Tulungagung Skripsi Ekonomi Pembangunan Ub

Tulungagung Skripsi Ekonomi Pembangunan Ub

Framesti, Friska Dian
(2019)
Analisis Tingkat Kesejahteraan Pelaku Usaha
Di Kawasan Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung.

Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan model insutri gaya baru yang mampu meningkatkan perekonomian. Secara ekonomi, pembangunan pariwisata selain mendatangkan devisa bagi negara juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan wisata, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kabupaten Tulungagung merupakan sebuah kabupaten yang terletak dibagian selatan Pulau Jawa dimana banyak memiliki beberapa objek wisata pantai. Salah satu kawasan wisata pantai di Kabupaten Tulungagung yang memiliki potensi dan sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Gemah. Pantai Gemah terletak di Kecamatan Besuki yang berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Tulungagung. Kecamatan Besuki terletak di sebelah barat daya Kabupaten Tulungagung dengan luas wilayah 92,69 km². Kawasan wisata Pantai Gemah ini merupakan salah satu kawasan wisata yang memiliki potensi diantaranya keindahan laut, pohon cemara yang tertata rapi serta pemandangan alam seperti bukit dan gunung. Pengembangan kawasan wisata Pantai Gemah menyebabkan terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat, oleh karena itu dengan tersedianya kesempatan kerja baru maka akan mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan. Semakin besar pendapatan maka berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan.
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Mengidentifikasi jenis-jenis usaha yang dijalankan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Gemah, 2) Menganalisis tingkat kesejahteraan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Gemah, 3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Gemah.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dengan jenis pengambilan data meliputi, data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 responden, yang diperoleh dari hasil perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data untuk mengukur tingkat kesejahteraan pada penelitian ini menggunakan indikator Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan tingkat kemiskinan Sajogya. Sedangkan analisis data untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi umur (X1), pendidikan (X2), pendapatan (X3), pengeluaran (X4), aset (D1) dan ZIS (D2). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesejahteraan (Y).
Jenis-jenis usaha yang dijalankan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Gemah antara lain usaha ikan asap, usaha rumah balon, usaha karaoke, usaha home stay, usaha warung olahan ikan, usaha jajanan dan minuman, usaha jasa banana boat, usaha speed gunkhole, usaha jasa perahu wisata, usaha jasa ATV dan motor trail, usaha pakaian dan aksesoris, usaha sewa tikar, usaha bengkel, dan usaha pom mini.
8
Tingkat kesejahteraan pelaku usaha menurut indikator BPS semua responden yaitu sebanyak 69 responden termasuk dalam kategori sejahtera. Menurut indikator BKKBN responden pelaku usaha termasuk dalam kategori Keluarga Sejahtera I (KS I) yaitu sebanyak 12 responden, Keluarga Sejahtera II (KS II) yaitu sebanyak 47 responden, Keluarga Sejahtera Iii (KS III) yaitu sebanyak seven responden, Keluarga Sejahtera Iii plus (KS III plus) yaitu sebanyak 3 reponden. Sedangkan menurut indikator kemiskinan sajogya responden pelaku usaha yaitu sebanyak iii responden termasuk dalam kategori nyaris miskin, 56 responden termasuk dalam kategori cukup dan 10 responden termasuk dalam kategori hidup layak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Gemah setelah diuji dengan menggunakan analisis uji t didapatkan hasil bahwa umur berpengaruh tidak signifikan terhadap kesejahteraan, pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap kesejahteraan, pendapatan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan, pengeluaran berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan, aset (kepemilikan rumah) berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan, ZIS berpengaruh tidak signifikan terhadap kesejahteraan.
Saran yang dapat diberikan yaitu untuk lembaga akademisi agar penelitian ini menjadi wawasan untuk penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan pelaku usaha. Bagi pemerintah supaya mengadakan kegiatan pemberdayaan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM). Selain itu pemerintah supaya memberikan pinjaman modal kepada pelaku usaha dengan berbagai syarat dan ketentuan. Bagi masyarakat, supaya selalu berinovasi untuk meningkatkan kegiatan usaha yang telah ditekuni agar bertambah dan berkembang lebih maju. Selain itu masyarakat supaya melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, facebook, BBM, line, web dan whatsapp

Baca :   Materi Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi Pdf
Detail Blazon: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/77/051903116
Uncontrolled Keywords:
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User:
Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:05
Concluding Modified: 07 Jul 2020 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169731

Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Detail

Tulungagung Skripsi Ekonomi Pembangunan Ub

Source: http://repository.ub.ac.id/169731/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …