Strategi Pemerintah Agar Pembangunan Ekonomi Di Era Global Dapat Tercapai

Strategi Pemerintah Agar Pembangunan Ekonomi Di Era Global Dapat Tercapai

Bukan rahasia lagi, selama pandemi COVID-19, strategi pertumbuhan ekonomi sempat terhambat. Bahkan, sampai penerapan New Normal, strategi pertumbuhan ekonomi masih belum bisa dikatakan pulih sepenuhnya. Akan tetapi, pemerintah berupaya keras melakukan beragam cara mengatasi masalah ekonomi.

Presiden Joko Widodo menggarisbawahi kebijakan APBN 2022 mengangkat tema reformasi struktural dan pemulihan ekonomi.


Click to Tweet




Bagaimanapun, strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi harus segera bangkit dan tidak boleh terlalu lama terpuruk. Ada banyak contoh ekonomi kreatif perlahan menggeliat memanfaatkan marketplace dan pemasaran online. Selain itu, di bidang perekonomian, peranan koperasi juga sangat besar untuk membantu pengelolaan keuangan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Strategi Pertumbuhan Ekonomi APBN 2022

Dilansir dari Kompas, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan ada enam strategi pertumbuhan ekonomi yang akan dijalankan seiring fokus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2022 (APBN 2022).

Strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi ini diharapkan bisa semakin mendorong antusiasme pengusaha dan aktivitas masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian. Pemerintah juga menganggap penting pemulihan strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi melalui kebijakan fiskal yang ekspansif.

Presiden Joko Widodo berharap enam kebijakan tersebut bisa menjadi cara mengatasi masalah ekonomi yang saat ini melanda. Maka itu, faktor pembangunan ekonomi perlu didukung masyarakat secara luas dan semua pihak agar bisa menyehatkan APBN 2022 dengan reformasi struktural yang kuat. Seperti yang diungkapkan orang nomor satu di Indonesia tersebut lewat Pidato Kepresidenan Penyampaian RUU APBN 2022 dan Nota Keuangan.

6 Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menyebutkan enam cara mengatasi masalah ekonomi yang akan dijalankan sesuai kebijakan APBN 2022. Berikut adalah beberapa strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tersebut:

Baca :   Jurnal Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi




Pivot

  1. Pengendalian COVID-nineteen

    Pemerintah didukung masyarakat terus melanjutkan pelaksanaan upaya pengendalian COVID-19. Dengan fokus pada sektor kesehatan.

  2. Program Perlindungan Sosial

    Pemerintah menerapkan strategi pertumbuhan ekonomi dengan melindungi kelangsungan program perlindungan sosial bagi kaum dhuafa, miskin, dan rentan.

  3. Peningkatan Sumber Daya Manusia

    Strategi pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah meningkatkan sumber daya manusia yang terampil, kompeten, dan berintegritas.

  4. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Dan Adaptasi Teknologi

    Agar teknologi net semakin luas dan merata, pembangunan infrastruktur dipercepat untuk menambah adaptasi teknologi.

  5. Penguatan Desentralisasi Fiskal

    Setiap daerah mendapatkan pemerataan kesejahteraan dengan penguatan desentralisasi fiskal.

  6. Reformasi Penganggaran

    Strategi pertumbuhan ekonomi yang terakhir adalah melakukan penghematan belanja dengan cipher-based budgeting. Sehingga, program prioritas bisa menunjukkan hasil, dan mencegah kondisi yang tak pasti.

Berlangganan newsletter kami

Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Masyarakat Harus Mendukung Faktor Pembangunan Ekonomi

Presiden Joko Widodo ingin menggarisbawahi bahwa kebijakan APBN 2022 mengangkat tema reformasi struktural dan tema pemulihan ekonomi. Karena, penting bagi Presiden Joko Widodo memulihkan kondisi ekonomi dan sosial di situasi saat ini sebagai landasan mendukung strategi pertumbuhan ekonomi penerapan reformasi struktural yang optimal.

Ditambah lagi, reformasi struktural adalah salah satu strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Tidak hanya tumbuh saja, namun Indonesia harus menerapkan strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang cepat dan kontinyu.

Maka itu, masyarakat perlu mendukung faktor pembangunan ekonomi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang terampil dan kompeten. Tak hanya itu, strategi pertumbuhan ekonomi dibuat agar konektivitas jaringan internet semakin luas dan merata, pembangunan infrastruktur harus dipercepat.

Meliputi pembangunan pembangkit energi, infrastruktur digital, serta pangan yang mendorong industrialisasi. Satu lagi, Presiden Joko Widodo juga mengharapkan faktor pembangunan ekonomi dari dukungan masyarakat, ekosistem hukum, serta birokrasi hukum yang support dunia usaha.

Baca :   Makalah Tentang Ekonomi Hijau Dalam Pembangunan Berkelanjutan

Mendukung strategi pertumbuhan ekonomi pemerintah, Software Akuntansi Harmony hadir untuk membantu ribuan pelaku UMKM mengelola anggaran keuangan bisnis.

Software Akuntansi Harmony adalah platform pembukuan bisnis modern yang menjadi solusi pengelolaan keuangan dan penanganan tugas akuntansi secara cepat, praktis, dan otomatis. Silakan ikuti akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony agar tak ketinggalan info menarik seputar finansial lainnya.

Software Akuntansi Harmony dilengkapi fitur persediaan, penjualan, smart invoicing, billing, hingga otomasi pembuatan laporan keuangan secara instan dalam sekali klik. Mari tingkatkan pertumbuhan bisnis dengan Software Akuntansi Harmony,
FREE Trial xxx hari
klik di sini.

Strategi Pemerintah Agar Pembangunan Ekonomi Di Era Global Dapat Tercapai

Source: https://www.harmony.co.id/blog/strategi-pertumbuhan-ekonomi-terbaru

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …