Soal Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Serta Jawab

Soal Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Serta Jawab

Halo, Sobat Zenius! Di artikel kali ini gue akan memberikan contoh soal dari materi di Mata pelajaran Ekonomi kelas 11.

Lewat rangkuman materi dan contoh soal serta pembahasan ini, gue harap elo bisa jadi lebih memahami bagaimana ekonomi bekerja dalam kehidupan kita sehari-hari.

Elo akan mempelajari materi pendapatan nasional, sampai materi ketenagakerjaan.

Rangkuman contoh soal Ekonomi ini juga bisa menjadi pedoman elo untuk memberikan gambaran, kira-kira contoh soal yang bakal keluar seperti apa sih di ujian nanti.

Berikut ini adalah daftar lengkap materi Ekonomi yang akan elo pelajari di semester ane kelas 11 ini:

  • Pendapatan Nasional
  • Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
  • Ketenagakerjaan

Penasaran gimana soal-soalnya seperti apa? Yuk, kita simak bersama-sama!


Topik 1: Pendapatan Nasional – Mengenal Pendapatan Nasional

Contoh Soal i:

Dispensable Income adalah selisih personal income dikurangi…

A. Transfer Pendapatan

B. Depresiasi Barang Modal

C. Pajak Tak Langsung

D. Laba Ditahan

Eastward. Pajak Langsung

Jawaban dan Pembahasan:

Pendapatan Disposibel atau Dispensable Income (DI) adalah Pendapatan Pribadi atau Personal Income (PI) yang dikurangi dengan pajak langsung.

Berikut adalah rumus perhitungannya:

DI = PI – pajak langsung

Pajak langsung adalah pajak yang tidak bisa dialihkan ke orang lain. Misalnya pajak penghasilan. Nah, pajak itu kan gak bisa dialihkan ke orang lain, karena dihitung dari penghasilan masing-masing orangnya.

Jadi jawabannya adalah
E. Pajak Langsung.

Baca Juga:

Pendapatan Nasional – Materi Ekonomi Kelas eleven


Topik two: Pendapatan Nasional – Pendapatan Per Kapita

Ilustrasi menghitung pendapatan dan pengeluaran per-bulan (dok: Freepik)

Contoh Soal 2:

Suatu negara memiliki data tentang pendapatan nasional berikut ini:

  • PDB sebesar 567.000 Miliar
  • Pendapatan perusahaan asing di negara tersebut sebesar 180.000 Miliar
  • Pendapatan warga negara di luar negeri sebesar xiii.000 Miliar
  • Dengan jumlah penduduk 100 juta

Berdasarkan data di atas, pendapatan per kapita di negara itu berdasarkan World Bank adalah…

A. 400.000 K

Baca :   Jelaskan Permasalahan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

B. 40.000 Grand

C. 4.000 M

D. 56.700 1000

E. 5.670 M

Jawaban dan Pembahasan:

Rumus Pendapatan Perkapita = GNP : Jumlah Penduduk

Nah, World Bank itu menghitung pendapatan penduduk asli dalam negeri maupun penduduk asli di luar negeri. Kalo Gdp hanya pake satu wilayah aja.

Kita itung dulu GNP nya dengan rumus:

GNP = GDP – Pendapatan WNA di dalam negeri + Pendapatan WNI di luar negeri

  • GNP = 567.000 Miliar – 180.000 Miliar + 13.000 Miliar
  • GNP =  400.000 Miliar

Nah, karena GNP udah ketemu, selanjutnya
Pendapatan Perkapita = GNP : Jumlah Penduduk

Maka, 400.000 Miliar dibagi 100 juta penduduk

Berarti 400.000.000 juta dibagi 100 juta = 4.000.000 juta, berhubung satuannya miliar berarti
4.000 Thousand (C).

Baca Juga:

Rumus GDP dan GNP , Cara Menghitung dan Contoh Soal


Topik 3: Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi – Pembangunan Ekonomi

Contoh Soal 3:

Pernyataan yang tepat mengenai pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah ….

A. Indikator dari pertumbuhan ekonomi adalah ketika masyarakatnya sejahtera ditandai dengan tingkat pendidikan yang tinggi, kemiskinan rendah, dan distribusi pendapatan yang merata

B. Indikator dari pembangunan ekonomi adalah ketika PDB meningkat

C. Pembangunan ekonomi merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi

D. Jika suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut juga mengalami pembangunan ekonomi

Due east. Jika suatu negara itu mengalami pertumbuhan ekonomi, sudah dapat dipastikan negara tersebut juga mengalami pembangunan ekonomi

Jawaban dan Pembahasan:

Oke, untuk menjawab soal yang satu ini, elo harus tau dulu nih pengertian dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang terlihat dari kenaikan GDP.
  • Pembangunan ekonomi adalah proses terencana dan berkelanjutan dalam jangka panjang yang bertujuan menaikkan GDP suatu negara yang lebih besar daripada kenaikan penduduk yang disertai oleh perubahan dalam struktur sosial ekonomi. Seperti penurunan pengangguran, penurunan kemiskinan dan perbaikan ketimpangan distribusi pendapatan.

Nah, dari pengertian di atas, elo bisa liat kalo pertumbuhan ekonomi cuman fokus ke kenaikan Gdp.

Sedangkan pembangunan ekonomi menaikan menaikan Gross domestic product tapi juga melihat penurunan pengangguran, penurunan kemiskinan dan perbaikan ketimpangan distribusi pendapatan.

Jadi kalau suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut mengalami pembangunan ekonomi.

Kebalikannya, jika suatu negara sudah berhasil melakukan pembangunan ekonomi maka negara tersebut pasti mengalami pertumbuhan ekonomi.

Baca :   Daftar Pustaka Konsep Pembangunan Ekonomi Pdf

Berarti jawabannya adalah
D. Jika suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut juga mengalami pembangunan ekonomi.

Baca Juga:

Pembangunan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11


Topik 4: Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi – Teori Pertumbuhan Ekonomi Klasik dan Neoklasik

Contoh Soal 4:

Ekonom yang menitikberatkan kewirausahaan sebagai syarat untuk tercapainya pertumbuhan ekonomi yang tinggi adalah…

A. Adam Smith

B. Walth Whiteman Rostow

C. Harrod and Domar

D. John Maynard Kenyes

E. Joseph Scumpheter

Jawaban dan Pembahasan:

Mazhab neoklasik adalah mazhab ekonomi yang menjelaskan bahwa ekonomi bergantung pada banyaknya pengusaha yang mampu menciptakan inovasi sehingga akan menciptakan pertumbuhan ekonomi (Gross domestic product).

Ekonom yang membawakan konsep ini adalah Joseph Schumpeter.

Kalo Adam Smith, adalah ekonom dengan mazhab klasik yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi mengikuti pasar.

Kalo Walt Whitman Rostow mengemukakan teori historis bahwa pertumbuhan ekonomi berhubungan dengan investasi.

Harrod and Domar juga mengemukakan teori neoklasik namun menitikberatkan pada perkembangan investasi.

John Maynard Kenyes juga mengemukakan teori klasik, namun berbeda dengan Smith, Kenyes melibatkan adanya campur tangan pemerintah yang penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Jadi jawabannya
E. Joseph Schumpeter

Baca Juga:

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11


Topik 5: Ketenagakerjaan

Contoh Soal 5:

Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!

  1. Tingkat pendapatan rendah.
  2. Tingkat pengangguran yang tinggi.
  3. Distribusi pendapatan rendah.
  4. Kualitas dan kualifikasi tenaga kerja yang rendah.

Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang merupakan masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah nomor ….

A. (1 dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (two) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (iii) dan (4)

Jawaban dan Pembahasan:

Jadi untuk menjawab soal ini elo harus tau dulu nih masalah ketenagakerjaan di Republic of indonesia ada apa aja.

  • Tingkat pengangguran tinggi
  • Tingkat lapangan kerja yang tersedia masih rendah
  • Kualitas dan kualifikasi tenaga kerja yang rendah
  • Penyebaran tenaga kerja yang tidak merata hanya berpusat pada satu wilayah dan biasanya adalah daerah-daerah kota

Oke, sekarang elo tinggal analisis deh dan cocokkan dengan pilihan jawaban:

  1. Tingkat pendapatan rendah – kalo ini bukan masalah ketenagakerjaan ya, ini lebih ke masalah pembangunan ekonomi
  2. Tingkat pengangguran yang tinggi – ini masuk ke masalah ketenagakerjaan
  3. Distribusi pendapatan rendah – lebih ke masalah pembangunan ekonomi
  4. Kualitas dan kualifikasi tenaga kerja yang rendah – ini masuk ke masalah ketenagakerjaan
Baca :   Peran Bums Dalam Pembangunan Ekonomi

Ini berarti
nomor 2 dan nomor 4, maka jawabannya C.

Baca Juga:

Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia – Materi Ekonomi Kelas eleven


Topik vi: Ketenagakerjaan – Pengangguran

Salah satu permasalahan ketenagakerjaan di banyak negara adalah masalah pengangguran - Soal PTS Ekonomi kelas 11 semester 1
Salah satu permasalahan ketenagakerjaan di banyak negara adalah masalah pengangguran (dok: Unsplash)


Contoh Soal 6:

Staff keuangan di Perusahaan Centampol berjumlah lima orang. Salah satunya adalah Juned. Namun dalam pekerjaannya Juned terpantau kurang produktif karena mendapatkan beban kerja lebih rendah. Juned dapat dikategorikan sebagai….

A. Setengah menganggur

B. Bukan pengangguran

C. pengangguran friksional

D. pengangguran terselubung

E. pengangguran musiman

Jawaban dan Pembahasan:

Untuk menjawab soal ini, elo harus memahami dulu pengertian dari macam-macam pengangguran, yaitu:

  • Setengah menganggur artinya adalah orang yang bekerja kurang dari 35 jam per-minggu.
  • Bukan pengangguran, ini adalah orang yang bekerja tapi produktif.
  • Pengangguran friksional adalah pengangguran yang disebabkan karena individu sedang masa transisi mencari pekerjaan lebih baik.
  • Pengangguran terselubung artinya orang yang bekerja tetapi tidak produktif, bisa terjadi karena kelebihan pekerja atau bekerja tidak sesuai dengan bidangnya.
  • Pengangguran musiman adalah orang yang hanya bekerja di musim tertentu. Misalnya penjaga toko baju yang ramai saat menjelang lebaran.

Jadi jawabannya adalah
D. pengangguran terselubung

Baca Juga:

Materi Kelas 11 – Dampak Pengangguran

Demikian beberapa contoh soal UTS Ekonomi Kelas 11 semester 1 yang bisa elo pelajari.

Semoga, setelah membaca artikel ini elo jadi makin siap dalam menghadapi ujian Ekonomi di sekolah ya Sobat!

Oh iya, beberapa contoh ini hanya sebagian aja lho ya. Kalo elo mau belajar materi Ekonomi lebih lengkapnya, elo tinggal klik gambar di bawah ini aja ya!

Tonton Juga: Video Prediksi PTS Ganjil

Selain latihan soal yang lengkap dan komprehensif, Zenius juga udah nyediain pembahasan dari setiap soal Ekonomi dalam bentuk video lho.

Dan pastinya, penjelasannya diberikan langsung oleh ZenTutor Ekonomi yang udah ahli di bidangnya.

Kalau mau dapet berbagai keuntungan ini, caranya gampang banget. Langsung aja klik banner di bawah ini ya Sobat!

Contoh Soal PTS Ekonomi Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 9

Soal Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Serta Jawab

Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-soal-pts-ekonomi-kelas-11-semester-1

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …