Soal Essay Dan Jawaban Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Soal Essay Dan Jawaban Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Soal (Uraian) Materi Pertumbuhan Ekonomi



ane. Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:

Menurut teori ini pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu jumlah penduduk, jumlah barang modal, luas tanah dan kekayaan alam serta teknologi yang digunakan.

ii. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

3. Apa faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ?

Jawaban:

Beberapa poin yang termasuk pada faktor eksternal, antara lain tren, budaya, sosial politik, ideologi, maupun perekonomian, sumber-sumber permodalan, peraturan pemerintah, perkembangan teknologi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan lingkungan.

iv. Apa saja ciri ciri pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:

Adanya laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapita yang sangat cepat. Perkembangan produktivitas masyarakat. Pertumbuhan tingkat struktural yang melesat. Tingkat urbanisasi yang tinggi

5. Bagaimana pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021?

Jawaban:

“Kemungkinan pertumbuhan ekonomi 2021 hanya 3,7 persen,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita edisi Desember 2021, Senin (3/1/2022). Seperti diketahui, Sri Mulyani pernah menyampaikan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 akan berkisar 3,5 persen sampai dengan 4,0 persen secara tahunan (yr-on-twelvemonth/yoy).

6. Apa itu Produk Domestik Bruto (PDB)?

Jawaban:

Pada prinsipnya, pertumbuhan ekonomi dapat dipahami sebagai pertambahan pendapatan nasional atau pertambahan output atas barang dan jasa yang diproduksi selama satu tahun. Dari sini jelas bahwa indikator pertumbuhan ekonomi salah satunya ditunjukkan oleh nilai PDB (Produk Domestik Bruto). PDB merepresentasikan pendapatan nasional riil yang dihitung dari keseluruhan output dari barang dan jasa yang diproduksi suatu negara. Syarat bagi suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila nilai PDB atau pendapatan nasional riil mengalami kenaikan dari periode sebelumnya.

Baca :   Aspek Ekonomi Terkait Pembangunan Jalan Tol Solo-kertosono

7. Apa itu Pendapatan riil per kapita?

Jawaban:

Pendapatan riil per kapita menunjukkan pendapatan masyarakat suatu negara. Jika pendapatan masyarakat secara keseluruhan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, maka dapat dikatakan bahwa perekonomian di negara tersebut juga mengalami pertumbuhan yang positif.

8. Apa itu Kesejahteraan penduduk?

Jawaban:

Indikator kesejahteraan penduduk ini memiliki keterkaitan dengan pendapatan riil per kapita. Semakin banyak barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara tentu harus ditunjang dengan distribusi yang lancar. Jika distribusi barang dan jasa lancar, maka distribusi pendapatan per kapita di seluruh wilayah negara merata. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di negara tersebut.

nine. Apa itu Tingkat penyerapan tenaga kerja dan pengangguran?

Jawaban:

Ketika lapangan kerja tersedia sehingga tingkat penyerapan tenaga kerja tinggi, saat itulah negara mengalami pertumbuhan ekonomi. Tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi jelas berpengaruh pada berkurangnya angka pengangguran. Artinya, produktivitas meningkat.

10. Apa yang dimaksud dengan teori pertumbuhan ekonomi Klasik?

Jawaban:

Teori pertumbuhan ekonomi klasik adalah beberapa teori yang diungkapkan oleh para ekonom mengenai pertumbuhan ekonomi dari sudut pandang pertambahan penduduk. Jadi semua teorinya itu didasarkan oleh sedikit atau banyaknya penduduk di daerah tersebut.

11. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith?

Jawaban:

Adam Smith menjabarkan pendapatnya tentang bagaimana caranya menganalisis pertumbuhan ekonomi dengan dua faktor, yaitu faktor output total dan faktor pertumbuhan penduduk.

1. Sumber Daya Manusia.

2. Sumber Daya Alam.

iii. Pembentukan Modal.

4. Pengembangan Teknologi.

five. Faktor Sosial dan Politik.

12. Apa yang dimaksud teori pertumbuhan?

Jawaban:

Teori pertumbuhan merupakan salah satu teori yang mencoba untuk menjelaskan fenomena perubahan sosial, khususnya pada masyarakat negara berkembang. Teori ini dikembangkan oleh sejumlah ahli dengan mengacu pada ide untuk memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat negara berkembang.

Baca :   Jurnal Ekonomi Pembangunan Bappeda Aceh

xiii. Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berdasarkan teori Solow?

Jawaban:

Ada beberapa teori yang mengkaji tentang pertumbuhan ekonomi, salah satunya yaitu teori Solow-Swan. Teori ini menyebutkan terdapat tiga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu pertumbuhan jumlah tenaga kerja, akumulasi modal, dan kemajuan teknologi.

14. Apa saja teori pertumbuhan wilayah?

Jawaban:

Teori Pertumbuhan Wilayah

1. Teori tempat sentral (key identify theory)

2. Teori kutub pertumbuhan (growth pole theory)

3. Potensi daerah setempat

4. Konsep agropolitan

Soal Essay Dan Jawaban Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Source: https://www.balkopites.com/2018/09/soal-essay-pertumbuhan-ekonomi.html

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …