Programme STUDI SARJANA ILMU EKONOMI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjajaran


Universitas Padjadjaran


Program

Studi

Plan Studi

Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi berkomitmen untuk menghasilkan profil lulusan sebagai Ekonom, yaitu Sarjana Ekonomi yang profesional, berdaya saing internasional, dan kompeten menjawab permasalahan terkait isu-isu ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat serta mampu merespons perubahan global. Dengan didukung oleh penguasaan konsep dasar ekonomi, penguasaan information, kemampuan analisis dan prediksi tren ekonomi yang mengandalkan pendekatan kuantitatif, lulusan Prodi Ilmu Ekonomi diharapkan mampu memberikan rekomendasi dan solusi bagi kalangan bisnis dan pemerintahan. Untuk mencapai tujuan ini, Prodi Ilmu Ekonomi telah mendapatkan akreditasi dari ABEST21 (the Alliance of Business Education for Scholarship Tomorrow in the 21st Century), sebuah badan akeditasi internasional yang berbasis di Jepang.

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 3 Nov 2020 Nomor: 1107/UN6.RKT/Kep/HK/2020 nama Prodi Sarjana Ekonomi Pembangunan berubah menjadi Prodi Sarjana Ilmu Ekonomi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan peringkat akreditasi Prodi Ilmu Ekonomi pada Programme Sarjana Universitas Padjadjaran adalah “A” berdasarkan keputusan Nomor: 753/SK/BAN-PT/Ak-PNB/South/Ii/2021 yang berlaku sampai dengan tanggal 26 Januari 2026.


Kurikulum

Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi memiliki beban studi kumulatif minimum 144 SKS dan maksimum 160 SKS yang dijadwalkan untuk masa studi viii semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari eight semester dengan batas studi selama-lamanya 14 semester. Pada semester 1 hingga four, mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi wajib menempuh rangkaian Mata Kuliah Wajib sebanyak 83 SKS, termasuk di dalamnya 11 SKS mata kuliah wajib universitas. Setelah menempuh perkuliahan minimum lxxx sks, mahasiswa dapat melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Pada semester 5 hingga vii, mahasiswa dapat memilih untuk mengambil program perkuliahan internal prodi atau program eksternal. Mahasiswa yang memilih program internal, akan ditawarkan Mata Kuliah Pilihan (MKP) yang dapat diambil sesuai dengan minat, yang dalam kurikulum disebut sebagai “Mata Kuliah Internal Prodi”. Sementara itu, untuk mahasiswa yang mengambil program eksternal dapat menggunakan hak MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan mengambil mata kuliah lintas prodi atau pun lintas universitas, baik di dalam atau di luar negeri, atau melakukan aktivitas-aktivitas dalam kerangka MBKM, yang dapat dikonversi menjadi SKS mata kuliah.

Setelah menempuh perkuliahan minimum 121 sks, pada semester viii mahasiswa diharapkan mempersiapkan proses penulisan tugas akhir, berupa skripsi atau publikasi paper. Sebelum melakukan penulisan skripsi, mahasiswa harus lulus ujian kompre yang dilaksanakan rutin terjadwal setiap dua kali dalam sebulan. Setelah melengkapi seluruh rangkaian pembelajaran dan penulisan tugas akhir, mahasiswa diizinkan untuk mengajukan Sidang Sarjana.


Rumpun Keilmuan

Beberapa bidang rumpun keilmuan Prodi Ilmu Ekonomi adalah sebagai berikut:

Ekonomi Pembangunan dan Kebijakan Publik

Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan

Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Ekonomi Moneter dan Sektor

Keuangan

Ekonomi Industri dan Perdagangan Internasional


Program

Internasional

Program Internasional

Program pembelajaran Internasional di Prodi Ilmu Ekonomi berada di bawah koordinasi Kantor Hubungan Internasional FEB, di mana mahasiswa dapat melakukan
Educatee Exchange
dan
Double Degree. Skema
Educatee commutation
dilakukan selama half dozen (enam) bulan, dan aktivitas tersebut difasilitasi dengan
transfer credit. Sementara untuk skema
Double Degree, mahasiswa akan mengikuti kuliah di universitas partner selama beberapa semester (bisa two atau iv semester bergantung universitas partner) setelah menyelesaikan four-6 semester di Feb Unpad. Untuk mahasiswa Double Degree akan mendapatkan dua ijazah dari Unpad dan Universitas Partner. Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi kelas internasional wajib memenuhi kewajiban
International Exposure
dengan poin minimal seventy. Poin ini dapat bersumber dari aktivitas
Educatee Exchange,
Double Degree
atau
Summertime Plan
dan
Conference
di luar negeri. Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi kelas Reguler hanya dapat mengikuti
Educatee Exchange
jika memenuhi skor kemampuan Bahasa English language.

Baca :   Perkembangan Strategi Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Mahasiswa internasional merupakan bagian yang sangat penting dalam lingkungan Prodi Ilmu Ekonomi yang beragam. Transisi dalam masa perkuliahan di negara lain menghadirkan tantangan dan peluang unik. Di bawah Kantor Urusan Internasional FEB Unpad, mahasiswa internasional Prodi IE akan dibimbing oleh staf profesional yang selalu siap membantu dalam penyesuaian diri dengan lingkungan akademik dan sosial yang baru.

Informasi mengenai programme internasional dapat menghubungi laman resmi:

Ilmu Ekonomi FEB Unpad


Asisten

Pengajar

Asisten Pengajar

Selama menempuh perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi, mahasiswa berkesempatan untuk menjadi bagian dari Asisten Pengajar dan Asisten Peneliti. Selama menjadi Asisten Pengajar, mahasiswa dapat berkontribusi dalam pelaksanaan praktikum pada mata kuliah Mikroekonomi, Makroekonomi, Statistika Ekonomi dan Bisnis, dan Ekonometrika. Proses rekrutmen untuk calon Asisten Pengajar yang dilakukan setahun 2 (dua) kali dilakukan untuk mencari kandidat terbaik yang menguasai materi-materi perkuliahan terkait serta mempunyai kemampuan
public speaking. Rekrutmen Asisten Pengajar Mikroekonomi dan Makroekonomi dapat diikuti oleh mahasiswa dengan nilai minimal B pada setiap mata kuliah Mikroekonomi dan Makroekonomi. Rekrutmen Asisten Pengajar Ekonometrika dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah lulus di mata kuliah Pengantar Ekonometrika dan Ekonometrika Lanjutan yaitu Time Serial atau Mikroekonometrika. Sementara, rekrutmen Asisten Pengajar Statistika Ekonomi dan Bisnis adalah dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah lulus di mata kuliah tersebut.

Calon Asisten Pengajar akan menjalani serangkaian tes yang terdiri dari seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, serta tes mengajar. Untuk Asisten Statistika Ekonomi dan Bisnis harus memiliki kemampuan penggunaan software pengolah data berupa SPSS dan MS Excel, dan Asisten Ekonometrika harus lulus juga dalam tes STATA.


Mata

Kuliah

Mata Kuliah

Mata Kuliah SKS
Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro (+Praktikum) three
Statistik Ekonomi dan Bisnis (+Praktikum) 3
Matematika Ekonomi dan Bisnis 3
Pancasila 3
Kewarganegaraan 3
Bahasa Indonesia 3
Agama 3
Olah Kreativitas dan Kewirausahaan 3
Mata Kuliah SKS
Pengantar Ilmu Ekonomi Makro (+Praktikum) iii
Mikroekonomi I (+Praktikum) 3
Ekonomi Digital iii
Introduction to Data Science for Economists 3
Ekonomi Publik three
Perekonomian Indonesia iii
Career Planning iii
Mata Kuliah SKS
Makroekonomi I (+Praktikum) 3
Pengantar Ekonometrika (+Praktikum) 3
Mikroekonomi Ii 3
Ekonomi Industri iii
Ekonomi Keuangan 3
Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan 3
Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan 3
Mata Kuliah SKS
Makroekonomi 2 3
Ekonomi Pembangunan 3
Ekonomi Moneter 3
Ekonomi Perencanaan 3
Ekonomi Internasional 3
Metodologi Penelitian iii
Time Series Econometrics atau Microeconometrics
(+Praktikum)
3
Mata Kuliah SKS
KKN three
Mata Kuliah Pilihan 3
Mata Kuliah SKS
Tugas Akhir half dozen
Mata Kuliah SKS
Depository financial institution dan Lembaga Keuangan Lainnya iii
Digital Finance iii
Ekonomi E-commerce 3
Ekonomi Kebijakan Publik iii
Ekonomi Kependudukan three
Ekonomi Kesehatan 3
Ekonomi Kewirausahaan 3
Ekonomi Koperasi dan UMKM 3
Ekonomi Pariwisata dan Kreatif 3
Ekonomi Pendidikan iii
Ekonomi Perkotaan 3
Ekonomi Pertanian three
Ekonomi Politik dan Kelembagaan iii
Ekonomi Regional 3
Ekonomi Regulasi 3
Ekonomi Strategi 3
Environmental Valuation 3
Evaluasi Proyek 3
Game Theory 3
Kebanksentralan three
Multivariate Analysis: Quantitative Methods for Economist three
Penganggaran Perencanaan Sektor Publik iii
Perbandingan Sistem Ekonomi 3
Permodelan Ekonomi 3
Sejarah Pemikiran Ekonomi 3
Seminar Ekonomi Industri 3
Seminar Ekonomi Keuangan 3
Seminar Ekonomi Moneter 3
Seminar Ekonomi Pembangunan 3
Seminar Ekonomi SDA & Lingkungan three
Seminar Perdagangan Internasional iii
Teknik Perdagangan Internasional 3
Internship in Economic science 3
Baca :   Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesi


Jalur Karir

Lulusan Prodi Ilmu Ekonomi dapat menempuh jalur karir sebagai:

Analis Kebijakan Publik

Analis Bisnis dan Riset Pasar

Analis Keuangan dan Perbankan.


Penerimaan

Ada tiga pilihan seleksi untuk mendaftar di program studi ini yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SMUP:

Penerimaan


Postingan Terbaru


Belajar ekonomi secara fundamental sangat membantu saya dalam kehidupan sebagai individu maupun sebagai masyarakat Republic of indonesia. Didukung oleh Dosen dan Tenaga Pendidik yang kompeten pada bidangnya menjadikan perkuliahan terasa mudah dan membuat ingin terus menuntut ilmu.

Mariska Ramadhini

Mariska Ramadhini

ESP 2011, Staf Direktorat Ketenagakerjaan Bappenas

Menjadi mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi menjadi suatu peristiwa besar dan istimewa yang pernah saya dapatkan. Kebanyakan prodi lain biasanya hanya belajar dan fokus pada satu mata kuliah yang ditentukan, tetapi melalui di Prodi Ekonomi kita dapat melihat dan mempelajari banyak aspek pengetahuan menggunakan kacamata ekonom kita. Pemikiran analitis kita dikembangkan secara menyeluruh dan kemampuan kita diasah untuk mencari dan memecahkan masalah baik itu mikro maupun makro. Selamat belajar, dan cobalah untuk tidak membenci matematika karena kita akan banyak menghitung.

Lulu Lalita Sundaji

Lulu Lalita Sundaji

ESP 2015


C&B Senior Assistant di PT. Vivo Mobile Indonesia

Saya beruntung Prodi Ilmu Ekonomi dapat mengasah keterampilan yang saya butuhkan melalui analisis ekonomi makro dan mikro, pengalaman organisasi yang intensif di Hima ESP, dan lingkungan yang kondusif antara dosen dan mahasiswa. Saya percaya Ilmu Ekonomi adalah pilihan terbaik untuk mempersiapkan tantangan masa depan kita dan saya berharap mahasiswa yang akan datang juga membuat pilihan yang bijaksana.

Raditya Aviantara

Raditya Aviantara

ESP 2014


Economic Analyst di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia

Kritis dan sadar terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat menjadi kebutuhan setiap individu. Prodi Ilmu Ekonomi mampu menanamkan pola pemikiran tersebut. Tidak hanya itu, Prodi Ilmu Ekonomi juga mendorong kemampuan setiap mahasiswanya untuk menganalisa permasalahan menggunakan metodologi terbaik, berkualitas, dan valid guna menciptakan solusi-solusi konkrit, tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan di lapangan, dengan tujuan akhir mendukung peningkatan kesejahteraan dan kehidupan berkeadilan bagi seluruh individu.

Yusuf Faisal Martak

Yusuf Faisal Martak

ESP 2014


Consultant di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Belajar di Prodi Ilmu Ekonomi menambah banyak wawasan serta dapat mengasah kemampuan analisis dengan cara berpikir yang terstruktur dalam prencanaan, menganalisis kebijakan publik, keuangan dan moneter, serta memecahkan masalah di ruang lingkup perekonomian baik dari sisi mikro dan makro khususnya di Indonesia. Hal ini sangat bermanfaat ketika terjun di bidang perencanaan, industri keuangan dan lain sebagainya.

Mutiara Maulidya

Mutiara Maulidya

ESP 2013 – Staf Bappenas

Pola pengajaran, kualitas dosen, pembinaan integritas, dorongan semangat, motivasi dan daya juang dari dosen dan teman-teman seangkatan maupun lintas angkatan, pembentukan idealisme, pengembangan softskill dan hardskill, lingkungan belajar dan penelitian yang kondusif, serta pemahaman kita terhadap ekonomi yang didapat selama perkuliahan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja.

Derry Yusria

Derry Yusria

ESP 2006, Spesialist Divisi Pasar Modal Sariah, BEI

Adalah suatu kesempatan yang baik untuk dapat berkuliah dan bergabung di Prodi Ilmu Ekonomi pada tahun 2003, dan itu telah mempengaruhi minat saya dalam pembuatan kebijakan ekonomi, dan juga membentuk pengetahuan saya untuk menangani berbagai masalah ekonomi. Dari sisi perkuliahan, Prodi Ilmu Ekonomi menawarkan silabus yang sangat komprehensif, yang tidak hanya mencakup landasan teoretis, tetapi juga langkah-langkah metodologis dan praktis untuk memahami implikasi kebijakan ekonomi.

Baca :   Materi Perdagangan Internasional Dan Pembangunan Ekonomi.doc

Dosen-dosennya keren dan inspiratif. Mereka adalah guru-guru terkemuka di bidangnya, dengan jaringan dan pengalaman yang luas baik di lembaga swasta maupun pemerintah. Mereka juga berpikiran terbuka dan menyenangkan untuk diajak berbagi, baik untuk berbagi ide baru atau berkonsultasi untuk kinerja akademik siswa.

Sekarang, dalam karir saya sebagai pejabat pemerintah, saya menerapkan hampir semua mata pelajaran yang saya pelajari, seperti ekonomi makro, moneter, ekonometrik, statistik, serta kebijakan publik.

Tari Lestari

Tari Lestari

Deputy Director for Financing and Monetary Analysis


The Ministry of National Development Planning/Bappenas


IESP Course of 2007

Prodi Ilmu Ekonomi Unpad, memberikan kesempatan untuk melatih kemampuan analisa dan mengedepankan pendekatan logis dalam mengambil keputusan. Mempelajari teori-teori ekonomi baik mikro maupun makro juga memberikan bekal untuk mencari benang merah dari suatu permasalahan dan berupaya mencari solusi berdasarkan hal tersebut. Semoga berjaya selalu untuk Prodi Ilmu Ekonomi Unpad.

Fahmi Alli Sarosa

Fahmi Alli Sarosa

ESP 1997


Kepala Bagian Penyusunan dan Evaluasi Anggaran Kementerian dan Perwakilan Kementerian Luar Negeri

Hal terpenting yang saya dapatkan pada saat berkuliah di ESP Unpad adalah terkat dengan kemampuan kognitif, di mana kemampuan analisis, berpikir kritis, dan berpikir
out of the box
diberikan dengan sangat baik oleh para dosen yang ditunjang oleh kegiatan praktika, perpustakaan dan lingkungan pendidikan yang baik. Semua yang saya dapatkan tersebut menjadi modal yang sangat bermanfaat ketika lulus dan menempuh dunia kerja.

Maxensius Tri Sambodo

Maxensius Tri Sambodo

ESP 1995, Peneliti Ahli Utama, Pusat Penelitian Ekonomi, LIPI

Prodi ilmu ekonomi Unpad adalah tempat belajar untuk mengasah kemampuan analisis dan cara berpikir yang runut dalam memecahkan permasalahan ekonomi. Hal tersebut sangat berguna ketika berkecimpung di industri pasar modal, termasuk pasar modal syariah, baik sebagai regulator, pelaku pasar maupun investor. Karena kunci sukses di pasar modal adalah bagaimana menganalisis banyak faktor sebelum mengambil keputusan investasi.

Irwan Abdalloh

Irwan Abdalloh

ESP 1991 Unpad Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Republic of indonesia

Mempelajari Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan membantu saya mengembangkan pola pikir yang luas sehingga membantu saya menjadi pembawa acara/penyiar yang berwawasan. Sekarang sebagai anggota DPR RI saya terbantu untuk mengerti prinsip pembuatan kebijakan pemerintahan.

Muhamad Farhan

Muhamad Farhan

ESP 1989, Anggota DPR RI

Saya alumnus Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fak. Ekonomi Unpad angkatan 1985.
Ilmu yang saya raih selama berkuliah di jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan sangat bermanfaat dalam menunjang profesi saya sebagai seorang bankir, terutama dalam bekerja dengan cermat, baik dalam menganalisa dan melihat peluang bisnis maupun memitigasi risiko yang mungkin timbul di masa yg akan datang. Semoga Prodi Ilmu Ekonomi Unpad terus menjadi gudang ilmu dalam membangun sumber daya manusia Indonesia utk dapat bersaing secara global.

Nia Kania

Nia Kania

ESP 1985, Direktur Keuangan Bank BJB


Partner