Soal Sbmptn 2018 Ekonomi Pembangunan

Soal Sbmptn 2018 Ekonomi Pembangunan

Hai Sobat Zenius, apa kabar? Nggak terasa, ya, sudah dua tahun lebih penerapan kebijakan belajar daring berjalan. Rasanya waktu berjalan cepat banget nggak, sih? Pas awal pandemi masih kelas 10, eh, sekarang sudah kelas 12 aja.

Nah, buat elo yang sudah menginjak kelas 12, sudah sejauh mana, nih, persiapan dalam menghadapi tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? Gue harap elo memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk mempersiapkan pemahaman konsep dari mata pelajaran yang diujikan, ya.

Pada tes UTBK tahun 2022 terdapat dua jenis tes yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Khusus untuk TKA, dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu saintek dan soshum. Pembagian ini menyesuaikan dengan program studi yang elo pilih nanti. Untuk lebih jelasnya bisa elo cek panduan SBMPTN 2022 di sini, ya.

Kalau ternyata satu peserta UTBK memilih pilihan satu kedokteran dan pilihan dua ilmu hukum, kelompok TKA mana yang harus diikuti, ya? Nah, jawabannya adalah dua-duanya.
Yap.
Kelompok ujian ini biasa disebut kelompok campuran, di mana elo akan diuji tiga jenis tes, yaitu TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Nah, untuk membantu persiapan belajar elo, di artikel ini gue akan
sharing
mengenai salah satu mata pelajaran yang diujikan di Tes Kemampuan Akademik (TKA) Soshum, yaitu Sosiologi. Mulai dari apa itu TKA Sosiologi, persebaran topik yang sering muncul, contoh soal, hingga pembahasan akan dikupas tuntas di artikel ini.
And so,
pastikan elo simak informasinya, ya.

Kenalan dengan TKA Sosiologi

Mata pelajaran yang satu ini kerap diremehkan karena bahan kajian yang membicarakan fenomena sosial sehari-hari. Kayak gini misalnya.

Kesalahan dalam Belajar Sosiologi (Sumber: Arsip Zenius)

Eits,
jangan salah. Diem-diem Sosiologi suka
menggocek
para pejuang UTBK, lho. Pas ngerjain rasanya baru lihat soalnya sudah bisa menentukan jawaban, begitu keluar hasilnya, zonk!

Elo nggak sendirian
bestie,
gue juga pernah ngerasain, kok.

Dalam Sosiologi, terdapat tiga topik  paling utama yang harus elo pahami, yaitu interaksi sosial, nilai, dan norma. Mengapa? Karena pada dasarnya pembahasan topik Sosiologi di luar ketiga topik tersebut, ujung-ujungnya akan kembali lagi.

Contohnya pada fenomena klitih yang sedang marak dibicarakan sekarang. Klitih yang memiliki arti mengisi waktu luang, mengalami pergeseran makna ke arah negatif menjadi kegiatan untuk mencari musuh. Fenomena ini merupakan bentuk penyimpangan sosial. Di sini, keluarga memiliki peran sebagai institusi primer yang memiliki fungsi pengendalian agar pelaku kembali berperilaku nilai dan norma.

Jadi, meskipun pada contoh di atas membahas mengenai topik penyimpangan sosial, upaya pengendalian sosial ujung-ujungnya dilakukan agar pelaku kembali berperilaku sesuai nilai dan norma yang berlaku.

Selain itu, terdapat topik lain yang diujikan pada TKA Sosiologi, seperti kelompok sosial, mobilitas sosial, integrasi sosial, konflik, pengendalian sosial, penelitian sosial, dan masih banyak lagi.

Untuk membantu elo dalam mempersiapkan tes UTBK, Zenius juga sudah merangkum persebaran topik mata pelajaran Sosiologi dari tahun 2018 – 2022, lho. Kira-kira apa saja, ya?

Persebaran Topik UTBK TKA Sosiologi

Contoh Soal Sosiologi UTBK Soshum dan Pembahasan 25
Persebaran Topik UTBK TKA Sosiologi di tahun 2018 – 2021 (Sumber: Arsip Zenius)

Dilihat dari pola persebarannya, beberapa topik yang sering muncul pada tes UTBK tahun 2018 – 2021 di antaranya:

  1. Interaksi sosial
  2. Kelompok sosial
  3. Mobilitas sosial
  4. Institusi sosial
  5. Integrasi sosial
  6. Norma
  7. Perspektif sosiologi
  8. Sosialisasi
  9. Kebudayaan
  10. Modernisasi
Contoh Soal Sosiologi UTBK Soshum dan Pembahasan 26
Kesalahan Belajar Sosiologi untuk UTBK (Sumber: Arsip Zenius)

Nggak gitu juga, ya, Sobat Zenius. Persebaran topik ini dibuat sebagai gambaran elo aja untuk menghadapi soal UTBK Sosiologi. Untuk persiapan belajar, tentunya elo nggak boleh pilih kasih terhadap topik tertentu. Nah, biar pemahaman belajar elo lebih runut elo bisa pelajari video materi UTBK Sosiologi di sini, ya.

Lalu, gimana, sih, bentuk soalnya di tes UTBK? Yuk, simak informasi di bawah untuk mengetahui contoh soal Sosiologi UTBK yang pernah muncul beserta pembahasannya.

Topik: Interaksi Sosial

Coba elo perhatikan gambar di bawah ini.

Bentuk Interaksi Sosial
Bentuk Interaksi Sosial (Sumber: Arsip Zenius)

Dari kedua gambar di atas, mana yang termasuk interaksi sosial? Dalam interaksi sosial terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya:

  • Ada kontak sosial antar aktor yang terlibat dalam interaksi
  • Ada komunikasi
  • Ada hubungan timbal balik antar aktor

Dari ketiga syarat di atas, sudah jelas, ya, bahwa yang termasuk interaksi sosial adalah gambar sebelah kiri atau nomor satu.


Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sosiologi – Interaksi Sosial

Contoh Soal
one

Suatu interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat selalu diawali dengan ….

Baca :   Resume Tentang Rancang Bangun Ekonomi Islam

A. jalinan sosial

B. kehidupan sosial

C. hubungan sosial

D. kontak sosial

E. pekerjaan sosial


Jawaban dan pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan di atas, masih pada inget, dong, syarat terjadinya interaksi sosial?

Syarat terjadinya suatu interaksi ada dua, yaitu:

Contoh Soal Sosiologi UTBK Soshum dan Pembahasan 27
Syarat Terjadinya Interaksi Sosial (Sumber: Arsip Zenius)

Dari kedua syarat interaksi tersebut, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah adanya
D. kontak sosial.

Baca Juga: Kesalahan Umum Dalam Persiapan Belajar UTBK Sosiologi. Apa Saja, ya?

Contoh Soal ii

Dalam suatu penerbangan dari Singapura ke Jakarta, seorang bapak meminta minuman hangat kepada pramugari. Namun, karena minuman tersebut lama diantarkan, bapak tersebut emosi dan melakukan protes kepada pramugari tersebut. Bentuk interaksi sosial ilustrasi kejadian di atas adalah ….

A. asosiatif

B. disosiatif

C. interaksi negatif

D. konflik langsung

E. kolektif


Jawaban dan pembahasan:

Terdapat dua jenis interaksi sosial, yaitu:

  • Interaksi sosial asosiatif

Interaksi sosial jenis ini mengarah pada kerjasama. Kalau kerjasamanya buat nyontek, apakah termasuk interaksi sosial asosiatif juga? Jawabannya iya, walaupun sifatnya negatif. Dalam pelaksanaannya, interaksi sosial yang satu ini bisa bersifat membangun maupun merusak. Oke?

  • Interaksi sosial disosiatif

Berbanding terbalik dengan interaksi sosial asosiatif, interaksi sosial disosiatif mengarah pada perpecahan atau disintegrasi.

Nah, dari penjelasan di atas, kasus pada soal tidak mengarah pada kerjasama. Akan tetapi, keluhan seorang bapak terhadap pengantaran minuman yang lama. Sehingga,  jawaban yang tepat adalah
B. disosiatif.

Kedua contoh soal Sosiologi UTBK di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2018 dan 2021, lho.

Baca Juga: Panduan dan Strategi Belajar UTBK Sosiologi

Topik: Kelompok Sosial

Gue yakin elo pasti sudah paham betul manusia merupakan makhluk sosial di mana manusia hidup dalam kelompok-kelompok. Mulai dari keluarga, teman, agama, etnis, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, bagaimana, sih, cara kelompok itu terbentuk? Pada dasarnya, terdapat tiga syarat terbentuknya kelompok sosial, yaitu:

  • Memiliki pola interaksi yang berulang-ulang. Sehingga, terjalin hubungan yang lebih dekat.
  • Adanya faktor kesamaan. Misalnya elo dan Zeni sama-sama suka
    trip the light fantastic toe
    sehingga kalian memutuskan untuk membuat grup
    dance encompass.
  • Memiliki kesadaran sebagai bagian dari kelompok.
  • Adanya aturan tertentu yang harus disepakati anggota.

Baca Juga: Kelompok Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11

Untuk contoh soal Sosiologi UTBK pada topik kelompok sosial bisa elo cek di bawah ini, ya.

Contoh Soal
1

Sikap yang dapat mengarah pada kemunculan egosentris, primordial dan etnosentris merupakan dampak dari sikap yang dikembangkan dalam kelompok sosial ….

A. ingroup

B. outgroup

C. formal

D. informal

E. acuan


Jawaban dan pembahasan:

Sambil mengerjakan soal di atas, kita ingat-ingat juga, yuk, arti dari istilah-istilah pada soal.

  • Egosentrisme merupakan kondisi di mana kita lebih mementingkan kepentingan sendiri dengan mengorbankan orang lain. Pernah nggak, sih, elo udah sabar-sabar antre, eh, diserobot sama orang lain? Nah, hal tersebut termasuk salah satu contoh egosentrisme.
  • Primordialisme merupakan suatu perasaan yang dimiliki seseorang yang sangat menjunjung tinggi nilai yang dibawa sejak lahir.  Contohnya adalah diskriminasi orang Papua yang tinggal di Jawa Tengah yang mayoritas penduduknya masyarakat suku Jawa pula.
  • Etnosentrisme merupakan suatu penilaian terhadap suatu budaya melalui sudut pandang budaya sendiri. Contohnya menjauhi teman yang berasal dari Indonesia Timur hanya karena memiliki fisik berupa kulit yang berwarna gelap dan rambut ikal.

Dilihat dari soal di atas, dapat dikaitkan dengan klasifikasi kelompok sosial menurut Klasifikasi kelompok sosial masyarakat menurut W.G Sumner, yaitu:

  • In-group, merupakan kelompok sosial yang antar anggotanya memiliki faktor simpati dan akrab satu sama lain.
  • Out-group, merupakan kebalikan dari kelompok sosial in-group, di mana antar anggotanya saling mengedepankan antagonisme antipati.

Nah, dari bentuk kelompok sosial di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah
B. out-group.

Baca Juga: Tipe Kelompok Sosial Menurut Ahli, Apa Saja, sih?

Contoh Soal two

Ada berbagai bentuk
gemeinschaft, di antaranya adalah trah dan marga. Kelompok tersebut termasuk dalam contoh bentuk
gemeinschaft
….

A.
of mind

B. past blood

C. by identify

D. by crow

E. by person


Jawaban dan pembahasan:

Menurut Ferdinand Tonnies, klasifikasi kelompok sosial dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Gesellschaft
    atau patembayan,
    merupakan kelompok sosial formal. Memiliki ciri di mana antar anggotanya tidak terlalu dekat. Contohnya adalah komunitas pecinta hewan dan lingkungan perkantoran.
  2. Gemeinschaft
    atau paguyuban, berbeda dengan patembayan, kelompok sosial yang satu ini memiliki hubungan informal dan hubungan antar anggotanya lebih dekat. Contohnya adalah keluarga dan kerabat dekat.
Baca :   Bangunan Sistem Ekonomi Indonesia Pdf

Balik lagi ke soal, trah dan marga termasuk bentuk
gemeinschaft
apa? Jelas ya, orang yang satu marga dianggap memiliki hubungan kekerabatan yang dekat atau hubungan darah. Sehingga, jawaban yang tepat adalah
B.


by blood

.

Kedua contoh soal Sosiologi UTBK terkait topik kelompok sosial di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2021, lho, Sobat Zenius.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sosiologi – Kelompok Sosial

Topik: Mobilitas Sosial

Sobat Zenius, pasti elo sudah nggak asing dengan istilah
crazy rich, dong? Akhir-akhir ini, istilah
crazy rich
sedang ramai diperbincangkan. Salah satunya
influencer
yang yang berhasil mengubah nasib melalui
platform trading online
dalam waktu singkat.
Namun, atas dugaan investasi bodong,
influencer
tersebut terancam dimiskinkan.

Nah, contoh di atas merupakan salah satu bentuk mobilitas sosial vertikal. Di mana terjadi perubahan status seseorang pada lapisan sosial yang berbeda.

Topik ini menjadi salah satu topik langganan juga di soal UTBK beberapa tahun ke belakang, nih. Cari tahu, yuk, bentuk soalnya.

Contoh Soal
1

Seorang pejabat diberhentikan dari jabatannya dan dijadikan staf biasa karena terbukti menyelewengkan sejumlah dana pembangunan daerah. Pejabat tersebut mengalami mobilitas ….

A. vertikal naik

B. horizontal

C. vertikal turun

D. geografis

E. social climbing


Jawaban dan pembahasan:

Mobilitas sosial dibagi menjadi dua, yaitu mobilitas vertikal dan horizontal.

Nah, mobilitas vertikal dibagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Vertikal naik, terjadi ketika seseorang menduduki posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Contohnya naik jabatan.
  • Vertikal turun, terjadi ketika seseorang menduduki posisi yang lebih rendah dari sebelumnya. Contohnya turun jabatan.

Sedangkan mobilitas horizontal merupakan perpindahan yang dilakukan seseorang dari satu posisi ke posisi yang berbeda dan sederajat dengan posisi sebelumnya. Contohnya pengusaha es kepal milo yang merasa
tendency
es kepal milo menurun, sehingga
owner
memutuskan untuk mencari peluang bisnis lain seperti minuman boba.

Selain itu, terdapat pula bentuk mobilitas lainnya, salah satunya mobilitas geografi, di mana terjadi perpindahan individu maupun kelompok dari suatu daerah ke daerah lain. Contohnya keluarga Zeni yang melakukan transmigrasi ke Kendari.

Sedangkan
social climbing, bukan merupakan bentuk mobilitas melainkan usaha keras yang dilakukan seseorang untuk mencapai status sosial yang lebih tinggi.

Nah, berdasarkan pernyataan di atas, mobilitas mana yang dialami pejabat pada soal?
Yap.
Jawaban yang tepat adalah
C. vertikal turun.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sosiologi – Mobilitas Sosial

Contoh Soal 2

Masyarakat di negara-negara Eropa mengalami gejolak sosial yang diakibatkan oleh banyaknya imigran yang berasal dari daerah-daerah konflik di Afrika dan Timur Tengah yang masuk ke negaranya. Para imigran tersebut melakukan mobilitas sosial karena faktor ….

A. politik

B. ekonomi

C. budaya

D. perkawinan

East. teknologi


Jawaban dan pembahasan:

Pada soal di atas, bentuk mobilitas sosial yang terjadi berdasarkan apa, sih?

Yoi.
Mobilitas sosial berdasarkan geografis, di mana imigran dari Afrika dan Timur Tengah berpindah ke negara-negara Eropa. Isu menjadi topik paling besar pada awal abad ke-21, lho.

Nah, latar belakang konflik di Afrika dan Timur Tengah menjadi faktor penyebab terjadinya mobilitas. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah
A. politik.

Contoh Soal Sosiologi UTBK pada topik mobilitas sosial di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2018 dan 2019, lho.

Baca Juga: Pengertian, Bentuk, Faktor, dan Dampak Terjadinya Mobilitas Sosial – Materi Sosiologi Kelas eleven

Topik: Institusi Sosial

Sobat Zenius, tahu nggak, sih? Dalam kehidupan sehari-hari kita nggak pernah lepas dari institusi sosial, lho. Contohnya keluarga yang merupakan
basic institutions
dan berfungsi sebagai sosialisasi primer yang mengajari manusia cara hidup. Seperti mengajari anak cara berbicara, berjalan, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana, sih, penerapan topik institusi sosial pada soal UTBK? Langsung aja simak soal di bawah ini, ya.

Contoh Soal
1

Sebelum pelaksanaan Ujian Nasional, seluruh siswa dan guru sekolah melaksanakan doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Kegiatan tersebut menunjukkan lembaga agama berfungsi sebagai ….

(1) pedoman bagi kehidupan manusia

(2) penuntun bagi perbuatan yang benar

(iii) petunjuk bagi kekuatan moral siswa

(4) pencegah tindakan tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu

Baca :   Pemerintah Melakukan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Ekonomi Di Berbagai Daerah

A. Jika (1), (two), dan (3) benar

B. Jika (ane) dan (3) benar

C. Jika (2) dan (four) benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar


Jawaban dan pembahasan:

Lembaga agama sebagai salah satu institusi sosial memiliki fungsi sebagai:

  • Pedoman dalam menentukan mana yang baik dan buruk bagi kehidupan manusia
  • Penuntun bagi perbuatan yang benar
  • Petunjuk bagi kekuatan moral, di mana moral berbicara mengenai benar dan salah. Demikian pula agama yang merupakan petunjuk seseorang untuk menentukan hal yang benar maupun salah.
  • Meningkatkan keyakinan pada umat-Nya.

Nah, dari keempat opsi di atas, semuanya mencangkup dan termasuk dalam fungsi lembaga agama. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah
E. Jika semuanya benar.

Baca Juga: Fungsi dan Macam-Macam Institusi Sosial – Materi Sosiologi Kelas 10

Contoh Soal two

Rani memiliki cita-cita menjadi guru. Orang tuanya mendukung dengan membelikan moda transportasi dan biaya kuliah dengan cara menjual sawah agar Rani menjadi sarjana. Hal itu menunjukkan bahwa lembaga keluarga menjalankan fungsi ….

A. sosialisasi

B. pendidikan

C. ekonomi

D. kasih sayang

E. kontrol sosial


Jawaban dan pembahasan:

Fungsi dari institusi keluarga adalah sebagai berikut:

  • Sosialisasi
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Kasih sayang
  • Kontrol sosial
  • Reproduksi

Nah, dari keenam fungsi di atas yang sesuai dengan kasus pada soal yang mana, ya? Orang tua Rani membelikan moda transportasi dengan menjual sawah untuk mendapatkan uang yang cukup. Sehingga, di sini orang tua Rani menjalankan fungsi lembaga sosial ekonomi untuk membeli transportasi dan biaya kuliah. Jawaban yang tepat adalah
C. ekonomi.

Kedua contoh soal Sosiologi UTBK di atas pernah muncul pada UTBK tahun 2018 dan 2019, lho, Sobat Zenius.

Baca Juga: Fungsi dan Tugas Lembaga Politik – Materi Sosiologi Kelas 10

Topik: Integrasi Sosial

Di sekolah pasti elo punya teman dengan agama, etnis, hingga hobi yang berbeda.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, perlu adanya upaya pencegahan terjadinya konflik, lho. Di Sosiologi, proses menyatukan unsur-unsur yang berbeda di masyarakat disebut integrasi sosial.

Masuk sebagai topik yang sering muncul di tes UTBK Sosiologi, penasaran nggak, sih, bentuk soalnya? Yuk, simak.

Contoh Soal
1

Dampak positif plan transmigrasi adalah membaurnya pendatang dan penduduk asli yang dapat memperkuat ….

A. interaksi sosial

B. koalisi

C. amalgamasi

D. asimilasi

Due east. integrasi sosial


Jawaban dan pembahasan:

Persatuan merupakan satu hal yang dicita-citakan dan dianggap positif. Dengan Membaurnya pendatang dan penduduk asli, dampak positif yang paling pertama akan terjadi adalah integrasi sosial. Atau seperti yang sudah dijelaskan di atas, merupakan suatu penyatuan unsur-unsur berbeda di masyarakat.

Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah
E. integrasi sosial.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sosiologi – Integrasi Sosial

Contoh Soal two

Seorang pengusaha merupakan produsen dan pemasok barang, sedangkan pedagang adalah distributor barang di masyarakat. Integrasi di atas dalam bentuk ….

A. integrasi normatif

B. integrasi vertikal

C. integrasi horizontal

D. integrasi fungsional

E. integrasi ekonomi


Jawaban dan pembahasan:

Terdapat tiga jenis integrasi sosial, yaitu:

  • Integrasi sosial normatif, di mana merupakan integrasi sosial yang mengacu pada pembauran karena adanya norma-norma. Contohnya, semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Integrasi sosial fungsional, merupakan proses penyatuan yang terjadi akibat adanya fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Contohnya, Aceh yang dikenal sebagai penghasil biji kopi dan Jawa Barat sebagai penghasil teh berintegrasi untuk memenuhi kebutuhan teh dan kopi.
  • Integrasi sosial koersif, sesuai namanya yaitu koersif, integrasi sosial yang satu ini bersifat harus atau dipaksa. Atau dalam kata lain didasarkan oleh kekuasaan penguasa. Contohnya penyemprotan gas air mata kepada demonstran.

Nah, dari penjabaran ketiga jenis integrasi sosial di atas, sudah jelas, dong, jawabannya?
Yoi.
jawaban yang tepat adalah
D. integrasi fungsional.

Kedua soal di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2018 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Baca Juga: Apa itu Integrasi Sosial?

Nah, itu dia contoh soal Sosiologi UTBK yang pernah muncul di tahun 2018 – 2021. Gimana? Sudah kebayang, dong? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Mendekati tes UTBK, elo juga bisa hajar kumpulan soal-soal UTBK lainnya, lho. Cuss,
langsung klik
banner
di bawah ini aja, ya!

Latihan Soal UTBK Sosiologi

Soal Sbmptn 2018 Ekonomi Pembangunan

Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-soal-utbk-sosiologi-dan-pembahasan

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …