Tahapan Pembangunan Ekonomi Menurut Rostow

Tahapan Pembangunan Ekonomi Menurut Rostow

Tujuan Modernisasi
– Hai, Grameds, kali ini kita akan membahas berbagai penjelasan terkait modernisasi. Nah, apakah Grameds sudah tidak asing lagi dengan penjelasan terkait modernisasi? Hal ini menjadi penting karena modernisasi  membawa perubahan besar pada kehidupan masyarakat.

Salah satu bentuk dari modernisasi itu sendiri adalah dengan adanya kemajuan di segala bidang kehidupan baik teknologi, ekonomi, sosial, pendidikan, dan lainnya. Untuk itu kita perlu mengetahui penjelasan terkait modernisasi tersebut. Berikut penjelasan singkat terkait pengertian serta contoh teori modernisasi.


Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah suatu proses perubahan dalam skala besar maupun kecil menuju kehidupan yang berkemajuan. Hal ini pula yang menyebabkan modernisasi disebut sebagai transformasi aspek kehidupan masyarakat secara menyeluruh jika dilihat dari dampaknya. Jika dilihat dari arti katanya, modernisasi merupakan bahasa latin
“modernus”.

Kata
“modernus”
sendiri terdiri dari dua gabungan kata yang memiliki arti, yaitu
“modo”
diartikan sebagai cara, sedangkan
“ermus”
diartikan sebagai masa kini. Menurut Harold Rosenberg, modernisasi merupakan suatu bentuk perubahan dari tradisi lama menjadi baru atau menuju taraf kehidupan perkotaan sehingga sifat alamiah pedesaan mulai terkikis dalam kelompok masyarakat. Oleh sebab itu, jika dalam suatu daerah telah terjadi modernisasi, maka dapat dipastikan bahwa masyarakat yang tinggal di daerah tersebut mengalami perubahan karakteristik dari gaya hidup pedesaan menuju gaya hidup perkotaan.

Selanjutnya Soerjono Soekanto juga mengartikan modernisasi sebagai proses yang memiliki jejak kehidupan tradisional ke arah yang lebih maju. Hal ini dimaksudkan bahwa kehidupan tradisional tersebut lama-kelamaan menjadi berubah secara signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan suatu kelompok individu. Sejalan dengan penjelasan tersebut, Abdul Syam menjelaskan pengertian modernisasi sebagai transformasi kehidupan ke arah peningkatan dalam berbagai aspek yang ada pada masyarakat.

Selain itu, Ogburn dan Nimkoff juga menjelaskan pengertian modernisasi sebagai upaya yang timbul untuk memberikan arahan pada masyarakat agar memiliki gambaran besar tentang kehidupan di masa depan yang lebih maju dan nyata.

Hal lain diungkap oleh Neil Smelser yang menyatakan bahwa modernisasi merupakan bentuk ketidakteraturan struktur masyarakat dalam melakukan suatu fungsi kehidupan, sehingga terjadilah sub struktural dan melibatkan konsep diferensiasi struktural. Oleh sebab itu, dalam buku
The Effect of Modernity
yang ditulis oleh Anthony Giddens, modernisasi dibagi menjadi empat dimensi, yaitu kapitalisme, industrialisme, kemampuan pengawasan, dan kekuatan militer.

Itulah Grameds, beberapa pengertian modernisasi yang diungkapkan oleh para ahli. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa modernisasi merupakan suatu proses perubahan yang bertransformasi menuju kemajuan dengan meninggalkan karakteristik tradisional menuju
modern, dimana hal tersebut secara menyeluruh dapat memberikan dampak pada segala aspek kehidupan kelompok masyarakat.


Pengertian Teori Modernisasi

pengertian teori modernisasiGrameds tentunya tahu ya, bahwa untuk melakukan analisis secara menyeluruh pada lingkungan sosial masyarakat dibutuhkan suatu acuan yang dapat terpecaya. Nah, hal itu juga disebut sebagai landasan yang mendasari pergerakan pemerolehan information terkait kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, dibutuhkan teori sebagai suatu acuan ilmiah yang
valid
serta dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Menurut Kerlinger, teori merupakan kumpulan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya serta berisi pandangan sistematis terkait fenomena tertentu. Definisi lain dari teori juga diungkapkan oleh John Westward Creswell, dimana teori merupakan serangkaian definisi, dalil, serta variabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan gambaran-gambaran sistematis mengenai kondisi tertentu guna menjelaskannya. Sehingga teori modernisasi dapat diartikan sebagai serangkaian dalil para ahli yang bersumber dari pandangan terhadap perubahan sosial budaya di lingkungan masyarakat, dimana pandangan tersebut berkaitan erat tentang perubahan kehidupan dari tradisional menuju mod.

Baca :   Berapa Besar Pengaruh Peternakan Dalam Pembangunan Ekonomi

Selain itu, teori modernisasi juga mencoba menjelaskan tentang perubahan dalam babak kehidupan baru masyarakat dengan ciri pedesaan atau tradisional menuju masyarakat perkotaan atau mod.



Teori modernisasi berfokus pada kehidupan masyarakat pra modern beserta ciri kehidupan, gejala sosial, serta struktur kehidupan dalam berbagai aspek baik ekonomi, politik, industri, pendidikan dan lainnya  yang menghasilkan perubahan masyarakat bercirikan modernistic.

Globalisasi Politik : Politik Modern Menuju Negara Kesejah

Globalisasi Politik : Politik Mod Menuju Negara Kesejah



Beli Buku di GramediaSejarah Munculnya Teori Modernisasi


Sejarah Munculnya Teori ModernisasiSejarah banyak memberikan kita pengetahuan serta pengalaman ya, Grameds. Salah satunya adalah sejarah bagaimana perkembangan teori modernisasi. Teori modernisasi berkembang dalam tiga fase, yaitu Fase pertama (1950-1960), fase kedua (1970-1980), dan fase ketiga (1990-an). Dari ketiga fase inilah teori modernisasi bermunculan seiring perubahan kondisi setelah Perang Dunia 2.

Dimana waktu itu Amerika Serikat muncul sebagai kekuatan dominan yang menguasai seluruh wilayah, kemudian Uni Soviet melakukan perluasan terhadap ajaran komunis di berbagai wilayah Eropa Timur dan Asia, sekaligus lahirnya negara-negara baru yang merdeka berdaulat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Oleh sebab itu, teori modernisasi tidak terlepas dari pemikiran-pemikiran klasik berdasarkan teori evolusi dan teori fungsionalisme yang seperti kita ketahui.


Asumsi Teori Modernisasi

Asumsi Teori ModernisasiLahirnya teori modernisasi sangat berkaitan erat dengan dua asumsi berikut loh, Grameds. Pastinya Grameds tahu bahwa banyak pemikir-pemikir barat mengawali langkah pencetusan teori saat melihat pandangan yang dipercayai sebelumnya. Pertama, teori modernisasi berasal dari asumsi metafora yang lahir dari teori evolusi.

Berdasarkan asumsi evolusi, teori modernisasi dikatakan sebagai babak kehidupan yang bersifat homogen, dimana terjadi proses kehidupan bertahap tanpa ada usaha mundur. Dengan kata lain modernisasi membawa perubahan yang progresif dan memerlukan waktu panjang. Kedua, menurut asumsi fungsionalisme yang melahirkan teori modernisasi sebagai pola pikir yang lebih sistematik.

Teori fungsionalisme dalam mengatakan bahwa modernisasi sebagai penjelasan tentang babak kehidupan atau transformasi yang urut sekaligus bertahap. Asumsi ini meyakini adanya pengaruh pada kejadian sebelumnya serta menjadikan hal tersebut sebagai satu bagian proses yang berkesinambungan.


Contoh Teori Modernisasi

Contoh Teori ModernisasiSetelah tahu penjelasan mengenai teori modernisasi, kita juga perlu tahu mengenai contoh dari teori modernisasi itu sendiri loh, Grameds. Nah, pada awalnya, terdapat pemikiran-pemikiran klasik yang mendasari lahirnya teori modernisasi setelah terjadinya Perang Dunia Two. Seiring berjalannya waktu, mulailah bermunculan teori-teori modernisasi yang lebih komprehensif disampaikan oleh beberapa ahli. Berikut penjelasannya:


1. Teori Modernisasi Klasik

a. Teori Modernisasi Neil Smelser

Teori ini menjelaskan bahwa modernisasi bersumber pada pemikiran diferensiasi struktural. Dimana semakin banyaknya transformasi kehidupan modernisasi, maka akan terjadi ketidakteraturan struktur masyarakat dalam menjalankan bermacam fungsi, sehingga timbulah pembagian yang lebih khusus dengan pembentukan sub struktural dalam masyarakat.

b. Teori Modernisasi Walt Whitman Rostow

Rostow menjelaskan teori modernisasi secara detail dalam sudut pandang ekonomi. Ia berkeyakinan bahwa dalam teori modernisasi pembangunan ekonomi, ada lima tahapan penting, yaitu masa tradisional, masa persiapan lepas landas, masa tinggal landas, masa menuju kematangan, dan masa konsumsi.

c. Teori Modernisasi James Due south. Coleman

Coleman menjelaskan teori modernisasi dari sudut pandang politik. Terdapat tiga hal mendasar yang ada pada teori modernisasi politik Coleman, yaitu diferensiasi politik sebagai bentuk dari kecenderungan perkembangan politik mod, prinsip kesamaan dan keadilan merupakan etos masyarakat modern, serta kapasitas politik ditentukan pada pembangunan politik modern yang berkeadilan.


two. Teori Modernisasi Perkembangan

a. Teori Modernisasi Talcott Parsons

Menurut Parsons, teori modernisasi memiliki keterkaitan erat terhadap penerapan westernisasi pada negara berkembang. Teori ini mendukung terjadinya modernisasi guna memajukan karakteristik negara berkembang agar memiliki pola pembangunan seperti di negara eropa barat yang telah maju terlebih dahulu. Contohnya adalah penggunaan traktor sebagai alat dalam bidang pertanian, dimana penerapan tenaga mekanis mulai digunakan dalam negara berkembang.

b. Teori Modernisasi Huntington

Huntington meyakini bahwa teori modernisasi bersifat revolusioner, sehingga mendorong perubahan sosial secara cepat. Dalam teori ini dikatakan bahwa kehidupan modern tidak bisa dihilangkan dari setiap manusia. Dengan demikian, akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat global.

Contohnya adalah kehidupan masyarakat masa kini cenderung mengikuti
trend. Hal ini mengakibatkan mereka tidak memiliki prioritas utama dalam pemenuhan kebutuhan. Inilah yang membuat generasi masa kini sangatlah konsumtif.

Baca :   Arti Kata Pembangunan Dan Ekonomi

c. Teori Modernisasi Roy Harrod dan Evsey Domar

Kedua ahli ini menjelaskan bahwa teori modernisasi membawa pola perekonomian meningkat dengan cara investasi. Hal ini diharapkan agar tercapainya peningkatan pendapatan serta terciptanya lapangan pekerjaan yang luas. Dimana masyarakat mod tidak lagi kebingungan terkait perekonomian.

Contohnya adalah adanya tol membuat perjalanan lebih cepat dan terhindar dari kemacetan. Sedangkan pembangunan tol sendiri merupakan investasi dari para pemodal yang memiliki jumlah kekayaan tertentu. Oleh sebab itu, investor akan diuntungkan begitu pula pengguna jalan tol.

d. Teori Modernisasi Max Weber

Menurut Weber, modernisasi merupakan teori yang melibatkan nilai budaya dan peran agama di dalamnya, sehingga terbentuklah kapitalisme dalam masyarakat. Hal ini berkaitan erat dengan latar belakang Weber sebagai ahli sosiologi yang memiliki keyakinan protestan.

due east. Teori Modernisasi David McClelland

Teori modernisasi berdasarkan pandangan McClelland sebagai seorang ahli psikologi sosial adalah bahwa modernisasi memberikan kesempatan untuk setiap individu mempercepat proses pembangunan yang berpedoman dengan menjadi wiraswasta. Harapan inilah yang berupaya mendorong agar masyarakat menjadi mandiri dan berdaya.

f. Teori Modernisasi Bert. F. Hoselitz

Menurut Bert dalam teori modernisasi adalah bahwa kehidupan manusia berlandaskan pada pedoman hidup. Selain itu kesadaran terhadap faktor ekonomi dan non ekonomi menjadi senjata dalam perkembangan manusia secara utuh. Dengan demikian dapat menjadi harapan dalam pertumbuhan taraf hidup.

Contohnya adalah adanya ketentuan atau aturan yang berlaku pada industri tambang untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Aturan pada kondisi ini merupakan bentuk dari adanya modernisasi. Dimana kebersihan tambang menjadi prioritas dalam pemanfaatan lingkungan untuk perekonomian.

g. Teori Modernisasi Alex Inkeles

Alex memunculkan teori modernisasi yang dilatarbelakangi atas pandangan terhadap pekerjaan serta aspek lingkungan textile masyarakat. Oleh sebab itu, pembangunan merupakan ciri utama dari teorinya. Guna meraih kemajuan yang cepat tanpa adanya gesekan terhadap kebutuhan utama masyarakat.

Contohnya adalah penggunaan teknologi robot pada sejumlah perusahaan jasa maupun non jasa. Robot digunakan sebagai alat pembantu yang cepat, cerdas dan tepat guna. Hal ini menjadi alternatif tepat guna yang dapat diandalkan pada masa modernisasi.


Kritik Terhadap Teori Modernisasi

kritik terhadap Teori ModernisasiKritik pembahasan mengenai teori modernisasi dinyatakan oleh seorang ahli yang bernama Daniel Lerner. Menurut Daniel, teori modernisasi telah melalaikan sejarah yang terjadi pada negara-negara berkembang saat ini, setelah terjadinya Perang Dunia II. Oleh sebab itu, pandangan modernisasi hanya berlaku pada negara maju yang dapat mengikuti perkembangannya.

Negara berkembang saat ini, dahulu mengalami masa penjajahan yang relatif panjang akibat bangsa Eropa, sehingga pada akhirnya negara tersebut mengalami ketertinggalan. Oleh sebab itu, dalam teori ini dijelaskan bahwa agar tercapainya negara berkembang yang modern, maka perlu mengikuti perkembangan modernisasi pada negara maju sebelumnya. Dengan kata lain, negara berkembang harus adaptif terhadap perubahan yang ada.

Sedangkan pada negara maju (negara barat) tersebut mengalami modernisasi dengan memakan waktu panjang dan lama. Dengan demikian teori modernisasi tidak bisa disesuaikan dengan kondisi sekarang yang terjadi pada negara berkembang. Hal ini menjadi kewajaran, sebab tidak mungkin negara berkembang akan dapat mengejar ketertinggalan dalam waktu relatif singkat. Sama halnya dengan kehidupan yang beralih pada paksaan.

Sebab itu, diperlukan sebuah analisis yang mendalam untuk mewujudkan teori baru terkait modernisasi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Begitulah Grameds, kritik terhadap teori modernisasi yang disampaikan oleh Daniel. Selain memberikan pandangan yang berbeda, semoga bisa menjadi referensi kita agar memiliki pola pikir luas ya, Grameds.

Urban Zen Tawaran Kejernihan Utk Manusia Modern

Urban Zen Tawaran Kejernihan Utk Manusia Mod



Beli Buku di GramediaSyarat-syarat Modernisasi


Syarat-syarat ModernisasiBerikutnya kita akan membahas syarat apa saja yang diperlukan sebuah negara agar terjadi modernisasi ya, Grameds. Agar kita memahami secara mendalam penerapan dari teori modernisasi yang telah kita pelajari di atas.

Pada hakikatnya modernisasi itu meliputi berbagai bidang dalam kehidupan. Namun, untuk mencapai tingkat dalam berbagai bidang tersebut, maka harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

    • Pola pikir ilmiah yang tersebar luas pada suatu lembaga, penguasa, maupun masyarakat secara luas.
    • Memiliki sistem birokrasi negara yang baik, bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), sehingga terciptanya etos kerja yang tinggi.
    • Adanya sistem pengumpulan data yang baik, terprogram, mendetail, serta teratur. Hal ini juga membutuhkan koordinasi terpusat dari suatu lembaga atau badan tertentu.
    • Iklim modernisasi yang menjadi keseharian masyarakat. Contohnya adalah penggunaan teknologi, media massa, dan alat-alat komunikasi dengan sistem
      robotic.
    • Terbentuknya karakter disiplin yang tinggi tanpa adanya pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) dalam bermasyarakat.
    • Wewenang terpusat dalam mengatur pelaksanaan perencanaan sosial
      (social planning).
Baca :   Support Es Cream Ekonomi Pembangunan Unnes


ane. Tahapan Modernisasi

Sebelumnya sempat kita bahas ya, Grameds tentang teori W.W Rostow. Nah teori Rostow inilah yang memberikan penjelasan secara rinci terhadap tahapan modernisasi. Berikut adalah penjelasannya:


a. Masa Tradisional

Kehidupan pada masa ini bercirikan primitif serta konvensional. Sehingga melahirkan kehidupan yang cenderung kuno. Tahap ini ditandai dengan adanya sistem barter pada jual beli.


b. Masa Persiapan Lepas Landas

Pada masa persiapan lepas landas, terjadi spesialisasi produksi serta perdagangan barang. Hal ini menyebabkan adanya perkembangan infrastruktur transpotasi untuk mendukung kemajuan ekonomi, sehingga tahap ini akan mendorong bangkitnya investasi dalam lingkungan masyarakat.


c. Masa Tinggal Landas

Masa tinggal landas memberikan pengaruh cukup besar terhadap pergeseran ekonomi yang bermula pada bidang pertanian menjadi manufaktur. Oleh sebab itu, masa ini dicirikan pada perkembangan kreatifitas manusia untuk mengembangka suatu produk.

d. Masa Menuju Kematangan

Masa ini menawarkan kesempatan terjadinya diversifikasi ekonomi pada daerah-daerah baru sehingga terjadi sebuah pembangunan yang signifikan. Pada masa ini juga terjadi modernisasi yang memunculkan ketergantungan impor.


e. Masa Konsumsi

Pada tahap ini. Modernisasi membawa pengaruh yang besar. Oleh sebab itu, ekonomi terhadap konsumsi dan jasa massal mendominasi kehidupan bermasyarakat.


Dampak Modernisasi

Dampak ModernisasiSelain adanya manfaat dari perubahan kehidupan menjadi modern, ternyata ada juga dampak yang timbul akibat modernisasi. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Pola Hidup Konsumtif
(Consumer Lifestyle)

Grameds pastinya sudah pernah mendengar dong, apa itu pola hidup konsumtif?. Nah pola hidup konsumtif ini menjadi salah satu dampak yang timbul akibat modernisasi. Hal ini karena adanya perkembangan pesat pada teknologi modern serta industri sehingga persediaan barang publik pun ikut melimpah. Otomatis masyarakat menjadi tertarik dan cenderung ingin memiliki barang-barang tersebut yang dinilai beragam dan mudah untuk didapatkan.

2. Individualistis

Teknologi canggih dengan sistem robot membuat masyarakat cenderung nyaman untuk hidup sendiri tanpa membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, kondisi ini sangat bertolak belakang dengan asumsi manusia sebagai makhluk sosial.

3. Gaya Hidup Kebaratan

Modernisasi membawa perubahan mendunia memasuki kehidupan bermasyarakat. Sehingga terjadi pergeseran budaya pada kehidupan individu.

4. Kesenjangan Sosial

Tidak semua individu dapat mengikuti arus perkembangan kehidupan modernisasi, sehingga terjadi lompatan atau perbedaan taraf hidup yang menonjol. Hal ini menyebabkan krisis sosial pada masyarakat.

5. Kriminalitas

Modernisasi membuat suatu negara maju dengan cepat. Penggunaan alat yang serba modern membuat hidup orang menjadi mandiri, individualis, penuh persaingan, dan gaya hidup konsumtif. Sehingga hilangnya rasa kemanusiaan dan kekeluargaan membuat maraknya tindak kriminalitas terjadi di kota-kota besar.


Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari pembahasan di atas adalah bahwa modernisasi merupakan transformasi kehidupan yang panjang dari pola yang bercirikan tradisional menuju modernistic.

Nah, adanya kondisi modernisasi ini juga tidak terlepas dari teori-teori yang mendasari terciptanya suatu konsep modernisasi itu sendiri. Dari sini kita menjadi tahu Grameds, bahwa terdapat sisi positif serta negatif pada modernisasi. Oleh sebab itu, penting untuk menyeimbangkan kehidupan dengan menerapkan sisi positif dan meninggalkan sisi negatif modernisasi.

Baiklah Grameds, tuntas sudah pembahasan kita mengenai modernisasi. Gramedia akan terus menjaga semangat untuk menjadi #SahabatTanpaBatas dengan menyajikan buku-buku terbaik untuk kalian semua.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

Judul: Masyarakat Risiko Menuju Modernitas Baru

Masyarakat Risiko Menuju Modernitas Baru

Masyarakat Risiko Menuju Modernitas Baru

Beli Buku di Gramedia

BACA JUGA:

  • Pengertian Listen Mapping: Manfaat, Jenis, Teori dan Langkah Membuatnya
  • 10 Kota di Dunia Yang Memiliki Pemandangan Indah
  • four Teori Belajar (Behavioristik, Kognitif, Konstuktivisme, & Humanistik)
  • Cara Menentukan Target Membaca dan Cara Mencapainya
  • Buku Tentang Metode Penelitian Berbagai Macam Analisis Terbaik

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Tahapan Pembangunan Ekonomi Menurut Rostow

Source: https://www.gramedia.com/literasi/teori-modernisasi/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …