Social Entrepreneurship Makin Berperan Dalam Pembangunan Ekonomi

Social Entrepreneurship Makin Berperan Dalam Pembangunan Ekonomi

Sebagai warga negara yang baik, setiap orang perlu mendukung faktor pembangunan ekonomi agar berjalan lancar. Bila sektor ekonomi berkembang pesat, maka pertumbuhan taraf hidup masyarakat juga semakin bagus.

Karena itu, sudah sepatutnya perlu memahami dulu tentang pengertian faktor pembangunan ekonomi, beserta contoh, dan terdiri dari apa saja faktor pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa di sektor ekonomi dibandingkan dari satu periode waktu ke periode lainnya.


Click to Tweet




Dikutip dari tulisan karya Joko Untoro, “Ekonomi Makro” (2010), faktor pembangunan ekonomi ada beberapa hal. Apabila masyarakat dalam suatu sistem ekonomi mendukung faktor pembangunan ekonomi, maka kemakmuran negara juga akan bertambah untuk jangka panjang. Hal ini dipengaruhi oleh barang dan jasa yang dihasilkan turut mengalami kenaikan.

Apa Saja Faktor Pembangunan Ekonomi?

Meskipun banyak permasalahan ekonomi, pemerintah berupaya keras untuk meningkatkan sektor ekonomi untuk membantu masyarakatnya.

Sebelum mengetahui terdiri dari apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, sebaiknya pahami dulu teori pengertian pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa di sektor ekonomi dibandingkan dari satu periode waktu ke periode lainnya.




Pin

Menurut Ratta Rapanna, dkk, dalam buku “Ekonomi Pembangunan” (2017), pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ada beberapa macam, di antaranya:

  1. SDM (Sumber Daya Manusia)

    Kualitas sumber daya manusia sangat berperan dalam faktor ekonomi. Memang tak bisa dipungkiri, banyak yang berasumsi kalau tenaga kerja dari luar negeri, lebih kompeten dibandingkan tenaga kerja domestik.

    Namun, Indonesia semakin berkembang pesat. Tenaga kerja dalam negeri juga tak kalah berkualitas dan berdaya saing. Selain itu, SDM di berbagai perusahaan juga semakin didukung pelatihan, seminar, workshop, dan sertifikasi untuk mendukung faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi tersebut.

  2. SDA (Sumber Daya Alam)

    Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat luar biasa. Mulai dari pertambangan, air bersih berlimpah, kelautan, pertanian, perkebunan, kehutanan, dan masih banyak lagi.

    Sumber Daya Alam di Indonesia sangat mendukung faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bahkan, bahan baku dari sumber daya alam yang berlimpah juga bisa dimanfaatkan dengan optimal.

  3. Teknologi dan Pengetahuan

    Seiring perkembangan zaman, ilmuwan dan teknologi di Indonesia semakin bertambah. Hal ini mendukung sektor ekonomi dan faktor pembangunan ekonomi.

    Mengapa begitu? Sebab, dengan adanya teknologi dan pengetahuan, pekerjaan yang semula  masih memakai campur tangan manusia, sudah bisa digantikan robot atau mesin yang otomatis.

    Sehingga, produk dan barang yang dihasilkan  bisa semakin cepat dan banyak. Aktivitas yang menjadi salah satu faktor pembangunan ekonomi inilah yang mempercepat pertumbuhan ekonomi.

  4. Budaya

    Salah satu faktor pembangunan ekonomi lainnya adalah budaya. Apabila suatu masyarakat sudah terbiasa menerapkan kedisiplinan, etos kerja tinggi, dan budaya saling mendukung, pastinya banyak aktivitas sektor ekonomi yang berdampak.

    Contoh faktor ekonomi di bidang budaya ini, misalnya masyarakat Jepang yang terkenal disiplin dan pekerja keras. Secara otomatis, juga turut mempengaruhi sektor ekonomi bangsa, karena ada andil sumber daya manusia dengan budaya kerja tinggi.

  5. Modal Atau Pendanaan

    Banyak hal yang bisa dilakukan jika terdapat modal usaha atau pendanaan. Untuk mengelola sumber daya alam, sumber daya manusia, dan teknologi, dibutuhkan modal atau pendanaan yang cukup besar.

    Maka itu, modal usaha termasuk dalam salah satu faktor pertumbuhan ekonomi yang perlu dipersiapkan. Contoh faktor ekonomi dari segi modal usaha, adalah produk pendanaan dari bank atau lembaga keuangan yang dipinjamkan kepada masyarakat atau wirausaha.

Tata Kelola Pembukuan Modern Dan Faktor Pembangunan Ekonomi

Nah, bagaimana penjelasan tentang faktor pembangunan ekonomi di atas? Semoga bisa dipahami dengan mudah, ya. Untuk mendukung faktor pembangunan ekonomi, dibutuhkan juga pengelolaan keuangan dan manajemen pembukuan yang sistematis, rapi, serta real time di era digitalisasi.

Pembukuan usaha yang otomatis dan akurat, akan mendukung faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi usaha Anda. Termasuk pengelolaan hutang-piutang, manajemen stok/ persediaan, penjualan, modal usaha/ pendanaan, hingga urusan investasi atau aset usaha.

Begitu penting pembukuan anggaran usaha sebab berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi bisnis dan kepatuhan hukum. Para pelaku UMKM tidak perlu bingung membuat pembukuan usaha, percayakan pada Software Akuntansi Online dari Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi praktis dan modern pembukuan usaha yang bisa diandalkan dan sudah diakui ribuan klien di tanah air. Cukup klik tautan ini untuk membuktikan kecanggihan fitur Software Akuntansi secara
Free dalam thirty hari.

Ayo, update juga insight Anda setiap hari dengan info menarik seputar finansial, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Social Entrepreneurship Makin Berperan Dalam Pembangunan Ekonomi

Source: https://www.harmony.co.id/blog/5-faktor-pembangunan-ekonomi-negara

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …