruksi sarang.

5.Bunga alang-alang dan bunga gendot

-Bunga ilalang dengan campuran bunga pohon gendot banyak terwalak pada bagian dalam terutama pada bagian asal sarang,lapisan bunga lalang dengan sintesis anakan gendot lumayan tebal plong bagian intern bawah sarang,situasi ini suntuk erat dengan fungsi sarang itu sendiri yang memang kancah untuk bereproduksi (mengerami telur).Pantas sekadar apa bila lapisan material ini banyak lega penggalan dalam bawah sarang dimana putaran tersebut berfungsi untuk menaruh telur-telur.

6.Kapas randu

-Kas lumbung banyak terdapat pada fragmen gelanggang telur dan juga sreg fragmen kontruksi dinding dalam sarang.

7.Patera sengon.

-Daun sengon dan juga daun albasiah juga terdapat di antara material pereka cipta sarang pada putaran kontruksi dinding sarang,material ini juga bukanlah material utama atau bisa kita katakan material tambahan saja plong sarang burung Srigantil.

8.Basung telur laba-laba.

Baca :   Harga Kandang Burung Dara 2 Pintu

-Bungkus telur galagasi juga terwalak puas beberapa bagian kontruksi sarang butuh Srigantil,pada bagian;tempat telur,pada dinding bagian dalam sarang,sejumlah pada dinding eksterior sarang.Material ini erat menyerupai kapas jikalau kita bentang.

9.Serat gedebong (pohon pisang).

-Material ini banyak terdapat pada kontruksi sarang bagian luar,meskipun pada bagian kontruksi n domestik juga terletak sedikit material kawul gedebong pisang.

10.Sarang lawah-lawah.

-Material berbahan dasar sarang laba-laba ini sepertinya mendominasi kontruksi sarang titit Srigantil,menurut hemat saya sarang gonggo mempunyai kemujaraban perekat antar material sarang yang lainya.Sarang laba-laba juga banyak ditemui sreg gandar cangkul sarang yang mengait pada ranting tumbuhan, dan kembali pada bagian yang berpasangan plong daun menjuntai ke dasar,yang berfungsi seumpama penguat pencahanan sarang serta mengurangi goyangnya sarang akibat tiupan kilangangin kincir.

11.Kulit kayu.

-Kulit kayu,material berbahan kulit gawang saya temui plong babak kontruksi luar sarang,dan sepertinya material ini juga seperti mana material daun sengon yang saja menjadi material tambahan puas kontruksi sarang.

Sarang kalam Srigantil sangat dipengaruhi makanya faktor kesiapan material sreg daerah di mana mereka sangat dan berkembang biak,dan material-material tersebut di atas hanya sempel pada suatu area sekadar,akan berbeda sekali lagi material penyusun kontruksi sarang plong sarang butuh Srigantil yang kita jumpai di lain arena.Terkadang pada sarang burung Srigantil kembali bisa kita temui material seperti;ijuk,rambut manusia,bulu lembut unggas yang bercelup zakiah/seri,sejumlah macam rente.Saya sangkut-paut mendapati sarang Srigantil plong daerah curug Sekar Langit,pada sarang tersebut saya temukan material pembentuk sarang berupa lumut,juga bunga kaliandra dan rambut jagung.

Semooga uraian tentang material penyelenggara sarang pelir Srigantil ini mampu menanbah proklamasi dan referensi privat menyediakan material sarang bikin para breeder burung.Terimakasih dan mohon tambahan informasi akan halnya kejadian yang bersangkutan untuk menggunung bahan riset yang saya lakukan.

GENKOBI

Elex.SW/Ciputat/2016

Sarang Burung Kolibri Kelapa

Source: http://genkobi.blogspot.com/2016/04/material-sarang-burung-srigantilkolibri.html?m=1

Check Also

Pola Jubah Anak Laki2

Pola Jubah Anak Laki2 Acuan baju jubah anak laki laki – Jikalau kamu mencitacitakan ideal …