Strategi Pengembangan Pembangunan Ekonomi Ciamis

Strategi Pengembangan Pembangunan Ekonomi Ciamis

Nama : Syifa Rahmaniyah

Universitas Muhammaddiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Administrasi Publik

I. Perencanaan Pembangunan Ekonomi di Republic of indonesia

Sasaran perencanaan peningkatan ekonomi lokal antara lain mengarahkan kegiatan sebagai pedoman kegiatan untuk memperoleh impian pembangunan, meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber publik yang ada, meningkatkan kapasitas kawasan non-publik dalam mengembangkan nilai-nilai sumber daya swasta secara bertanggung jawab. keuntungan peningkatan jaringan secara keseluruhan, menghadirkan peluang untuk mendapatkan preferensi yang baik. memperoleh skala kepedulian dari kepentingan tujuan, akan menjadi alat ukur atau disukai pada tahap tertentu dalam pemantauan dan penilaian.

Ada empat gaya mekanisme perencanaan pembangunan moneter daerah untuk perencanaan pembangunan ekonomi. Pertama, melalui sistem politik, di mana perencanaan pembangunan moneter merupakan bagian awal dari visi dan tugas kepala daerah terpilih masing-masing di tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten urban center. Kedua, melalui sistem pendekatan teknokratis. organisasi swasta menggunakan permintaan izin dari pemerintah daerah untuk merancang pembangunan keuangan melalui kegiatan pembangunan, termasuk pengembangan pertambangan, perkebunan, perumahan, pasar, daerah wisata dan lain-lain. Ketiga perencanaan peningkatan ekonomi dengan metode partisipatif. Pemerintah membuka kemungkinan bagi jaringan untuk mengambil bagian dan memanfaatkan kekayaan alam melalui pendidikan dan arahan dari pihak berwenang. Keempat, perencanaan perbaikan keuangan pinnacle-down dan backside-upwardly dengan bantuan struktur organisasi otoritas.

Selanjutnya perencanaan pembangunan ekonomi daerah mesti didukung oleh terciptanya rasa aman di wilayah itu, lancarnya sistem transportasi dari dan menuju sentra produksi, tersedianya infrastruktur pasar yg memadai, tersedianya industri pengolahan bahan standar mesti dijamin oleh pemda. Dengan demikian maka perekonomian pada daerah itu akan mengalami kemajuan yang pesat. Sebaliknya jika tidak menjadi prioritas pemerintah daerah maka akan terjadi kelambanan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Hanya dengan pertumbuhan yang memadai maka distribusi kesejeahteraan akan terjadi.

Infrastruktur sederhana untuk perencanaan pembangunan ekonomi di wilayah perlu dilakukan secara berkelanjutan atas dasar gagasan integrasi, keberlanjutan dan keadilan sosial. infrastruktur sederhana perlu diprioritaskan untuk pembangunan melalui pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kelompok internasional. Jalan dan jembatan, listrik, telekomunikasi, air bersih dan bahan bakar harus menjadi prioritas utama di setiap unit terdekat dari pedesaan hingga perkotaan. Melalui pemanfaatan itu sistem keuangan daerah, pemukiman, pendidikan, pasar dan pelayanan publik lainnya menjadi hijau dan kuat.

Baca :   Pekerjaan Bagi Jurusan Ekonomi Pembangunan

Selain itu, rencana pembangunan ekonomi daerah perlu didukung melalui munculnya rasa keamanan di dalam lokasi. Kemudahan sistem transportasi dari dan ke fasilitas manufaktur, penyediaan infrastruktur pasar yang cukup baik, penyediaan industri pengolahan bahan umum harus dijamin oleh otoritas daerah. Oleh karena itu, sistem keuangan di dalam daerah akan mengalami kemajuan yang pesat. Sebaliknya, jika tidak menjadi perhatian pemerintah daerah, bisa terjadi kelesuan pertumbuhan ekonomi.

Alasan perlunya perencanaan dalam perspektif ekonomi adalah :

one. Agar penggunaan alokasi sumber-sumber pembangunan yang terbatas bisa lebih efisien.

Dalam menjalankan strategi ini sebisa mungkin harus menekan anggaran pengeluaran atau melakukan strategi itu dalam waktu yang sesingkat mungkin.

2. Agar perkembangan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi menjadi lebih mantap (steady state growth).

Di satu sisi, investasi mempengaruhi perkembangan produksi nasional suatu negara karena penyediaan modal yang merupakan aspek penting untuk kelangsungan hidup perusahaan global. Namun, investasi memiliki efek pada permintaan agregat. Akibatnya, untuk memperoleh steady-state growth atau pertumbuhan ekonomi yang mantap, diperlukan kondisi di mana pelaku usaha memiliki harapan dan perspektif yang cenderung kuat.

3. Agar tercapai stabilitas ekonomi dalam menghadapi siklus konjungtur.

Kerentanan aliran modal asing terhadap stabilitas makro ekonomi karena berhubungan dengan pola prosiklikalitas aliran modal sesuai dengan konjungtur perekonomian.

Ciri-ciri dari suatu perencanaan pembangunan :

a. Usaha yang dicerminkan dalam rencana untuk mencapai perkembangan sosial ekonomi yang mantap (steady social economic growth). Hal ini dicerminkan dalam usaha pertumbuhan ekonomi yang positif.

b. Usaha yang dicerminkan dalam rencana untuk meningkatkan pendapatan per kapita.

c. Usaha untuk mengadakan perubahan struktur ekonomi. Hal ini seringkali disebut sebagai usaha diversifikasi ekonomi.

Baca :   Pengaruh Positif Pma Terhadap Pembangunan Ekonomi Atau Pertumbuhan Ekonomi

d. Usaha perluasan kesempatan kerja.

e. Usaha pemerataan pembangunan sering disebut sebagai distributive justice.

f. Usaha pembinaan lembaga-lembaga ekonomi masyarakat yang lebih menunjang kegiatan-kegiatan pembangunan.

thousand. Usaha secara terus menerus menjaga stabilitas ekonomi.

2. Strategi Pembangunan Ekonomi

Strategi pembangunan adalah cara untuk memperoleh visi dan usaha yang dirumuskan dalam bentuk strategi untuk dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Kinerja sangat di ilhami oleh bagaimana suatu korporasi (pemerintah) menerima keberhasilan atau kegagalan dari tantangan suatu organisasi pemerintah. Faktor-faktor keberhasilan tersebut berfungsi untuk mengetahui metode ekstra untuk dapat mencapai tujuan dan misi perusahaan presidensi secara sinergis dan efisien. Sebagaimana diketahui, tujuan dari metode pembangunan ekonomi adalah untuk mengembangkan kesempatan kerja dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi para penduduk saat ini. Pembangunan pada sektor ekonomi menjadi unggul jika dapat memenuhi berbagai keinginan global (misalnya: tanah, sumber keuangan, infrastruktur, dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan fluktuasi ekonomi sektoral, yang pada gilirannya akan berdampak pada pekerjaan manusia.

Berikut strategi – strategi pembangunan ekonomi di Republic of indonesia :

1. Strategi pertumbuhan

Strategi peningkatan keuangan suatu negara akan difokuskan pada upaya pembentukan modal, dan cara melakukan investasi secara seimbang, terbentang, tepat sasaran dan terarah, sehingga dapat berdampak pada peningkatan ekonomi.

2. Strategi Pengembangan Fisik/Lokalitas

Melalui pengembangan perangkat lunak untuk memperbaiki kondisi fisik/lokalitas lokasi yang ditujukan untuk peningkatan komersial dan industri perbaikan perubahan, pemerintah daerah dapat memberikan pengaruh yang luar biasa pada peningkatan dunia bisnis regional. Secara khusus, sasaran dari metode perbaikan fisik/lokalitas ini adalah untuk menciptakan identitas lokal/kota, meningkatkan basis kemudahan atau kenyamanan keberadaan masyarakat, dan meningkatkan keanggunan pusat kota sebagai cara yang baik untuk meningkatkan usaha komersial daerah. internasional. Untuk mencapai tujuan ini melalui pengendalian perencanaan dan peningkatan, perencanaan kota, perencanaan tata ruang yang tepat, dan penyediaan infrastruktur.

Baca :   Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli Brainly

3. Strategi Pengembangan Dunia Usaha

Pengembangan dunia usaha merupakan komponen penting dalam perencanaan pembangunan ekonomi daerah karena daya tarik, kreasi, atau daya tahan kegiatan dunia usaha merupakan cara yang paling tepat untuk menciptakan perekonomian daerah yang sehat. Alat untuk mengembangkan dunia usaha seperti pembuatan sistem pemasaran bersama untuk menghindari skala yang tidak ekonomis dalam produksi, meningkatkan daya saing terhadap produk-produk impor, dan meningkatkan sikap kooperatif antar sesama pelaku bisnis.

iv. Strategi Pengembangan Sumber daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan komponen terpenting dalam proses peningkatan ekonomi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang bermanfaat dicapai melalui pelatihan dengan sistemcustomized training. Sistem pelatihan semacam ini adalah perangkat yang dirancang khusus untuk memenuhi keinginan dan harapan pengusaha, dan pengembangan lembaga pendidikan bagi penyandang cacat. yang penting bagi karakter penyandang disabilitas itu sendiri untuk meningkatkan pengalaman dan kepercayaan diri. Selain itu, untuk jenis pekerjaan yang positif seringkali penyandang disabilitas memiliki beberapa kelebihan.

5. Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Kegiatan pengembangan masyarakat adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan organisasi tertentu di suatu daerah. Kegiatan seperti ini berkembang pesat di Indonesia saat ini karena ternyata kebijakan moneter yang berlaku saat ini tidak mampu memberikan keuntungan bagi korporasi tertentu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan manfaat sosial, misalnya melalui pengenalan inisiatif kerja keras yang mendalam untuk memuaskan pendapatan perusahaan.

Sumber Referensi

https://ekbangsetda.bulelengkab.go.id/informasi/item/artikel/perencanaan-pembangunan-ekonomi-daerah-15

http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab2-perkembangan_strategi_dan_perencanaan_pembangunan_ekonomi_indonesia.pdf

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpekd/article/viewFile/16464/15958

https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/390

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini

Image


Silakan Login untuk Berkomentar

Artikel Lainnya

Strategi Pengembangan Pembangunan Ekonomi Ciamis

Source: https://retizen.republika.co.id/posts/151268/perencanaan-dan-strategi-pembangunan-ekonomi-di-indonesia

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …