Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Yang Ada Ditasikmalaya

Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Yang Ada Ditasikmalaya


banner 468x60

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang cukup strategis serta memiliki beberapa potensi yang di miliki, beberapa sumber yang di hasilkan diantaranya sektor pertanian, agribisnis, pariwisata, pertambangan, laut, perdagangan industri olahan dan lainnya merupakan komponen yang kini menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah serta masyarakat.

Dengan daerah yang memiliki 39 kecamatan dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.751.295 penduduk, tentunya luas daerah yang dimiliki harus sepadan dengan aktivitas eknomi di dalamnya, namun dengan jumlah penduduk yang demikian cukup luas tidak dibarengi dengan tingkat Indek Pembangunan Manusia (IPM) dimana posisi angka dari kabupaten tasikmalaya berada di peringkat ke 2 terendah di jawa barat yang mencapai 65,00 % ini kemudian yang menjadi perhatian dimana sisi lain tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggi merupakan salah satu tujuan pembangunan akan tetapi hal tersbut tidak di barengi dengan sisi sumber daya manusia untuk menopang aktivitas ekonomi.

Dalam melihat pertumbuhan ekonomi di peroleh dari perhitungan PDRB ADHK, untuk menggambarkan nilai tambah barang dan jasa dihitung menggunakan harga pada tahun berjalan, nilai tersebut untuk menunjukan harga yang berlaku untuk mengetahui kemampuan sumber daya ekonomi pergeseran dan struktur ekonomi suatu daerah.

Di kabupaten tasikmalaya laju pertumbuhan menunjukan perkembangan agregat pendapatan dari satu waktu tertentu terhadap waktu sebelumnya, dapat dilihat PDRB kabupaten tasikmalaya pada tahun 2018 ADHK tercatat sebesar Rp. 33,96 triliun, bila di bandingkan tahun sebelumnya, PDRB ADHK mengalami penurunan sebesar 5,69 % dan merupakan pertumbuhan yang kurang signifikan dari 3 tahun sebelumnya, sedangkan PDRB ADHB terus mengalami kenaikan mencapai Rp. 23.31 miliar dari tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi pertanian yang terus mengalami penurunan terhadap PDRB kabupaten tasikmalaya tahun 2018 sebesar Rp.38,19 %.

Baca :   Rangkuman Tentang Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Kondisi tersebut diikuti pula oleh perdagangan besar dan eceran sebesar Rp. 19,14%, pertambangan dan penggalian Rp.0.23%, transportasi dan pergudangan sebesar Rp.four.31%. meskipun mengalami penurunan dibeberapa sektor akan tetapi ada beberapa yang mengali kenaikan yang signifikan diantaranya Kontruksi Rp.8.05%, industri dan pengolahan Rp. 7.51%, real Estate Rp.ane.29% dan jasa perusahaan Rp. 0.44%.

Tahun 2020 merupakan kondisi dimana kondisi ekonomi mengalami beberapa ancaman dari bayang-bayang resesi dan ketidakpastian pemerintah daerah perlu mendongkrak dan lebih optimis untuk menghadapai kondisi tersebut dan ada beberapa strategi pembangunan daerah yang mesti dipersiapkan dan di lakukan.

Secara umum tujuan strategi pembangunan ekonomi adalah untuk mengembangkan lapangan kerja bagi penduduk yang ada sekarang. Tujuan perencanaan pembangunan ekonomi dan pengerjaan adalah lebih untuk memberikan kesempatan kerja untuk penduduk yang ada sekarang ketimbang menarik pekerja baru. Kedua, untuk mencapai srabilita ekonomi daerah pembangunan, ekonomi akan sukses jika mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan fluktuasi ekonomi sektoral, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesempatan kerja masyarakat.

Strategi pembangunan ekonomi daerah dapat dikelompokkan menjadi five yaitu : 1. strategi pembangunan fisik/lokalis (Locality or Physical Development Strategi) melalui pengembangan program perbaikan kondisi daerah yang ditujukan untuk kepentingan pembangunan industri dan perdagangan, pemerintah daerah akan berpengaruh positif bagi pembangunan dunia usaha daerah. Secara khusus tujuan strategi pembangunan ini adalah untuk menciptakan identitas, memperbaiki basis pesona atau kualitas hidup masyarakat dan memperbaiki daya tarik pusat ke kota dalam upaya untuk memperbaiki usaha daerah. ii. Strategi pengembangan Dunia Usaha merupakan komponen penting dalam perencanaan ekonomi daerah karena daya tarik, kreasi atau daya tahan kegiatan dunia usaha merupakan cara terbaik untuk menciptakan perekonomian daerah yang sehat. 3. Strategi pengembangan Sumber daya Manusia merupakan aspek paling penting dalam proses pembangunan daerah di lihat dari IPM yang merupakan salah satu indicator capaian bagaiaman perkembangan SDM yang ada di daerah dalam rangka peningkatan kualitas dan keterampilan. iv. Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat adalah kegiatan yang di tujukan untuk mengembangkan kelompok masyarakat tertentu di suatu daerah melalui pemberdayaan oleh kelompok tertentu diantaranya komunitas, organisasi pemuda dan karang taruna. 5. Strategi pengembangan Desa Mandiri adalah melihat potensi yang ada dan jumlah desa yang cukup banyak bisa menjadi salah satu potensi dan gerakan ekonomi berbasis masyarakat langsung. Karena ini akan memberikan efek yang cukup siginifikan dimana produktivitas dapat dibangun dari hal kecil. Sehingga pemerintah di sini dapat membantu bagaimana proses integrasi dapat dibangun dan menjadi penopang untuk daerah yang lainnya.

Baca :   Informasi Tentang Pembangunan Ekonomi Sektor Perkebunan

Strategi pertumbuhan dan pembangunan daerah adalah hal mutlak diperlukan dan diterapkan dalam rangka mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah yang bersangkutan sehingga akan meningkatakan pertumbuhan dan PDRB daerah, hal ini tentnunya di sesuaikan berdasarkan pada kondisi serta potensi yang di miliki oleh masing- masing daerah khususnya Kabupaten Tasikmalaya.

Andi Perdiana

Ketua Bidang Partisispasi Pembangunan Daerah

banner

Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Yang Ada Ditasikmalaya

Source: https://tasikraya.com/strategi-pembangunan-ekonomi-di-kabupaten-tasikmalaya/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …