Tujuan Ujian Komprehensif Ekonomi Pembangunan

Tujuan Ujian Komprehensif Ekonomi Pembangunan


Pembangunan ekonomi
menjadi salah satu target yang harus dimiliki oleh setiap negara untuk dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Berbicara masalah ekonomi, memang sangat kompleks karena hal ini berkaitan dengan banyak aspek di kehidupan, bahkan menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda melakukan investasi.

Sekarang ini, investasi sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat sebagai langkah untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Pentingnya investasi sekarang ini tidak hanya disadari oleh para orang tua, tapi juga anak muda sudah mulai tertarik. Namun, pastikan Anda telah membekali diri dengan berbagai hal di dalamnya.

Pembangunan ekonomi suatu negara nantinya akan berpengaruh juga terhadap kondisi investasi sehingga penting untuk memahami keduanya. Penting bagi kita untuk mempelajari pembangunan agar nantinya tidak salah dalam memilih langkah. Investasi dan pembangunan memiliki hubungan yang erat, bahkan saling berpengaruh satu sama lain.

Jadi, jika Anda ingin berpartisipasi untuk negara di bidang ekonomi, maka bisa melakukannya melalui investasi. Namun, sebelum itu, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja tujuan dari pembangunan ekonomi di suatu negara dan berikut penjelasan tujuan pembangunan yang lebih jelas dan lengkap.

Jangka Pendek: Meningkatkan Kesejahteraan, Kecerdasan dan Taraf Hidup

Dalam membahas tujuan dari pembangunan ekonomi, kita akan disuguhkan dengan dua tujuan utamanya, yaitu dalam jangka pendek dan jangka panjang. Pertama, kita akan membahas salah satu aspek dalam jangka pendeknya, yaitu pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan dan taraf hidup masyarakat di negara tersebut.

Kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung dipengaruhi oleh pembangunan negara tersebut, apakah maju atau justru mundur. Mereka juga akan hidup dengan serba kekurangan hingga tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk sehari-hari. Berbeda jika negara tersebut mengalami perbaikan dalam sisi ekonomi, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat sedikit demi sedikit.

Baca :   Paradigma Pembangunan Ekonomi Indonesia Menurut Para Ahli

Selain itu, pembangunan ekonomi juga bertujuan untuk mencerdaskan masyarakatnya. Salah satu faktor yang memengaruhi pembangunan adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dengan kondisi ekonomi semakin baik, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya IPTEK pasti semakin meningkat dan hal ini akan diiringi dengan meningkatnya kualitas pendidikan.

Kualitas pendidikan meningkat dan tersedianya sarana prasarana lengkap mampu menunjang masyarakat untuk menuntut ilmu hingga menjadi sumber daya manusia yang berkompeten. Dengan begitu, tujuan jangka panjang baru bisa dilakukan karena negara sudah memiliki SDM dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pembangunan.

Terakhir, pembangunan ekonomi juga memiliki tujuan jangka pendek yang lain, yaitu memperbaiki taraf hidup warna negaranya. Apabila suatu negara memiliki tingkat ekonomi rendah, maka taraf hidup masyarakatnya juga akan rendah. Dengan begitu, semakin tinggi tingkat ekonomi dan selalu ada pembangunan di dalamnya, maka taraf hidup juga meningkat.

Jangka Pendek: Mengurangi Kemiskinan, Pengangguran dan Inflasi Mata Uang

Tujuan kedua ini masih berjangka waktu pendek dalam pembangunan ekonomi. Jika sebelumnya kita membahas tentang peningkatan kualitas hidup, sekarang ada penurunan masalah yang sering terjadi di negara-negara terbelakang atau berkembang. Masalah ini sedikit demi sedikit akan berkurang sehingga kesejahteraan pun akan dirasakan oleh masyarakat.

Perekonomian negara yang terus mengarah ke yang lebih baik pasti juga akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat di dalamnya. Kemiskinan yang selama ini dirasakan pun semakin hari semakin berkurang karena pembangunan ekonomi berkaitan dengan peningkatan pendapatan per kapita sehingga pendapatan masyarakat pun menjadi lebih baik.

Jumlah pengangguran di negara berkembang cukup banyak, bahkan terus meningkat setiap waktunya hingga menjadi masalah sosial ekonomi. Keberadaan pengangguran ini bisa menciptakan masalah baru, seperti kriminalitas meningkat. Oleh karena itu, tujuan dari pembangunan adalah memberikan pekerjaan pada masyarakat sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Baca :   Teori Teori Pembangunan Ekonomi M L Jhingan Teori Dorongan Kuat

Masalah lain yang sering menimbulkan kesenjangan adalah adanya inflasi mata uang yang cukup besar. Apabila inflasi mata uang terjadi dengan begitu cepat dan signifikan, maka bisa merugikan masyarakat di negara tersebut karena mereka tetap harus memenuhi kebutuhan. Untuk itu, pembangunan ekonomi diciptakan untuk mencegah terjadinya inflasi mata uang.

Inflasi mata uang akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakatnya di masa depan. Apalagi jika penghasilan yang didapatkan tidak sesuai dengan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari di masa depan, maka akan lebih menyulitkan. Itulah mengapa suatu negara membutuhkan pembangunan untuk memperbaiki kehidupannya di masa depan.

Jangka Panjang: Mewujudkan Masyarakat Makmur dan Adil

Selain tujuan dalam jangka pendek, pembangunan ekonomi juga memiliki tujuan dalam jangka panjang. Negara memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur sebagai tujuan pembangunan jangka panjang, baik secara spiritual dan materiai, misalnya untuk Indonesia, yaitu berdasarkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara.

Jangka panjang sebenarnya adalah salah satu elemen penting dalam pembangunan. Setiap upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak pasti akan memikirkan bagaimana manfaat jangka panjang yang bisa dicapainya, yaitu kemakmuran dan keadilan bagi masyarakat secara merata. Apalagi di Indonesia, cukup sulit untuk menjangkau semua wilayah.

Kemakmuran dan keadilan secara material tentunya berkaitan dengan lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat untuk memenuhi kehidupannya. Apabila pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan lancar dan terus terjadi dalam jangka panjang, maka kehidupan masyarakat di dalamnya akan lebih makmur karena pendapatan yang terus meningkat.

Begitu juga dengan kemakmuran dan keadilan secara spiritual berdasarkan dengan nilai-nilai pancasila di mana masyarakat akan merasa tenang, damai dan sejahtera. Kondisi perekonomian yang terus membaik diharapkan bisa memberikan kesejahteraan secara spiritual bagi setiap masyarakatnya, tanpa terkecuali karena setiap warga memiliki hak yang sama.

Baca :   Hubungan Pembangunan Infrastruktur Dengan Pertumbuhan Ekonomi

Bagaimana? Mudah, bukan untuk memahami tujuan pembangunan? Jika sudah, saatnya Anda memulai investasi segera mungkin.
P2P Lending
menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan mudah, aman dan tentunya menguntungkan. Dengan begitu, Anda sudah ikut berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi negara.

Tujuan Ujian Komprehensif Ekonomi Pembangunan

Source: https://blog.indogold.id/tujuan-pembangunan-ekonomi-yang-dilakukan-suatu-negara/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …