Unsur Unsur Hukum Pembangunan Ekonomi

Unsur Unsur Hukum Pembangunan Ekonomi

Memahami Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan terjadinya kenaikan pada Produk Domestik Bruto (PDB), tanpa memperkirakan apakah berdampak pada pertumbuhan atau pertambahan jumlah penduduk. Sedangkan Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses multidimensional terhadap perubahan sosial. Nah, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi itu ada beberapa perbedaannya lho! Simak penjelasan lebih lengkap mengenai keduanya berikut:


Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan produk nasional bruto (PNB, GNP) riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Perbedaan antara keduanya adalah
pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Seperti yang sudah dibahas di atas dimana pertumbuhan serta pembangunan ekonomi merupakan dua hal yang berbeda dan kedua hal tersebut dapat Grameds pelajari lebih dalam bersama dengan ilmu ekonomi lainnya melalui buku Pengantar Ilmu Ekonomi yang ada dibawah ini.

beli sekarang

Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.

Pembangunan Sebagai Suatu Proses

Pembangunan sebagai suatu proses, artinya bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani olehsetiap masyarakat atau bangsa. Sebagai contoh, manusia mulai lahir, tidak langsung menjadi dewasa, tetapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan. Demikian pula, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera.

Baca :   Teori Adam Smith Pembangunan Ekonomi

Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita

Sebagai suatu usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat.



Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang

Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi musibah bencana alam ataupun kekacauan politik, maka mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami kemunduran. Namun, kondisi tersebut hanyalah bersifat sementara yang terpenting bagi negara tersebut kegiatan ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam lebih memahami pembangunan ekonomi yang ada di Republic of indonesia, Grameds dapat melihat buku Kebijakan Multilateral dan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang disusun oleh para peneliti dari Badan Kebijakan Fiskal.

beli sekarang

Baca juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan kuantitas dan kualitas ekonomi merupakan fakta yang saling mendukung buat menyeimbangkan perkembangan diantara keduanya. Kuantitas menunjukkan pertumbuhan ekonomi, sedangkan kualitas menunjukkan pembangunan ekonomi. Salah satu tujuan suatu bangsa dalam aspek perekonomian yaitu adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Nah, dibawah ini ada beberapa perbedaan dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yaitu:

Pertumbuhan Ekonomi yaitu kenaikan pendapatan nasional yaitu wujud dari sebuah proses peningkatan kapasitas produksi. Nah, buat lebih item proses pertumbuhan ekonomi bisa kamu lihat dari perbedaan ciri – ciri dibawah ini:

  • Economic growth atau pertumbuhan ekonomi yaitu suatu kondisi dimana kegiatan atau aktivitas perekonomian yang menyebabkan meningkat dan bertambahnya barang atau jasa yang diproduksi oleh masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan adanya kenaikan output perkapita, dan dalam waktu jangka panjang.
  • Pertumbuhan ekonomi yaitu sebuah proses dan bukan tentang gambaran keadaan ekonomi dalam waktu tertentu.
  • Dalam Pertumbuhan Ekonomi ada 2 sisi yang harus jadi perhatian yaitu output total (GNP) dan sisi kedua adalah jumlah pendudukan.
  • Pertumbuhan ekonomi merupakan satu indikator adanya keberhasilan pembangunan.

Pembangunan Ekonomi Pembangunan ekonomi selalu diidentifikasi dengan peningkatan perkapita masyarakat, hal tersebut juga disebut dengan perubahan mendasar atau perubahan cardinal.

  • Economic of Development) yaitu upaya peningkatan taraf hidup keadaan suatu bangsa berdasarkan pendapatan per kapita yang riil.
  • Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses atau keadaan dimana terjadinya transisi dari yang sederhana menuju ke tingkat yang lebih maju (advance) .
  • Buat pembangunan ekonomi perubahan yang tampak yaitu proses multidimensional dimana harus melingkupi sikap masyarakat, struktur sosial, bahkan institusi nasional.
  • Pembangunan ekonomi menstimulasi atau merangsang peningkatan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita sebagai bentuk pertumbuhan ekonomi.
  • Pembangunan ekonomi selalu prosesnya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Baca :   Teori Mill Mengenai Pembangunan Ekonomi


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, namun pada hakikatnya faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.

i. Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

Sumber daya alam, yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim atau cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi. Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi (disebut juga sebagai proses produksi).

Sumber daya manusia juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk. Jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial untuk memasarkan hasil-hasil produksi, sementara kualitas penduduk menentukan seberapa besar produktivitas yang ada.

Sementara itu, sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas. Faktor non ekonomi mencakup kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.

Dalam lebih memahami pertumbuhan ekonomi, buku Konvergensi Pertumbuhan Ekonomi yang ada di bawah ini dapat Grameds pelajari dimana di dalamnya berisi analisis pascapelaksanaan otonomi daerah yang ada di Indonesia.


beli sekarang

2. Faktor Pembangunan Ekonomi

Faktor Pembangunan Ekonomi diantaranya Sumber Daya Alam (SDA) yang dimaksud adalah seperti tanah, air, udara beserta segala hal yang ada didalamnya. Dalam pengertian seluruh sumber daya yang tersedia dan bisa dimanfaatkan. Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu Sumber Daya Manusia yang berkualitas, kompetitif, dan punya soft skill dalam mengembangkan kreativitas, juga:

  • Pemberdayaan sumber daya manusia kalo pembangunan itu menjadikan manusia sebagai objek juga subjek jadi dilakukan oleh manusia dan buat kesejahteraan manusia itu sendiri. Jadi, manusia sebagai objek harus produktif menghasilkan produk yang kreatif dan mempunyai daya saing dan jual yang tinggi.
  • Sumber Modal – Besar dan kecilnya modal juga jadi faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, itu biasanya adanya peningkatan penambahan pada kegiatan produksi. Pertumbuhan ekonomi biasanya ditopang oleh beberapa aspek seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi dan pendidikan, peningkatan investasi, peningkatan pendapatan nasional, pertumbuhan kuantitas penduduk, serta kualitas manajemen.
  • Infrastruktur – Keterkaitan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adanya infrastruktur yang tepat buat dan sasaran jadi bisa mempermudah pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini yang mengakibatkan perkembangan ekonomi sebagai alternatif penyetaraan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi aktivitas perekonomian yang berorientasi kepada pertumbuhan dan pembangunan yang berasaskan bersifat luhur, mempunyai unsur materi spIritual, unsur dunia bahkan sampai pada unsur akhirat.
  • Sosial Budaya – Pembangunan mandiri yang namanya mandiri tujuannya yaitu supaya terhindar dari ketergantungan. Misalnya saja kamu tak bisa mengandalkan suatu negara buat pasokan senjata, maka harus mandiri jadi bisa membutuhi kebutuhannya secara mandiri.
  • Sistem Pemerintah – Pembangunan kelanjutan tentunya punya perencanaan dan ukuran jadi pembangunan gak mubazir atau kurang tentunya berkelanjutan setahap demi tahap. Tak bersifat besar di satu sisi dan sedikit di sisi yang satunya. Peningkatan dan pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi juga dapat meningkatkan kepercayaan dunia akan keberadaan suatu bangsa. Sebaiknya, kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan jadi indikator yang paling disoroti dalam suatu bangsa. Pengembangan dan pemberdayaan manusia yaitu jadi subjek dalam aktivitas peningkatan ekonomi.
Baca :   Makalah Ekonomi Dan Pembangunan Sulteng

Rekomendasi Buku dan Artikel Ekonomi

Buat kamu yang sedang belajar ilmu ekonomi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi belajar ilmu ekonomi yang bisa kamu miliki :

ane. Globalisasi, Ekonomi Konstitusi, Dan Nobel Ekonomi

globalisasi ekonomi

Beli Buku di Gramedia

2. Ekonomi Moneter: Report Kasus Indonesia

ekonomi moneter

Beli Buku di Gramedia

iii. Politik Ekonomi Indonesia

politik ekonomi indonesia

Beli Buku di Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Unsur Unsur Hukum Pembangunan Ekonomi

Source: https://www.gramedia.com/literasi/perbedaan-pembangunan-ekonomi-dan-pertumbuhan-ekonomi/

Check Also

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat

Contoh Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat Papua Irian Jaya[a] Mamta[1]—Saireri Provinsi otonom …